SILABUS
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan     : Madrasah Ibtidaiyah 
Mata Pelajaran           :
Al-Qur’an Hadis
Kelas                            :
IV (Empat)
Semester                       : Genap
Kompetensi Inti           :
KI-1                              :
Menerima, menjalankan,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2                            
 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan   tetangganya.
KI-3                              : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan  kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
KI-4                            
 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam  tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Download Silabus AlQur'an Sem II kelas IV MI DI SINI
Download Silabus AlQur'an Sem II kelas IV MI DI SINI
Kompetensi Dasar 
 | 
  
Indikator  
 | 
  
Materi Pokok  
 | 
  
Kegiatan Pembelajaran 
 | 
  
Penilaian 
 | 
  
Alokasi Waktu 
 | 
  
Sumber Belajar 
 | 
 
1.1      Menghayati arti dan isi
  kandungan Q.S. al-Lahab (111)  
 | 
  
1.1.1    Menerima ajaran yang
  terkandung dalam  Q.S. al-Lahab (111)  
 | 
  
Penghayatan arti dan isi
  kandungan Q.S. al-Lahab (111)  
 | 
  
-      
  Membimbing penghayatan ajaran yang terkandung dalam  Q.S. al-Lahab (111)  
 | 
  
-         
  Penilaian Diri 
-         
  Penilaian Teman 
-         
  Observasi 
-         
  Jurnal/Catatan 
 | 
  
- 
 | 
  
- 
 | 
 
2.1     
  Terbiasa mengamalkan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111)
  dalam kehidupan sehari-hari 
 | 
  
2.1.1 Membiasakan pengamalan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111)
  dalam kehidupan sehari-hari 
 | 
  
Pembiasaan
  mengamalkan isi kandungan Q.S. al-Lahab
  (111)
  dalam kehidupan sehari-hari 
 | 
  
-      
  Membimbing
  pembiasaan mengamalkan isi kandungan Q.S. al-Lahab
  (111)
  dalam kehidupan sehari-hari 
 | 
  
-         
  Penilaian Diri 
-         
  Penilaian Teman 
-         
  Observasi 
-         
  Jurnal/Catatan 
 | 
  
- 
 | 
  
- 
 | 
 
3.1      Memahami arti dan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111)  
4.1      Menulis lafal Q.S. al-Lahab (111) dengan benar 
 | 
  
3.1.1    Menunjukkan
  arti mufradat Q.S. al-Lahab
  (111) 
3.1.2    Menerjemahkan
  Q.S.  al-Lahab (111) 
3.1.3    Menjelaskan
  isi kandungan Q.S. .al-Lahab (111) 
4.1.1  
  Menulis Q.S.
  al-Lahab (111) 
 | 
  
Surah           al-Lahab 
 | 
  
Mengamati 
-    Mengamati gambar terkait isi kandungan  Surah   
  al-Lahab 
-    Menyimak bacaan dan mencermati hukum tajwid yang terdapat pada Surah al-Lahab 
-    Mencermati teks bacaan, mufradat dan terjemah  Surah al-Lahab 
-    Membaca Surah al-Lahab dengan memperhatikan  makhraj dan hukum
  tajwidnya 
-    Meyimak penjelasan terkait isi kandungan Surah al-Lahab. 
Menanya   
-    Menanyakan gambar terkait isi kandungan Surah
  al-Lahab 
-    Menanyakan cara membaca Surah
  al-Lahab  
-    Menanyakan mufradat dan terjemah Surah al-Lahab 
-    Mengajukan pertanyaan terkait
  hukum tajwid dan isi kandungan Surah al-Lahab  
Mengekplorasi 
-    Menunjukkan arti mufradat
  surah al-Lahab. 
-    Menerjemahkan Surah al-Lahab 
-    Mendiskusikan hukum tajwid yang terdapat dalam Surah al-Lahab 
-    Mendiskusikan isi kandungan
  Surah al-Lahab 
-    Menghafalkan lafal dan
  terjemah  Surah al-Lahab 
-   Guru kordinasi dengan orang tua untuk
  mengamati perilaku  siswa dalam pengamalan isi kandungan Surah al-Lahab di rumah. 
Mengasosiasi 
-   Menulis Surah al-Lahab  
-   Mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat dalam Surah al-Lahab 
-   Mengidentifikasi arti Surah al-Lahab 
-   Membuat kesimpulan isi kandungan Surah al-Lahab  
Mengkomunikasikan: 
-   Mendemonstrasikan bacaan, hafalan dan terjemah Surah al-Lahab 
-   Mempresentasikan hasil
  diskusi tentang isi kandungan Surah al-Lahab 
-   Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi,
  dan menyanggah). 
-   Membuat 
  resume pembelajaran di bawah bimbingan guru. 
 | 
  
Tugas 
-       Menghafal Surah al-Lahab dan terjemahnya 
-       Membuat rangkuman isi
  kandungan  
-       Membuat kaligrafi Surah 
  al-Lahab 
Observasi  
-      
  Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
  observasi  
-      
  Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran 
-       Mengamati
  sikap teman sejawat melalui lembar
  pengamatan. 
Kinerja 
-       Mendemonstrasikan hafalan lafal dan terjemah Surah al-Lahab 
-       Presentasi hasil diskusi
  tentang isi kandungan Surah al-Lahab 
Portofolio 
-       Membuat laporan hasil
  diskusi isi kandungan Surah  al-Lahab 
-       Membuat laporan perkembangan hafalan Surah al-Lahab 
-       Membuat paparan
  identifikasi hukum tajwid yang ada pada  Surah al-Lahab 
-       Membuat kaligrafi lafal
  dan terjemah Surah al-Lahab  
-       Tes
  tulis 
-       Menerjemah Surah al-Lahab 
-       Menjawab soal-soal terkait lafal, terjemah, hukum tajwid dan isi kandungan Surah al-Lahab 
Tes
  lisan 
-       Membaca, menghafal dan menunjukkan arti Surah al-Lahab 
 | 
  
3
  TM 
(6 x 35) 
 | 
  
-   Al-Qur’an
  Terjemahan Kemenag RI 
-   Buku
  Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014 
-   Buku
  Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014 
-    
-   Buku
  Penunjang lainnya  yang resuai 
-   Media cetak
  dan elektronik yang sesuai
  materi 
-   Lingkungan
  sekitar yang mendukung 
 | 
 
1.2      Menerima  Q.S. al-Insyirah (094) sebagai firman Allah SWT. 
 | 
  
1.2.1    Menunjukkan sikap menerima  Q.S. al-Insyirah (094) sebagai firman Allah SWT. 
 | 
  
Penerimaan  Q.S. al-Insyirah
  (094) sebagai firman Allah SWT. 
 | 
  
-    Menanamkan sikap menerima  ajaran yang terkandung dalam Q.S. al-Insyirah (094) sebagai firman Allah SWT. 
 | 
  
-         
  Penilaian Diri 
-         
  Penilaian Teman 
-         
  Observasi 
-         
  Jurnal/Catatan 
 | 
  
- 
 | 
  
- 
 | 
 
2.2     
  Terbiasa berperilaku positif sesuai dengan Q.S. al-Insyirah
  (094) 
 | 
  
2.1.1   
  Membiasakan perilaku positif sesuai dengan Q.S. al-Insyirah
  (094) 
 | 
  
Pembiasaan berperilaku positif sesuai dengan Q.S. al-Insyirah (094) 
 | 
  
-  
  Membimbing pembiasaan berperilaku positif sesuai dengan ajaran Q.S. al-Insyirah
  (094) 
 | 
  
-         
  Penilaian Diri 
-         
  Penilaian Teman 
-         
  Observasi 
-         
  Jurnal/Catatan 
 | 
  
- 
 | 
  
- 
 | 
 
3.2      Mengenal Q.S. al-Insyirah (094) 
4.2      Menghafalkan Q.S. al-Insyirah (094) secara benar dan fasih 
 | 
  
3.2.1
  Mengidentifikassi lafal Q.S. al-Insyirah (094) 
3.2.2
  Menyebutkan jumlah
  ayat Q.S. al-Insyirah (094) 
3.2.3 Menunjukkan
  urutan ayat Q.S. al-Insyirah (094)  
3.2.4
  Menganalisis hukum tajwid yang terdapat pada Q.S. al-Insyirah
  (094) 
3.2.4
  Menunjukkan hukum tajwid yang terdapat pada Q.S. al-Insyirah
  (094)  
 3.2.5 Menunjukkan cara membaca Q.S. al-Insyirah (094) 
4.2.1 Menghafal
  Q.S. al-Insyirah (094)  
 | 
  
Surah al-Insyirah 
 | 
  
Mengamati 
-    Mencermati lafal  Surah al-Insyirah 
-    Menyimak bacaan Surah al-Insyirah 
-    Membaca Surah al-Insyirah dengan memperhatikan  makhraj dan hukum tajwidnya 
Menanya    
-    Guru mengajukan pertanyaan misalnya: Sudahkah
  kalian bisa membaca dan menghafal Surah al-Insyirah? 
-    Menanyakan cara membaca Surah
  al-Insyirah  
-    Mengajukan pertanyaan terkait
  hukum tajwid yang terdapat pada Surah al-Insyirah   
Mengekplorasi 
-    Mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat pada Surah al-Insyirah 
-    Menghafalkan Surah al-Insyirah 
Mengasosiasi 
-    Menulis lafal Surah al-Insyirah 
-    Membuat kesimpulan cara membaca dan hukum tajwid
  yang terdapat dalam Surah al-‘ Insyirah 
Mengkomunikasikan 
-    Mendemonstrasikan hafalan Surah al-Insyirah 
-    Bertanya jawab tentang hukum tajwid yang terdapat dalam Surah al-Insyirah 
 | 
  
Tugas 
-       Menghafal Surah al-Insyirah 
-       Membuat kaligrafi Surah 
  al- Insyirwp 
Observasi
   
-      
  Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran 
-       Mengamati
  sikap teman sejawat melalui lembar
  pengamatan 
Kinerja 
-       Mendemonstrasikan bacaan dan hafalan Surah al-Insyirah 
Portofolio 
-       Membuat laporan perkembangan hafalan Surah al-Insyirah 
-       Membuat paparan
  identifikasi hukum tajwid yang ada pada  Surah al-Insyirah 
Tes
  tulis 
-      
  Menjawab soal menjodohkan terkait Surah al-Insyirah 
Tes
  lisan 
-      
  Menghafal Surah al-Insyirah 
 | 
  
2
  TM 
(4 x 35) 
 | 
  
-   Buku
  Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014 
-   Buku
  Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014 
-   Al-Qur’an
  dan Terjemahnya 
-   Buku
  Penunjang lainnya  yang sesuai 
-   Media cetak
  dan elektronik yang sesuai
  materi 
-   Lingkungan
  sekitar yang mendukung 
 | 
 
1.3      Menyadari keutamaan membaca Al-Quran dengan baik
  dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid 
 | 
  
1.3.1       
  Merenungkan keutamaan membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai
  kaidah Ilmu Tajwid 
 | 
  
Penyadaran keutamaan membaca Al-Quran dengan baik
  dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid 
 | 
  
-       Menanamkan kesadaran akan keutamaan membaca Al-Quran
  dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid 
 | 
  
-         
  Penilaian Diri 
-         
  Penilaian Teman 
-         
  Observasi 
-         
  Jurnal/Catatan 
 | 
  
- 
 | 
  
- 
 | 
 
2.3     
  Terbiasa
  membaca Al-Quran dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari 
 | 
  
2.3.1 Membiasakan
  membaca Al-Quran dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari 
 | 
  
Pembiasaan
  membaca Al-Quran dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari 
 | 
  
-       
  Membimbing
  pembiasaan membaca Al-Quran dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari 
 | 
  
-         
  Penilaian Diri 
-         
  Penilaian Teman 
-         
  Observasi 
-         
  Jurnal/Catatan 
 | 
  
- 
 | 
  
- 
 | 
 
3.3  Memahami hukum bacaan idgam bigunnah, idgam bilagunnah, dan iqlab 
4.3  Mendemonstrasikan hukum bacaan idgam bigunnah, idgam bilagunnah, dan
  iqlab 
 | 
  
3.3.1       
  Menjelaskan pengertian idgam
  bigunnah,   
3.3.2       
  Menjelaskan pengertian   idgam bilagunnah  
3.3.3       
  Menjelaskan pengertian   iqlab 
3.3.4       
  Menyebutkan huruf idgam bigunnah 
3.3.5       
  Menyebutkan huruf idgam bilagunnah 
3.3.6       
  Menyebutkan huruf iqlab  
3.3.7       
  Menjelaskan cara membaca idgam bigunnah 
3.3.8       
  Menjelaskan cara membaca idgam bilagunnah 
3.3.9       
   Menjelaskan cara membaca   iqlab  
3.3.10    Menunjukkan contoh  hukum bacaan idgam bigunnah 
3.3.11    Menunjukkan contoh  hukum bacaan idgam bilagunnah  
3.3.12    Menunjukkan contoh  hukum bacaan iqlab 
4.3.1       
   Mendemons-trasikan cara membaca idgam bigunnah 
4.3.2       
  Mendemons-trasikan cara membaca idgam bilagunnah 
4.3.3       
  Mendemons-trasikan cara membaca iqlab 
 | 
  
Hukum bacaan idgam dan iqlab 
 | 
  
Mengamati 
-   Mengamati lafal yang terdapat hukum bacaan idgam dan iqlab 
-   Menyimak pelafalan contoh bacaan idgam dan iqlab 
-   Meyimak penjelasan terkait hukum bacaan idgam dan iqlab
  melalui tayangan video atau media lainnya 
Menanya    
-   Menanyakan cara membaca idgam dan iqlab  
-   Mengajukan pertanyaan terkait hukum bacaan idgam dan iqlab 
Mengekplorasi 
-    Membaca lafal yang terdapat hukum bacaan idgam dan iqlab 
Mengasosiasi 
-    Mengidentifikasi lafal dan cara membaca hukum bacaan idgam dan iqlab 
-    Menulis lafal yang terdapat bacaan idgam dan iqlab 
-    Membuat kesimpulan hukum bacaan idgam dan iqlab 
Mengkomunikasikan 
-    Mendemonstrasikan bacaan idgam dan iqlab 
-    Menulis lafal dan alasan hukum bacaan idgam dan iqlab yang terdapat pada al-Balad  
-    Membuat 
  resume pembelajaran di bawah bimbingan guru. 
 | 
  
Tugas 
-       Membaca Surah al-Balad dengan menggunakan kaidah ilmu tajwid yang benar  
-       Mencari dan menulis lafal-lafal yang terdapat hukum bacaan idgam dan iqlab
  pada form yang tersedia secara berkelompok   
Observasi  
-      
  Mengamati penerapan bacaan idgam dan iqlab dengan menggunakan lembar observasi  
-       Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan
  pembelajaran 
Kinerja 
-       Mendemonstrasikan bacaan yang terdapat hukum bacaan idgam dan iqlab 
-       Presentasi hasil diskusi
  tentang hukum bacaan idgam dan iqlab 
Portofolio 
-       Menulis laporan lafal-lafal yang terdapat hukum bacaan idgam dan iqlab 
Tes
  tulis 
-      
  Menjawab soal-soal terkait hukum bacaan idgam dan iqlab  
Tes
  lisan 
-       Membaca lafal yang terdapat hukum bacaan idgam dan iqlab 
 | 
  
3
  TM 
(6 x 35) 
 | 
  
-   Al-Qur’an
  Terjemahan Kemenag RI 
-   Buku
  Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014 
-   Buku
  Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014 
-   Buku
  Qawaidut-Tajwid 
-   Buku
  Penunjang Lainnya  Yang Sesuai 
-   Media cetak
  dan elektronik yang sesuai
  materi 
-   Lingkungan
  sekitar yang mendukung 
 | 
 
1.4  Menyadari
  bahwa silaturrahim adalah perbuatan yang dicintai Allah Swt. 
 | 
  
1.4.1 Menerima bahwa silaturrahim adalah perbuatan yang dicintai Allah Swt. 
 | 
  
Penyadaran bahwa silaturrahim adalah perbuatan yang
  dicintai Allah Swt. 
 | 
  
Menanamkan kesadaran bahwa silaturrahim adalah
  perbuatan yang dicintai Allah Swt. 
 | 
  
-         
  Penilaian Diri 
-         
  Penilaian Teman 
-         
  Observasi 
-         
  Jurnal/Catatan 
 | 
  
- 
 | 
  
- 
 | 
 
2.4  Membiasakan perilaku gemar bersilaturahim sebagai implementasi dari pemahaman hadis
  tentang silaturrahim   
 | 
  
2.4.1 Membiasakan perilaku gemar bersilaturahim sebagai
  implementasi dari pemahaman hadis tentang silaturrahim   
 | 
  
Pembiasaan perilaku gemar bersilaturahim
  sebagai implementasi dari pemahaman hadis tentang silaturrahim   
 | 
  
Membimbing pembiasaan perilaku gemar bersilaturahim
  sebagai implementasi dari pemahaman hadis tentang silaturrahim   
 | 
  
-         
  Penilaian Diri 
-         
  Penilaian Teman 
-         
  Observasi 
-         
  Jurnal/Catatan 
 | 
  
- 
 | 
  
- 
 | 
 
3.4              Memahami arti dan isi kandungan hadis tentang silaturrahim  riwayat
  Bukhari Muslim dari Anas  
)من احبّ ان يبسط له فى رزقه(…. 
4.4     Menghafalkan hadis
  tentang silaturrahim  riwayat Bukhari Muslim dari Anas  
)من احبّ ان يبسط له فى رزقه(…. 
 | 
  
3.4.1        
  Mengidentifikasi lafal hadis tentang silaturrahim 
3.4.2        
  Menunjukkan
  arti mufradat hadis tentang silaturrahim 
3.4.3        
  Menerjemahkan
  hadis tentang silaturrahim 
3.4.4        
  Menjelaskan  isi kandungan hadis tentang
  silaturrahim   
3.4.5        
  Menjelaskan  hikmah silaturrahim   
4.4.1.     
  Menghafalkan
  hadis tentang silaturrahim   
 | 
  
Hadis tentang silaturrahim    
 | 
  
Mengamati 
-   Mengamati gambar terkait isi kandungan hadis tentang silaturrahim    
-   Menyimak pelafalan hadis tentang silaturrahim    
-   Mencermati lafal, mufradat dan terjemah  hadis
  tentang silaturrahim    
Menanya    
-   Menanyakan gambar terkait isi kandungan hadis tentang silaturrahim    
-   Menanyakan cara membaca hadis tentang silaturrahim    
-   Menanyakan mufradat dan terjemah  hadis
  tentang silaturrahim    
-   Mengajukan pertanyaan terkait isi kandungan hadis tentang silaturrahim  
Mengekplorasi 
-   Menerjemahkan hadis tentang silaturrahim    
-   Membaca dan menghafalkan
  lafal dan terjemah  hadis tentang silaturrahim    
-   Mendiskusikan tentang isi kandungan hadis tentang silaturrahim    
Mengasosiasi 
-    Menulis hadis tentang silaturrahim    
-    Mengidentifikasi arti dan
  isi kandungan hadis
  tentang silaturrahim    
-    Membuat kesimpulan isi kandungan hadis tentang silaturrahim    
Mengkomunikasikan 
-    Mendemonstrasikan bacaan, hafalan dan terjemah hadis tentang silaturrahim    
-    Mempresentasikan hasil
  diskusi tentang isi kandungan hadis tentang silaturrahim    
-    Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi,
  dan menyanggah). 
-    Membuat 
  resume pembelajaran di bawah bimbingan guru. 
 | 
  
Tugas 
-       Menulis hadis tentang silaturrahim    
-       Menghafal hadis tentang silaturrahim dan terjemahnya 
-       Menulis cerita pengalaman dalam bersilaturrahim 
Observasi  
-      
  Mengamati pelaksanaan hafalan dengan menggunakan lembar observasi  
-       Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan
  pembelajaran 
Kinerja 
-       Mendemonstrasikan bacaan hadis tentang silaturrahim    
-       Mendemonstrasikan hafalan lafal dan terjemah hadis tentang silaturrahim  
-       Menceritakan
  pengalaman dalam bersilaturrahim  
-       Menjelaskan isi kandungan hadis tentang silaturrahim    
Portofolio 
-       Membuat paparan kesimpulan isi kandungan hadis tentang silaturrahim  
-       Membuat kaligrafi hadis tentang silaturrahim 
-       Membuat laporan silaturrahim/kunjungan ke rumah teman
  secara bergantian ketika mengerjakan tugas kelompok 
Tes tulis 
-       Menulis hadis tentang silaturrahim 
-       Menjawab soal-soal terkait hadis tentang silaturrahim    
Tes
  lisan 
-       Membaca, menghafal dan menunjukkan arti hadis
  tentang silaturrahim.    
 | 
  
3 TM 
(6 x
  35) 
 | 
  
-   Al-Qur’an
  dan Terjemahan
  Kemenag RI 
-   Buku
  Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014 
-   Buku
  Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014 
-   Buku
  Penunjang lainnya  yang sesuai 
-   Media cetak
  dan elektronik yang sesuai
  materi 
-   Lingkungan
  sekitar yang mendukung 
 | 
 
No comments:
Post a Comment