SILABUS
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran :
Al-Qur’an Hadis
Kelas :
IV (Empat)
Semester : Genap
Kompetensi Inti :
KI-1 :
Menerima, menjalankan,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2
: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4
: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Download Silabus AlQur'an Sem II kelas IV MI DI SINI
Download Silabus AlQur'an Sem II kelas IV MI DI SINI
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menghayati arti dan isi
kandungan Q.S. al-Lahab (111)
|
1.1.1 Menerima ajaran yang
terkandung dalam Q.S. al-Lahab (111)
|
Penghayatan arti dan isi
kandungan Q.S. al-Lahab (111)
|
-
Membimbing penghayatan ajaran yang terkandung dalam Q.S. al-Lahab (111)
|
-
Penilaian Diri
-
Penilaian Teman
-
Observasi
-
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.1
Terbiasa mengamalkan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111)
dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.1 Membiasakan pengamalan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111)
dalam kehidupan sehari-hari
|
Pembiasaan
mengamalkan isi kandungan Q.S. al-Lahab
(111)
dalam kehidupan sehari-hari
|
-
Membimbing
pembiasaan mengamalkan isi kandungan Q.S. al-Lahab
(111)
dalam kehidupan sehari-hari
|
-
Penilaian Diri
-
Penilaian Teman
-
Observasi
-
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
3.1 Memahami arti dan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111)
4.1 Menulis lafal Q.S. al-Lahab (111) dengan benar
|
3.1.1 Menunjukkan
arti mufradat Q.S. al-Lahab
(111)
3.1.2 Menerjemahkan
Q.S. al-Lahab (111)
3.1.3 Menjelaskan
isi kandungan Q.S. .al-Lahab (111)
4.1.1
Menulis Q.S.
al-Lahab (111)
|
Surah al-Lahab
|
Mengamati
- Mengamati gambar terkait isi kandungan Surah
al-Lahab
- Menyimak bacaan dan mencermati hukum tajwid yang terdapat pada Surah al-Lahab
- Mencermati teks bacaan, mufradat dan terjemah Surah al-Lahab
- Membaca Surah al-Lahab dengan memperhatikan makhraj dan hukum
tajwidnya
- Meyimak penjelasan terkait isi kandungan Surah al-Lahab.
Menanya
- Menanyakan gambar terkait isi kandungan Surah
al-Lahab
- Menanyakan cara membaca Surah
al-Lahab
- Menanyakan mufradat dan terjemah Surah al-Lahab
- Mengajukan pertanyaan terkait
hukum tajwid dan isi kandungan Surah al-Lahab
Mengekplorasi
- Menunjukkan arti mufradat
surah al-Lahab.
- Menerjemahkan Surah al-Lahab
- Mendiskusikan hukum tajwid yang terdapat dalam Surah al-Lahab
- Mendiskusikan isi kandungan
Surah al-Lahab
- Menghafalkan lafal dan
terjemah Surah al-Lahab
- Guru kordinasi dengan orang tua untuk
mengamati perilaku siswa dalam pengamalan isi kandungan Surah al-Lahab di rumah.
Mengasosiasi
- Menulis Surah al-Lahab
- Mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat dalam Surah al-Lahab
- Mengidentifikasi arti Surah al-Lahab
- Membuat kesimpulan isi kandungan Surah al-Lahab
Mengkomunikasikan:
- Mendemonstrasikan bacaan, hafalan dan terjemah Surah al-Lahab
- Mempresentasikan hasil
diskusi tentang isi kandungan Surah al-Lahab
- Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi,
dan menyanggah).
- Membuat
resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
|
Tugas
- Menghafal Surah al-Lahab dan terjemahnya
- Membuat rangkuman isi
kandungan
- Membuat kaligrafi Surah
al-Lahab
Observasi
-
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasi
-
Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran
- Mengamati
sikap teman sejawat melalui lembar
pengamatan.
Kinerja
- Mendemonstrasikan hafalan lafal dan terjemah Surah al-Lahab
- Presentasi hasil diskusi
tentang isi kandungan Surah al-Lahab
Portofolio
- Membuat laporan hasil
diskusi isi kandungan Surah al-Lahab
- Membuat laporan perkembangan hafalan Surah al-Lahab
- Membuat paparan
identifikasi hukum tajwid yang ada pada Surah al-Lahab
- Membuat kaligrafi lafal
dan terjemah Surah al-Lahab
- Tes
tulis
- Menerjemah Surah al-Lahab
- Menjawab soal-soal terkait lafal, terjemah, hukum tajwid dan isi kandungan Surah al-Lahab
Tes
lisan
- Membaca, menghafal dan menunjukkan arti Surah al-Lahab
|
3
TM
(6 x 35)
|
- Al-Qur’an
Terjemahan Kemenag RI
- Buku
Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014
- Buku
Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014
-
- Buku
Penunjang lainnya yang resuai
- Media cetak
dan elektronik yang sesuai
materi
- Lingkungan
sekitar yang mendukung
|
1.2 Menerima Q.S. al-Insyirah (094) sebagai firman Allah SWT.
|
1.2.1 Menunjukkan sikap menerima Q.S. al-Insyirah (094) sebagai firman Allah SWT.
|
Penerimaan Q.S. al-Insyirah
(094) sebagai firman Allah SWT.
|
- Menanamkan sikap menerima ajaran yang terkandung dalam Q.S. al-Insyirah (094) sebagai firman Allah SWT.
|
-
Penilaian Diri
-
Penilaian Teman
-
Observasi
-
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.2
Terbiasa berperilaku positif sesuai dengan Q.S. al-Insyirah
(094)
|
2.1.1
Membiasakan perilaku positif sesuai dengan Q.S. al-Insyirah
(094)
|
Pembiasaan berperilaku positif sesuai dengan Q.S. al-Insyirah (094)
|
-
Membimbing pembiasaan berperilaku positif sesuai dengan ajaran Q.S. al-Insyirah
(094)
|
-
Penilaian Diri
-
Penilaian Teman
-
Observasi
-
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
3.2 Mengenal Q.S. al-Insyirah (094)
4.2 Menghafalkan Q.S. al-Insyirah (094) secara benar dan fasih
|
3.2.1
Mengidentifikassi lafal Q.S. al-Insyirah (094)
3.2.2
Menyebutkan jumlah
ayat Q.S. al-Insyirah (094)
3.2.3 Menunjukkan
urutan ayat Q.S. al-Insyirah (094)
3.2.4
Menganalisis hukum tajwid yang terdapat pada Q.S. al-Insyirah
(094)
3.2.4
Menunjukkan hukum tajwid yang terdapat pada Q.S. al-Insyirah
(094)
3.2.5 Menunjukkan cara membaca Q.S. al-Insyirah (094)
4.2.1 Menghafal
Q.S. al-Insyirah (094)
|
Surah al-Insyirah
|
Mengamati
- Mencermati lafal Surah al-Insyirah
- Menyimak bacaan Surah al-Insyirah
- Membaca Surah al-Insyirah dengan memperhatikan makhraj dan hukum tajwidnya
Menanya
- Guru mengajukan pertanyaan misalnya: Sudahkah
kalian bisa membaca dan menghafal Surah al-Insyirah?
- Menanyakan cara membaca Surah
al-Insyirah
- Mengajukan pertanyaan terkait
hukum tajwid yang terdapat pada Surah al-Insyirah
Mengekplorasi
- Mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat pada Surah al-Insyirah
- Menghafalkan Surah al-Insyirah
Mengasosiasi
- Menulis lafal Surah al-Insyirah
- Membuat kesimpulan cara membaca dan hukum tajwid
yang terdapat dalam Surah al-‘ Insyirah
Mengkomunikasikan
- Mendemonstrasikan hafalan Surah al-Insyirah
- Bertanya jawab tentang hukum tajwid yang terdapat dalam Surah al-Insyirah
|
Tugas
- Menghafal Surah al-Insyirah
- Membuat kaligrafi Surah
al- Insyirwp
Observasi
-
Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran
- Mengamati
sikap teman sejawat melalui lembar
pengamatan
Kinerja
- Mendemonstrasikan bacaan dan hafalan Surah al-Insyirah
Portofolio
- Membuat laporan perkembangan hafalan Surah al-Insyirah
- Membuat paparan
identifikasi hukum tajwid yang ada pada Surah al-Insyirah
Tes
tulis
-
Menjawab soal menjodohkan terkait Surah al-Insyirah
Tes
lisan
-
Menghafal Surah al-Insyirah
|
2
TM
(4 x 35)
|
- Buku
Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014
- Buku
Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014
- Al-Qur’an
dan Terjemahnya
- Buku
Penunjang lainnya yang sesuai
- Media cetak
dan elektronik yang sesuai
materi
- Lingkungan
sekitar yang mendukung
|
1.3 Menyadari keutamaan membaca Al-Quran dengan baik
dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
|
1.3.1
Merenungkan keutamaan membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai
kaidah Ilmu Tajwid
|
Penyadaran keutamaan membaca Al-Quran dengan baik
dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
|
- Menanamkan kesadaran akan keutamaan membaca Al-Quran
dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
|
-
Penilaian Diri
-
Penilaian Teman
-
Observasi
-
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.3
Terbiasa
membaca Al-Quran dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
|
2.3.1 Membiasakan
membaca Al-Quran dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
|
Pembiasaan
membaca Al-Quran dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
|
-
Membimbing
pembiasaan membaca Al-Quran dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
|
-
Penilaian Diri
-
Penilaian Teman
-
Observasi
-
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
3.3 Memahami hukum bacaan idgam bigunnah, idgam bilagunnah, dan iqlab
4.3 Mendemonstrasikan hukum bacaan idgam bigunnah, idgam bilagunnah, dan
iqlab
|
3.3.1
Menjelaskan pengertian idgam
bigunnah,
3.3.2
Menjelaskan pengertian idgam bilagunnah
3.3.3
Menjelaskan pengertian iqlab
3.3.4
Menyebutkan huruf idgam bigunnah
3.3.5
Menyebutkan huruf idgam bilagunnah
3.3.6
Menyebutkan huruf iqlab
3.3.7
Menjelaskan cara membaca idgam bigunnah
3.3.8
Menjelaskan cara membaca idgam bilagunnah
3.3.9
Menjelaskan cara membaca iqlab
3.3.10 Menunjukkan contoh hukum bacaan idgam bigunnah
3.3.11 Menunjukkan contoh hukum bacaan idgam bilagunnah
3.3.12 Menunjukkan contoh hukum bacaan iqlab
4.3.1
Mendemons-trasikan cara membaca idgam bigunnah
4.3.2
Mendemons-trasikan cara membaca idgam bilagunnah
4.3.3
Mendemons-trasikan cara membaca iqlab
|
Hukum bacaan idgam dan iqlab
|
Mengamati
- Mengamati lafal yang terdapat hukum bacaan idgam dan iqlab
- Menyimak pelafalan contoh bacaan idgam dan iqlab
- Meyimak penjelasan terkait hukum bacaan idgam dan iqlab
melalui tayangan video atau media lainnya
Menanya
- Menanyakan cara membaca idgam dan iqlab
- Mengajukan pertanyaan terkait hukum bacaan idgam dan iqlab
Mengekplorasi
- Membaca lafal yang terdapat hukum bacaan idgam dan iqlab
Mengasosiasi
- Mengidentifikasi lafal dan cara membaca hukum bacaan idgam dan iqlab
- Menulis lafal yang terdapat bacaan idgam dan iqlab
- Membuat kesimpulan hukum bacaan idgam dan iqlab
Mengkomunikasikan
- Mendemonstrasikan bacaan idgam dan iqlab
- Menulis lafal dan alasan hukum bacaan idgam dan iqlab yang terdapat pada al-Balad
- Membuat
resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
|
Tugas
- Membaca Surah al-Balad dengan menggunakan kaidah ilmu tajwid yang benar
- Mencari dan menulis lafal-lafal yang terdapat hukum bacaan idgam dan iqlab
pada form yang tersedia secara berkelompok
Observasi
-
Mengamati penerapan bacaan idgam dan iqlab dengan menggunakan lembar observasi
- Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan
pembelajaran
Kinerja
- Mendemonstrasikan bacaan yang terdapat hukum bacaan idgam dan iqlab
- Presentasi hasil diskusi
tentang hukum bacaan idgam dan iqlab
Portofolio
- Menulis laporan lafal-lafal yang terdapat hukum bacaan idgam dan iqlab
Tes
tulis
-
Menjawab soal-soal terkait hukum bacaan idgam dan iqlab
Tes
lisan
- Membaca lafal yang terdapat hukum bacaan idgam dan iqlab
|
3
TM
(6 x 35)
|
- Al-Qur’an
Terjemahan Kemenag RI
- Buku
Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014
- Buku
Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014
- Buku
Qawaidut-Tajwid
- Buku
Penunjang Lainnya Yang Sesuai
- Media cetak
dan elektronik yang sesuai
materi
- Lingkungan
sekitar yang mendukung
|
1.4 Menyadari
bahwa silaturrahim adalah perbuatan yang dicintai Allah Swt.
|
1.4.1 Menerima bahwa silaturrahim adalah perbuatan yang dicintai Allah Swt.
|
Penyadaran bahwa silaturrahim adalah perbuatan yang
dicintai Allah Swt.
|
Menanamkan kesadaran bahwa silaturrahim adalah
perbuatan yang dicintai Allah Swt.
|
-
Penilaian Diri
-
Penilaian Teman
-
Observasi
-
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.4 Membiasakan perilaku gemar bersilaturahim sebagai implementasi dari pemahaman hadis
tentang silaturrahim
|
2.4.1 Membiasakan perilaku gemar bersilaturahim sebagai
implementasi dari pemahaman hadis tentang silaturrahim
|
Pembiasaan perilaku gemar bersilaturahim
sebagai implementasi dari pemahaman hadis tentang silaturrahim
|
Membimbing pembiasaan perilaku gemar bersilaturahim
sebagai implementasi dari pemahaman hadis tentang silaturrahim
|
-
Penilaian Diri
-
Penilaian Teman
-
Observasi
-
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
3.4 Memahami arti dan isi kandungan hadis tentang silaturrahim riwayat
Bukhari Muslim dari Anas
)من احبّ ان يبسط له فى رزقه(….
4.4 Menghafalkan hadis
tentang silaturrahim riwayat Bukhari Muslim dari Anas
)من احبّ ان يبسط له فى رزقه(….
|
3.4.1
Mengidentifikasi lafal hadis tentang silaturrahim
3.4.2
Menunjukkan
arti mufradat hadis tentang silaturrahim
3.4.3
Menerjemahkan
hadis tentang silaturrahim
3.4.4
Menjelaskan isi kandungan hadis tentang
silaturrahim
3.4.5
Menjelaskan hikmah silaturrahim
4.4.1.
Menghafalkan
hadis tentang silaturrahim
|
Hadis tentang silaturrahim
|
Mengamati
- Mengamati gambar terkait isi kandungan hadis tentang silaturrahim
- Menyimak pelafalan hadis tentang silaturrahim
- Mencermati lafal, mufradat dan terjemah hadis
tentang silaturrahim
Menanya
- Menanyakan gambar terkait isi kandungan hadis tentang silaturrahim
- Menanyakan cara membaca hadis tentang silaturrahim
- Menanyakan mufradat dan terjemah hadis
tentang silaturrahim
- Mengajukan pertanyaan terkait isi kandungan hadis tentang silaturrahim
Mengekplorasi
- Menerjemahkan hadis tentang silaturrahim
- Membaca dan menghafalkan
lafal dan terjemah hadis tentang silaturrahim
- Mendiskusikan tentang isi kandungan hadis tentang silaturrahim
Mengasosiasi
- Menulis hadis tentang silaturrahim
- Mengidentifikasi arti dan
isi kandungan hadis
tentang silaturrahim
- Membuat kesimpulan isi kandungan hadis tentang silaturrahim
Mengkomunikasikan
- Mendemonstrasikan bacaan, hafalan dan terjemah hadis tentang silaturrahim
- Mempresentasikan hasil
diskusi tentang isi kandungan hadis tentang silaturrahim
- Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi,
dan menyanggah).
- Membuat
resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
|
Tugas
- Menulis hadis tentang silaturrahim
- Menghafal hadis tentang silaturrahim dan terjemahnya
- Menulis cerita pengalaman dalam bersilaturrahim
Observasi
-
Mengamati pelaksanaan hafalan dengan menggunakan lembar observasi
- Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan
pembelajaran
Kinerja
- Mendemonstrasikan bacaan hadis tentang silaturrahim
- Mendemonstrasikan hafalan lafal dan terjemah hadis tentang silaturrahim
- Menceritakan
pengalaman dalam bersilaturrahim
- Menjelaskan isi kandungan hadis tentang silaturrahim
Portofolio
- Membuat paparan kesimpulan isi kandungan hadis tentang silaturrahim
- Membuat kaligrafi hadis tentang silaturrahim
- Membuat laporan silaturrahim/kunjungan ke rumah teman
secara bergantian ketika mengerjakan tugas kelompok
Tes tulis
- Menulis hadis tentang silaturrahim
- Menjawab soal-soal terkait hadis tentang silaturrahim
Tes
lisan
- Membaca, menghafal dan menunjukkan arti hadis
tentang silaturrahim.
|
3 TM
(6 x
35)
|
- Al-Qur’an
dan Terjemahan
Kemenag RI
- Buku
Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014
- Buku
Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014
- Buku
Penunjang lainnya yang sesuai
- Media cetak
dan elektronik yang sesuai
materi
- Lingkungan
sekitar yang mendukung
|
No comments:
Post a Comment