Berbagi itu Indah, Walau Dikau Tak Menghargainya.......
Menu - Pages
▼
Pages - Menu
▼
Thursday 11 July 2019
SOAL TES SUMATIF MODUL 5 (NILAI 93.33)
1.Kurikulum
2013 memberi penekanan pada pendekatan student center learning. Definisi media
berikut yang sesuai untuk mengimplementasikan adalah…
a. Teknologi
dan bukan teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan
pembelajaran
b. Teknologi
yang dapat mentransformasi pesan sehingga peserta didik berminat dan menarik
mengkuti pembelajaran yang bervariasi
c. Sarana
fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran
d. Teknologi
hardware pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran
sehingga memudahkan guru dalam menyampaikan materi
e. Segala
sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari komunikator ke komunikan, sehingga
mampu merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa untuk terjadi
proses belajar
2.Bahan ajar yang
baik harus disusun secara sistematis. Bahan ajar yang sistematis artinya bahan
ajar tersebut dikembangkan....
a. secara
runtut dan memuat komponen ajar
b. Penuh
dengan ilustrasi dan gambar
c. menurut
urutan buku teks
d. dengan
dukungan banyak referensi literatur
e. menurut
abjad dengan bahasa ragam ilmiah
3.Karakteristik
pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah yang relevan dengan implementasi
kurikulum 2013 adalah...
a. Pengembangan
ranah kognitif secara utuh dan pendekatan student centred learning
b. Pengembangan
ketiga ranah secara utuh dan pendekatan student centered learning
c. Pengembangan
ranah kognitif, afektif, psikomotor secara berkesimbungan dan fokus model
pembelajaran inqury
d. Pengembangan
ketiga ranah secara parsial, dan fokus model scientific
e. Pembelajaran
tematik dan fokus model pembelajaran berbasis masalah
4.Terdapat banyak
model pembelajaran kooperatif lebih dari 50 tipe. Namun baru beberapa yang
biasa diterapkan di satuan pendidikan formal. Model pembelajaran kooperatif
yang paling sederhana dan cocok untuk guru pemula adalah....
a. Group
Investigation (GI)
b. Team
Assisted Individualization (TAI)
c. STAD
d. JIGSAW
e. Teams
Games Tournament (TGT)
5.28. Bahan ajar
yang berkualitas harus sesuai dengan tujuan pembelajaran, akurat, mutakhir,
dengan komponen yang komprehensif, artinya bahan ajar telah memenuhi kriteria….
a. komponen
lengkap
b. Konten
c. unsur
pelengkap
d. penyajian
e. Ilustrasi
6.Ibu Novi, guru
mata pelajaran kimia akan memeragakan proses kimia Sel Volta. Menurut Saudara,
metode pembelajaran paling cocok dipilih adalah …
a. Metode
diskusi
b. Metode
simulasi
c. Metode
ceramah
d. Metode
praktikum
e. Metode
demonstrasi
7.Pada sintak
model Problem Based Learning (PBL) langkah mengembangkan dan
menyajikan hasil karya merupakan langkah atau tahap ke....
a. keempat
b. pertama
c. kedua
d. kelima
e. ketiga
8.Modul merupakan
bahan ajar yang khas memiliki struktur…..
a. Sistematis
dan utuh
b. Nyata
dan jelas
c. Lengkap
dan menyeluruh
d. Instruksional
dan realistis
e. Instruksional
dan menyeluruh
9.Di abad
informasi ini peran bahan bagi siswa juga luar biasa. Peran bahan ajar tersebut
bagi para siswa antara lain adalah....
a. Menghemat
waktu dan tenaga untuk belajar
b. Siswa
menjadi lebih terarah dalam belajar siswa
c. Memudahkan
siswa dalam mencari sumber
d. Mendukung
pengerjaan tugas
e. Proses
memahami materi lebih cepat dan mudah
10.Guru dapat
membuat hand-out sebagai bahan ajar untuk para siswanya karena bahan ajar
hand-out memiliki manfaat yang besar yaitu...
a. Melengkapi
kekurangan materi yang disampaikan
b. Untuk
memberikan bahan pengayaan atau remedial
c. Membetulkan
konsep-konsep yang salah dalam penjelasan
d. Menggantikan
ketidakhadiran guru
e. Menjadi
ilustrasi yang bermanfaat bagi kejelasan materi
11."Dengan
rumus hukum Pascal siswa mampu menghitung tekanan (P)", merupakan rumusan
kompetensi kognitif pada tingkatan …..
a. Mengevaluasi
b. Mencipta
c. Menganalisis
d. Menerapkan
e. Memahami
12.Dalam
pembelajaran yang berbasis Student Center Learning, berikut ini yang termasuk
empat jenis sumber belajar adalah…
Select one:
a. Media
pembelajaran, buku, alat peraga dan peralatan praktik
b. Kepala
sekolah, guru, guru BK dan instruktur
c. Media
pembelajaran Mock-up, guru, buku paket pelajaran dan LKPD
d. Guru,
media wallchart, buku, lingkungan belajar
e. Guru,
instruktur, job sheet dan buku panduan praktikum
13.Salah satu tahap
(syntak) dalam model pembelajaran Simulasi (Joyce Weil dan Calhoun 2009) adalah
Latihan Partisipasi. Kegiatan yang termasuk dalam tahap Latihan Partisipasi
tersebut adalah....
a. membuat
skenario dan tujuan
b. menyajikan
topik luas mengenai simulasi & konsep dalam aktivitas simulasi
c. menganalisis
proses
d. memimpin
aktivitas permainan dan administrasi permainan
e. memimpin
aktivitas permainan dan menganalisis proses
14.Ragam bahasa
yang digunakan dalam bahan ajar yang efektif adalah....:
a. Ragam
bahasa formal
b. Ragam
campuran antara daerah dan bahasa Indonesia
c. Ragam
bahasa resmi dan baku
d. Ragam
komunikatif atau semi-formal
e. Ragam
bahasa interaktif
15.Salah satu
dampak instruksional pada model pembelajaran simulasi yaitu
a. responsif
pada umpan balik
b. lebih
memahami permasalah kontektual
c. sensitifitas
pada hubungan sebab dan pengaruh
d. kemandirian
sebagai siswa meningkat
e. kepercayaan
diri sebagai siswa meningkat
16.Langkah-langkah
(Sintaks) model scientific yang baku meliputi....
a. mengamati,
menanya, membuat hipotesis, menegosiasikan dan menyusun laporan penelitian
b. mengidentifikasi
masalah, menanya, mengumpulkan, menegosiasikan dan menyusun laporan
c. mengidentifikasi
masalah, menanya, mendiskusikan, menegosiasikan dan mengkomunikasikan
d. mengobservasi,
menanya, mengumpulkan, menalar dan mengkomunikasikan
e. Mengamati
lingkungan belajar, menanya, mengumpulkan, menegosiasikan dan membuat laporan
17.Peserta didik
dapat belajar lebih baik pada saat: kata-kata gambar dan video yang relevan
disajikan secara simultan (bebarengan). Desain tampilan multimedia tersebut
merupakan penerapan prinsip...
a. Modalitas
belajar
b. Prinsip
kesinambungan waktu
c. Kesinambungan
spasial
d. Koherensi
e. Redunansi
18.Dengan
disediakan penggaris bujur sangkar, siswa klas V SD membagi sudut 60 derajat
menjadi empat sudut yang sama. Rumusan tujuan pembelajaran tersebut kurang
komponen...
a. Audience
b. Behavior
dan Degree
c. Kondisi
(condition)
d. Kondisi
dan tingkatan (degree)
e. Degree
19.Pengalaman
belajar langsung (learning by doing) merupakan proses belajar empirik yang akan
siswa ingat secara kuat. Bapak Agus memilih metode pembelajaran yang relevan
yaitu …
a. Metode
berbasis masalah
b. Metode
diskusi
c. Metode
role playing
d. Metode
drill and practice
e. Metode
eksperimen
20.Bahan-bahan atau
materi pelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan oleh guru dan
siswa dalam proses pembelajaran dikenal sebagai.....
a. Buku
pegangan belajar siswa
b. Suplemen
bidang pelajaran
c. Bahan
ajar
d. Bahan
diktat kajian
e. Materi
pelengkap pembelajaran
21.Kemp dan Dayton
(1985) menjelaskan ada tiga fungsi utama media pembelajaran yaitu...
a. Mengkongkritkan
konsep, menstransfer pengetahuan dan meningkatkan hasil belajar
b. Memotivasi,
menyajikan materi ajar, dan memberikan instruksi pembelajaran
c. Sumber
belajar, alat bantu pembelajaran dan memberikan instruksi pembelajaran
d. Menyajikan
materi ajar, alat bantu pembelajaran dan sumber belajar
e. Meningkatkan
perhatian siswa, merangsang pemikiran dan memotivasi siswa
22.Brown dkk.
menyatakan bahwa dalam memilih media perlu mempertimbangkan kriteria sebagai
berikut...
a. Karakteristik
siswa
b. Ketersediaan
sumber listrik
c. Tujuan
Pembelajaran
d. Kemampuan
guru dalam menggunakan
e. Interaktivitas
23.Strategi
pembelajaran "Tutorial" di unit pendidikan tingkat menengah
memerlukan media yang mendukung. Menurut Saudara media pembelajaran yang
relevan adalah...
a. Media
cetak terprogram
b. Media
modul cetak tutorial
c. Media
model pembelajaran yang terprogram
d. Multimedia
tutorial
e. Media
presentasi yang baik
24.Prinsip-prinsip
pembelajaran yang merujuk Permendikbud RI No 22 tahun 2016 adalah...
a. Partisipasi
aktif peserta didik dan berpusat pada peserta didik
b. Pembelajaran
dapat diimplementasikan kapan saja dimana saja dan dengan siapa saja
c. Dari
pembelajaran berbasis kompetensi menuju pembelajaran berbasis konten dan
tematik
d. Dari
peserta didik mencari tahu menuju peserta didik diberi tahu
e. Pembelajaran
yang menerapkan prinsip bahwa semua orang adalah guru
25.Sebagai satu
kesatuan kemampuan yang utuh, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun
untuk ...
a. Satu
kompetensi inti
b. Satu
kompetensi dasar
c. Tiga
tujuan pembelajaran
d. Satu
pokok bahasan
e. Dua
indikator
26.Dalam
pembelajaran keterampilan tipe prosedur, media pembelajaran berikut yang
memiliki relevan tinggi diimplementasikan adalah…
a. Program
slide suara
b. Media
gambar berseri
c. Multimedia
interaktif
d. Computer-Assisted
Instruction.
e. Program
video instruksional
27.Implementasi
kurikulum 2013 di tingkat satuan pendidikan model pembelajaran yang layak
dirujuk dalam RPP adalah ...
a. Contekstual
Teaching Learning (CTL)
b. Teacher
Centred Learning Model
c. Model
Demonstrasi
d. Problem
Based Learning Model
e. Direct
Learning Models
28.Pengertian
multimedia pembelajaran menurut Gayestik (1996) adalah...
a. Karakterisasi
tampilan unsur teks, gambar, suara, animasi dan video yang diorganisasi dalam
suatu program yang terintegrasi
b. Penggabungan
media pembelajaran analog dan digital untuk menyajikan tampilan yang efisien
efektif dan berdayaguna
c. Sistem
komunikasi interaktif berbasis komputer yang mampu menciptakan, menyimpan,
menyajikan dan mengakses kembali informasi berupa teks, grafik, suara, video
atau animasi.
d. Mengintegrasikan
dua atau lebih media dalam pembelajaran
e. Suatu
program terpadu berbasis komputer untuk pemecahan masalah belajar
29.Komponen Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang lengkap sesuai Permendikbud RI No 22 tahun
2016 adalah...
a. Identitas
sekolah, identitas mata pelajaran, kompetensi inti, tujuan pembelajaran,
kompetensi dasar, materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran dan
penilaian hasil belajar
b. Identitas,
mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, media
sumber belajar, langkah pembelajaran dan penilaian hasil belajar
c. Standar
kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran, sumber belajar,
langkah pembelajaran, tes hasil belajar dan kunci jawaban tes
d. Kompetesi
Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator, materi ajar, model
pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran dan penilaian hasil
belajar
e. Identitas,
mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model
pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar dan
bobot penilaian hasil belajar
30.Pendekatan
saintifik merupakan bagian dari pendekatan pedagogis dalam kegiatan
pembelajaran yang melandasi penerapan metode ilmiah. Pembelajaran secara umum
dilaksanakan melalui kegiatan pendahuluan inti dan penutup. Pada pendekatan
saintifik kegiatan pendahuluan diarahkan untuk ...
a. mengkonstruksi
pengetahuan sikap serta keterampilannya
b. melakukan
kegiatan belajar dengan metode ilmiah
c. belajar
materi secara lengkap
d. memantapkan
pemahaman peserta didik tentang tujuan dan pentingnya materi yang akan
disampaikan
e. melakukan
validasi temuan materi yang telah dipelajari
No comments:
Post a Comment