Menu - Pages

Pages - Menu

Sunday 1 September 2019

SOAL SUMATIF AL-QUR'AN MODUL 6 Beserta Jawaban

SOAL SUMATIF AL-QUR'AN MODUL 6 NILAI SANGAT MEMUASKAN


Pada kesempatan ini kami berbagi soal Sumatif Al-Qur'an M5 dengan Nilai sangat memuaskan. SEMOGA BERMANFAAT!  

     1.    Kata (الْغَاوِينَ) pada ayat وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَأَ الَّذِي آتَيْنَاهُ آيَاتِنَا فَانسَلَخَ مِنْهَا فَأَتْبَعَهُ الشَّيْطَانُ فَكَانَ مِنَ الْغَاوِينَ artinya….
Select one:
a. Kerusakan
b. Kejanggalan
c. Kesesatan
d. Kedholiman

      2.    Al-Qur’an membahas nilai-nilai wawasan kebangsaan, seperti halnya memerintahkan persatuan dan kesatuan yang dijelaskan dalam ayat yang berbunyi….
Select one:
a. وَإِذَا حُشِرَ النَّاسُ كَانُوا لَهُمْ أَعْدَاءً وَكَانُوا بِعِبَادَتِهِمْ كَافِرِينَ
b. هُوَ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن طِينٍ ثُمَّ قَضَىٰ أَجَلًا ۖ وَأَجَلٌ مُّسَمًّى عِندَهُ ۖ ثُمَّ أَنتُمْ تَمْتَرُون
c. عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ الْكَبِيرُ الْمُتَعَالِ
d. إِنَّ هَٰذِهِ أُمَّتُكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَأَنَا رَبُّكُمْ فَاعْبُدُونِ

      3.    Hadis di atas menjelaskan tentang ……
Select one:
a. Cintah tanah air
b. Persatuan dan kesatuan
c. Musyawarah
d. Demokrasi

      4.    Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudahterjadimerupakannilai-nilaipendidikankarakter...
Select one:
a. Cinta Damai  
b. Bersahabat/Komunikatif
c. Peduli Lingkungan
d. Gemar Membaca

      5.    Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain merupakannila-nilaipendidikankarakter...
Select one:
a. Jujur
b. Disiplin
c. Toleransi
d. Religius
       
       6.    قَالَ بَلْ سَوَّلَتْ لَكُمْ أَنْفُسُكُمْ أَمْرًاۗ فَصَبْرٌ جَمِيْلٌۗ عَسَى اللّٰهُ أَنْ يَّأْتِيَنِيْ بِهِمْ جَمِيْعًاۗ إِنَّهٗ هُوَ   الْعَلِيْمُ الْحَكِيْمُ 
       Dia (Yakub) berkata,"Sebenarnya hanya dirimu sendri yang memandang baik urusan (yang buruk) itu. Maka (kesabaranku) adalah kesabaran yang baik. Mudah-mudahan Allah mendatangkan mereka semua kepadaku. Sungguh, Dialah Yang Maha Mengetahui, Maha bijaksana."
Ayat di atas mengandung nilai-nilai pendidikan karakter...
Select one:
a. Jujur
b. Religius
c. Toleransi
d. Disiplin



    

7.    Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan merupakan nilai-nilai pendidikan karakter...

Select one:
a. Religius
b. Toleransi
c. Disiplin
d. Jujur

      8.    Salah satu ayat al-Qur’an yang digunakan untuk menjelaskan konsep wawasan kebangsaan adalah….
Select one:
a. لَّهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَإِلَى اللَّهِ تُرْجَعُ الْأُمُورُ
b. الَّذِينَ يَرِثُونَ الْفِرْدَوْسَ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ
c.   يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ
d. وَمِنَ النَّاسِ مَن يُجَادِلُ فِي اللَّهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَلَا هُدًى وَلَا كِتَابٍ مُّنِيرٍ

      9.    Karakter mengacu pada serangkaian sikap (attitudes), perilaku (behaviors), motivasi (motivations) dan keterampilan (skills). Pendapat ini di kemukakan oleh ...
Select one:
a. Doni koesoema A.
b. Takdirotun musfiroh
c. Hornby dan parnwell
d. Simon Philips

      10. Sebuah kecerdasan, kemahiran, atau penguasaan bidang tertentu yang mencakup kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual, merupakan sifat karakter Rasulallah, yaitu:
Select one:
a. Amanah
b. Fatanah
c. Sidiq
d. Tabligh

       11. Penggalan ayat berikut ini adalah فَمَثَلُهُ ......... عَلَيْهِ يَلْهَثْ أَوْ تَتْرُكْهُ يَلْهَث ۚ
Select one:
a. مَثَلُ الَّذِينَ اتَّخَذُوا
b. مَثَلٌ فَاسْتَمِعُوا لَهُ
c. كَمَثَلِ الْكَلْبِ إِن تَحْمِلْ
d. مَثَلُ الَّذِينَ اتَّخَذُوا مِن

      12. Karakter adalah kualitas mental atau moral, kekuatan moral, nama atau reputasi. Pendapat ini di kemukakan oleh ...
Select one:
a. Hornby dan parnwell
b. Takdirotun musfiroh
c. Doni koesoema A.
d. Simon Philips
                               
       13. أَلَمْ تَرَ كَيْفَ ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا فِي السَّمَاءِ
Metode internalisasi nilai karakter dan wawasan kebangsaan apakah yang terkandung dalam ayat tersebut adalah....
Select one:
a. Metode Amsal
b. Metode keteladanan
c. Metode nasihat
d. Metode demostrasi

      14. Cara pandang bangsa Indonesia berdasarkan pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 tentang diri dan lingkungan dalam mengekspresikan diri sebagai bangsa Indonesia di tengah-tengah lingkungan nusantara disebut……
Select one:
a. Wawasan Kebangsaan
b. Cintah tanah air
c. Wawasan Nusantara
d. Demokrasi



      15. Menurut pemikiran Talcott Parsons wawasan kebangsaan tumbuh sesuai pengalaman yang dialami oleh seseorang, dan pengalaman merupakan akumulasi dari proses tataran sistem yang meliputi beberapa sub sistem yaitu….
Select one:
a. sub-sistem sosial, sub-sistem ekonomi, dan sub-sistem politik.
b. Sub-sistem pendidikan, sub-sistem ekonomi, sub-sistem budaya
c. Sub-sistem budaya, sub-sistem ekonomi, sub-sistem politik
d. Sub-sistem social, sub-sistem ekonomi, sub-sistem budaya
     16. Salah satu ayat al-Qur’an yang dapat dijadikan landasan penerapan metode keteladanan dalam internalisasi nilai karakter dan wawasan kebangsaan adalah?
Select one:
a. Surat al-Azhab ayat 21
b. Surat al-Imran ayat 21
c. Surat Yasin 21
d. Surat al-Baqarah 21
      17.  أَلَمْ تَرَ كَيْفَ ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا فِي السَّمَاءِ
Metode internalisasi nilai karakter dan wawasan kebangsaan apakah yang terkandung dalam ayat tersebut adalah....
Select one:
a. Metode keteladanan
b. Metode demostrasi
c. Metode nasihat
d. Metode Amsal
        18.  اجْعَلْنِيْ عَلٰى خَزَائِنِ الْأَرْضِۚ إِنِّيْ حَفِيْظٌ عَلِيْمٌ
       Berkata  Yusuf:  "Jadikanlah  aku  bendaharawan  negara  (Mesir);  Sesungguhnya   aku  adalah orang yang pandai menjaga, lagi berpengetahuan". 
      Ayat di atas mengandung nilai-nilai pendidikan karakter...
Select one:
a. Cinta Damai
b. Peduli Lingkungan
c. Tanggung Jawab
d. Semangat kebangsaan
       19.   Sebuah usaha untuk mendidik anak-anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka dapat memberikaan kontribusi yang positif kepada lingkungannya. Pendapat ini di kemukakan oleh ...
Select one:
a. Doni koesoema A.
b. Imam Ghazali
c. Simon Philips
d. Ratna Megawangi
  
       20.   Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain merupakan nilai-nilai pendidikan karakter...
Select one:
a. Semangat Kebangsaan
b. Rasa Ingin Tahu
c. Menghargai Prestasi
d. Cinta Tanah Air

No comments:

Post a Comment