Berbagi itu Indah, Walau Dikau Tak Menghargainya.......

Sunday 27 January 2019

SILABUS AL-QUR'AN HADITS SEMESTER II, KELAS IV MI


SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan     : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran           : Al-Qur’an Hadis
Kelas                            : IV (Empat)
Semester                       : Genap

 
Kompetensi Inti           :
KI-1                              : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2                            : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan   tetangganya.
KI-3                              : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan  kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4                            : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam  tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Download Silabus AlQur'an Sem II kelas IV MI DI SINI

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1      Menghayati arti dan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111)
1.1.1    Menerima ajaran yang terkandung dalam  Q.S. al-Lahab (111)

Penghayatan arti dan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111)
-       Membimbing penghayatan ajaran yang terkandung dalam  Q.S. al-Lahab (111)
-          Penilaian Diri
-          Penilaian Teman
-          Observasi
-          Jurnal/Catatan
-
-
2.1      Terbiasa mengamalkan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dalam kehidupan sehari-hari

2.1.1 Membiasakan pengamalan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dalam kehidupan sehari-hari


Pembiasaan mengamalkan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dalam kehidupan sehari-hari

-       Membimbing pembiasaan mengamalkan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dalam kehidupan sehari-hari

-          Penilaian Diri
-          Penilaian Teman
-          Observasi
-          Jurnal/Catatan
-
-
3.1      Memahami arti dan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111)
4.1      Menulis lafal Q.S. al-Lahab (111) dengan benar
3.1.1    Menunjukkan arti mufradat Q.S. al-Lahab (111)
3.1.2    Menerjemahkan Q.S.  al-Lahab (111)
3.1.3    Menjelaskan isi kandungan Q.S. .al-Lahab (111)

4.1.1   Menulis Q.S. al-Lahab (111)



Surah           al-Lahab

Mengamati
-    Mengamati gambar terkait isi kandungan  Surah    al-Lahab
-    Menyimak bacaan dan mencermati hukum tajwid yang terdapat pada Surah al-Lahab
-    Mencermati teks bacaan, mufradat dan terjemah  Surah al-Lahab
-    Membaca Surah al-Lahab dengan memperhatikan  makhraj dan hukum tajwidnya
-    Meyimak penjelasan terkait isi kandungan Surah al-Lahab.

Menanya  
-    Menanyakan gambar terkait isi kandungan Surah al-Lahab
-    Menanyakan cara membaca Surah al-Lahab
-    Menanyakan mufradat dan terjemah Surah al-Lahab
-    Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid dan isi kandungan Surah al-Lahab

Mengekplorasi
-    Menunjukkan arti mufradat surah al-Lahab.
-    Menerjemahkan Surah al-Lahab
-    Mendiskusikan hukum tajwid yang terdapat dalam Surah al-Lahab
-    Mendiskusikan isi kandungan Surah al-Lahab
-    Menghafalkan lafal dan terjemah  Surah al-Lahab
-   Guru kordinasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku  siswa dalam pengamalan isi kandungan Surah al-Lahab di rumah.

Mengasosiasi
-   Menulis Surah al-Lahab
-   Mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat dalam Surah al-Lahab
-   Mengidentifikasi arti Surah al-Lahab
-   Membuat kesimpulan isi kandungan Surah al-Lahab

Mengkomunikasikan:
-   Mendemonstrasikan bacaan, hafalan dan terjemah Surah al-Lahab
-   Mempresentasikan hasil diskusi tentang isi kandungan Surah al-Lahab
-   Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, dan menyanggah).
-   Membuat  resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
Tugas
-       Menghafal Surah al-Lahab dan terjemahnya
-       Membuat rangkuman isi kandungan
-       Membuat kaligrafi Surah  al-Lahab


Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
-       Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran
-       Mengamati sikap teman sejawat melalui lembar pengamatan.

Kinerja
-       Mendemonstrasikan hafalan lafal dan terjemah Surah al-Lahab
-       Presentasi hasil diskusi tentang isi kandungan Surah al-Lahab

Portofolio
-       Membuat laporan hasil diskusi isi kandungan Surah  al-Lahab
-       Membuat laporan perkembangan hafalan Surah al-Lahab
-       Membuat paparan identifikasi hukum tajwid yang ada pada  Surah al-Lahab
-       Membuat kaligrafi lafal dan terjemah Surah al-Lahab

-       Tes tulis
-       Menerjemah Surah al-Lahab
-       Menjawab soal-soal terkait lafal, terjemah, hukum tajwid dan isi kandungan Surah al-Lahab

Tes lisan
-       Membaca, menghafal dan menunjukkan arti Surah al-Lahab
3 TM
(6 x 35)
-   Al-Qur’an Terjemahan Kemenag RI
-   Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014
-   Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014
-    
-   Buku Penunjang lainnya  yang resuai
-   Media cetak dan elektronik yang sesuai materi
-   Lingkungan sekitar yang mendukung


1.2      Menerima  Q.S. al-Insyirah (094) sebagai firman Allah SWT.
1.2.1    Menunjukkan sikap menerima  Q.S. al-Insyirah (094) sebagai firman Allah SWT.

Penerimaan  Q.S. al-Insyirah (094) sebagai firman Allah SWT.
-    Menanamkan sikap menerima  ajaran yang terkandung dalam Q.S. al-Insyirah (094) sebagai firman Allah SWT.
-          Penilaian Diri
-          Penilaian Teman
-          Observasi
-          Jurnal/Catatan
-
-
2.2      Terbiasa berperilaku positif sesuai dengan Q.S. al-Insyirah (094)
2.1.1    Membiasakan perilaku positif sesuai dengan Q.S. al-Insyirah (094)

Pembiasaan berperilaku positif sesuai dengan Q.S. al-Insyirah (094)
-   Membimbing pembiasaan berperilaku positif sesuai dengan ajaran Q.S. al-Insyirah (094)
-          Penilaian Diri
-          Penilaian Teman
-          Observasi
-          Jurnal/Catatan
-
-
3.2      Mengenal Q.S. al-Insyirah (094)

4.2      Menghafalkan Q.S. al-Insyirah (094) secara benar dan fasih
3.2.1 Mengidentifikassi lafal Q.S. al-Insyirah (094)
3.2.2 Menyebutkan jumlah ayat Q.S. al-Insyirah (094)
3.2.3 Menunjukkan urutan ayat Q.S. al-Insyirah (094)
3.2.4 Menganalisis hukum tajwid yang terdapat pada Q.S. al-Insyirah (094)
3.2.4 Menunjukkan hukum tajwid yang terdapat pada Q.S. al-Insyirah (094)
 3.2.5 Menunjukkan cara membaca Q.S. al-Insyirah (094)

4.2.1 Menghafal Q.S. al-Insyirah (094)


Surah al-Insyirah

Mengamati
-    Mencermati lafal  Surah al-Insyirah
-    Menyimak bacaan Surah al-Insyirah
-    Membaca Surah al-Insyirah dengan memperhatikan  makhraj dan hukum tajwidnya

Menanya   
-    Guru mengajukan pertanyaan misalnya: Sudahkah kalian bisa membaca dan menghafal Surah al-Insyirah?
-    Menanyakan cara membaca Surah al-Insyirah
-    Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid yang terdapat pada Surah al-Insyirah  

Mengekplorasi
-    Mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat pada Surah al-Insyirah
-    Menghafalkan Surah al-Insyirah

Mengasosiasi
-    Menulis lafal Surah al-Insyirah
-    Membuat kesimpulan cara membaca dan hukum tajwid yang terdapat dalam Surah al-‘ Insyirah

Mengkomunikasikan
-    Mendemonstrasikan hafalan Surah al-Insyirah
-    Bertanya jawab tentang hukum tajwid yang terdapat dalam Surah al-Insyirah
Tugas
-       Menghafal Surah al-Insyirah
-       Membuat kaligrafi Surah  al- Insyirwp

Observasi
-       Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran
-       Mengamati sikap teman sejawat melalui lembar pengamatan

Kinerja
-       Mendemonstrasikan bacaan dan hafalan Surah al-Insyirah

Portofolio
-       Membuat laporan perkembangan hafalan Surah al-Insyirah
-       Membuat paparan identifikasi hukum tajwid yang ada pada  Surah al-Insyirah

Tes tulis
-       Menjawab soal menjodohkan terkait Surah al-Insyirah
Tes lisan
-       Menghafal Surah al-Insyirah
2 TM
(4 x 35)
-   Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014
-   Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014
-   Al-Qur’an dan Terjemahnya
-   Buku Penunjang lainnya  yang sesuai
-   Media cetak dan elektronik yang sesuai materi
-   Lingkungan sekitar yang mendukung


1.3      Menyadari keutamaan membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
1.3.1        Merenungkan keutamaan membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid

Penyadaran keutamaan membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
-       Menanamkan kesadaran akan keutamaan membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
-          Penilaian Diri
-          Penilaian Teman
-          Observasi
-          Jurnal/Catatan
-
-
2.3      Terbiasa membaca Al-Quran dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.3.1 Membiasakan membaca Al-Quran dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
Pembiasaan membaca Al-Quran dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
-        Membimbing pembiasaan membaca Al-Quran dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
-          Penilaian Diri
-          Penilaian Teman
-          Observasi
-          Jurnal/Catatan
-
-
3.3 Memahami hukum bacaan idgam bigunnah, idgam bilagunnah, dan iqlab

4.3  Mendemonstrasikan hukum bacaan idgam bigunnah, idgam bilagunnah, dan iqlab

3.3.1        Menjelaskan pengertian idgam bigunnah,  
3.3.2        Menjelaskan pengertian   idgam bilagunnah
3.3.3        Menjelaskan pengertian   iqlab
3.3.4        Menyebutkan huruf idgam bigunnah
3.3.5        Menyebutkan huruf idgam bilagunnah
3.3.6        Menyebutkan huruf iqlab
3.3.7        Menjelaskan cara membaca idgam bigunnah
3.3.8        Menjelaskan cara membaca idgam bilagunnah
3.3.9         Menjelaskan cara membaca   iqlab
3.3.10    Menunjukkan contoh  hukum bacaan idgam bigunnah
3.3.11    Menunjukkan contoh  hukum bacaan idgam bilagunnah
3.3.12    Menunjukkan contoh  hukum bacaan iqlab

4.3.1         Mendemons-trasikan cara membaca idgam bigunnah
4.3.2        Mendemons-trasikan cara membaca idgam bilagunnah
4.3.3        Mendemons-trasikan cara membaca iqlab
Hukum bacaan idgam dan iqlab
Mengamati
-   Mengamati lafal yang terdapat hukum bacaan idgam dan iqlab
-   Menyimak pelafalan contoh bacaan idgam dan iqlab
-   Meyimak penjelasan terkait hukum bacaan idgam dan iqlab melalui tayangan video atau media lainnya

Menanya   
-   Menanyakan cara membaca idgam dan iqlab
-   Mengajukan pertanyaan terkait hukum bacaan idgam dan iqlab


Mengekplorasi
-    Membaca lafal yang terdapat hukum bacaan idgam dan iqlab

Mengasosiasi
-    Mengidentifikasi lafal dan cara membaca hukum bacaan idgam dan iqlab
-    Menulis lafal yang terdapat bacaan idgam dan iqlab
-    Membuat kesimpulan hukum bacaan idgam dan iqlab

Mengkomunikasikan
-    Mendemonstrasikan bacaan idgam dan iqlab
-    Menulis lafal dan alasan hukum bacaan idgam dan iqlab yang terdapat pada al-Balad
-    Membuat  resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
Tugas
-       Membaca Surah al-Balad dengan menggunakan kaidah ilmu tajwid yang benar
-       Mencari dan menulis lafal-lafal yang terdapat hukum bacaan idgam dan iqlab pada form yang tersedia secara berkelompok  

Observasi
-       Mengamati penerapan bacaan idgam dan iqlab dengan menggunakan lembar observasi
-       Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran

Kinerja
-       Mendemonstrasikan bacaan yang terdapat hukum bacaan idgam dan iqlab
-       Presentasi hasil diskusi tentang hukum bacaan idgam dan iqlab

Portofolio
-       Menulis laporan lafal-lafal yang terdapat hukum bacaan idgam dan iqlab

Tes tulis
-       Menjawab soal-soal terkait hukum bacaan idgam dan iqlab
Tes lisan
-       Membaca lafal yang terdapat hukum bacaan idgam dan iqlab
3 TM
(6 x 35)
-   Al-Qur’an Terjemahan Kemenag RI
-   Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014
-   Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014
-   Buku Qawaidut-Tajwid
-   Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
-   Media cetak dan elektronik yang sesuai materi
-   Lingkungan sekitar yang mendukung


1.4  Menyadari bahwa silaturrahim adalah perbuatan yang dicintai Allah Swt.
1.4.1 Menerima bahwa silaturrahim adalah perbuatan yang dicintai Allah Swt.
Penyadaran bahwa silaturrahim adalah perbuatan yang dicintai Allah Swt.
Menanamkan kesadaran bahwa silaturrahim adalah perbuatan yang dicintai Allah Swt.
-          Penilaian Diri
-          Penilaian Teman
-          Observasi
-          Jurnal/Catatan
-
-
2.4  Membiasakan perilaku gemar bersilaturahim sebagai implementasi dari pemahaman hadis tentang silaturrahim 
2.4.1 Membiasakan perilaku gemar bersilaturahim sebagai implementasi dari pemahaman hadis tentang silaturrahim 
Pembiasaan perilaku gemar bersilaturahim sebagai implementasi dari pemahaman hadis tentang silaturrahim 
Membimbing pembiasaan perilaku gemar bersilaturahim sebagai implementasi dari pemahaman hadis tentang silaturrahim 
-          Penilaian Diri
-          Penilaian Teman
-          Observasi
-          Jurnal/Catatan
-
-
3.4              Memahami arti dan isi kandungan hadis tentang silaturrahim  riwayat Bukhari Muslim dari Anas
)من احبّ ان يبسط له فى رزقه(….

4.4     Menghafalkan hadis tentang silaturrahim  riwayat Bukhari Muslim dari Anas
)من احبّ ان يبسط له فى رزقه(….
3.4.1         Mengidentifikasi lafal hadis tentang silaturrahim
3.4.2         Menunjukkan arti mufradat hadis tentang silaturrahim
3.4.3         Menerjemahkan hadis tentang silaturrahim
3.4.4         Menjelaskan  isi kandungan hadis tentang silaturrahim 
3.4.5         Menjelaskan  hikmah silaturrahim 
4.4.1.      Menghafalkan hadis tentang silaturrahim  

Hadis tentang silaturrahim  

Mengamati
-   Mengamati gambar terkait isi kandungan hadis tentang silaturrahim  
-   Menyimak pelafalan hadis tentang silaturrahim  
-   Mencermati lafal, mufradat dan terjemah  hadis tentang silaturrahim  
  

Menanya   
-   Menanyakan gambar terkait isi kandungan hadis tentang silaturrahim  
-   Menanyakan cara membaca hadis tentang silaturrahim  
-   Menanyakan mufradat dan terjemah  hadis tentang silaturrahim  
-   Mengajukan pertanyaan terkait isi kandungan hadis tentang silaturrahim

Mengekplorasi
-   Menerjemahkan hadis tentang silaturrahim  
-   Membaca dan menghafalkan lafal dan terjemah  hadis tentang silaturrahim  
-   Mendiskusikan tentang isi kandungan hadis tentang silaturrahim  

Mengasosiasi
-    Menulis hadis tentang silaturrahim  
-    Mengidentifikasi arti dan isi kandungan hadis tentang silaturrahim  
-    Membuat kesimpulan isi kandungan hadis tentang silaturrahim  

Mengkomunikasikan
-    Mendemonstrasikan bacaan, hafalan dan terjemah hadis tentang silaturrahim  
-    Mempresentasikan hasil diskusi tentang isi kandungan hadis tentang silaturrahim  
-    Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, dan menyanggah).
-    Membuat  resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
Tugas
-       Menulis hadis tentang silaturrahim  
-       Menghafal hadis tentang silaturrahim dan terjemahnya
-       Menulis cerita pengalaman dalam bersilaturrahim

Observasi
-       Mengamati pelaksanaan hafalan dengan menggunakan lembar observasi
-       Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran

Kinerja
-       Mendemonstrasikan bacaan hadis tentang silaturrahim  
-       Mendemonstrasikan hafalan lafal dan terjemah hadis tentang silaturrahim
-       Menceritakan pengalaman dalam bersilaturrahim
-       Menjelaskan isi kandungan hadis tentang silaturrahim  

Portofolio
-       Membuat paparan kesimpulan isi kandungan hadis tentang silaturrahim
-       Membuat kaligrafi hadis tentang silaturrahim
-       Membuat laporan silaturrahim/kunjungan ke rumah teman secara bergantian ketika mengerjakan tugas kelompok

Tes tulis
-       Menulis hadis tentang silaturrahim
-       Menjawab soal-soal terkait hadis tentang silaturrahim  
Tes lisan
-       Membaca, menghafal dan menunjukkan arti hadis tentang silaturrahim.  
3 TM
(6 x 35)
-   Al-Qur’an dan Terjemahan Kemenag RI
-   Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014
-   Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI, 2014
-   Buku Penunjang lainnya  yang sesuai
-   Media cetak dan elektronik yang sesuai materi
-   Lingkungan sekitar yang mendukung




Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.

Ikuti Berbagi Aksara di Youtube

Followers