Berbagi itu Indah, Walau Dikau Tak Menghargainya.......

Saturday 4 April 2020

TATA CARA SHALAT SUNAH TASBIH


Shalat sunah tasbih adalah shalat yang sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah Saw kepada mamaknya Sayyidina Abbas Ibn Abdul Muthalib. Shalat ini disebut shalat tasbih karena didalamnya ada dibacakan tasbih dalam 4 rakaat berjumlah 300 tasbih.
Shalat tasbih adalah shalat sunah yang dianjurkan untuk mengamalkannya, kalau bisa tiap-tiap malam (ini yang paling baik), kalau tidak sanggup tiap malam, maka sekali seminggu. Kalau tidak sanggup sekali seminggu, maka dikerjakan sebulan sekali. Kalau tak mampu sebulan sekali maka dikerjakan setahun, dan kalau setahun sekali juga tidak mampu, maka setidak-tidaknya sekali seumur hidup.

Shalat Sunah tasbih apabila dikerjakan pada siang hari, maka hendaklah dikerjakan 4 rakaat dengan satu salam. Tetapi apabila dikerjakan pada malam hari, maka hendaklah 4 rakaat dijadikan dua salam ( 2 rakaat sekali salam).

Tata Cara Mengerjakan Shalat Sunah Tasbih

1.  Berdiri menghadap kiblat, kemudian takbir disertai dengan Niat.

Lafal niat Shalat sunah tasbih:

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالٰى. اللّٰهُ أَكْبَرُ

Ushalli sunnatat-tasbiihi rak’ataini lillaahi ta’aalaa. Allaahu akbar

Aku berniat shalat sunah tasbih dua rakaat, karena Allah Ta’ala."

2.  Kemudian membaca doa iftitah, membaca surah Al-Fatihah, dan membaca surah. Kemudian sebelum rukuk membaca tasbih sebanyak 15 kali, yaitu:

سُبْحَانَ اللّٰهِ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ وَلَآ اِلٰهَ إِلَّا اللّٰهُ وَاللّٰهُ أَكْبَرُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللّٰهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Subhaanallaahi walhamdulillaahi wa laa ilaaha illallaahu wallaahu akbaru wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil-‘aliyyil-‘azhiimi.

3.  Kemudian ruku’, lalu membaca tasbih rukuk, dan setelah membaca tasbih rukuk membaca juga tasbih seperti yang pertama (tasbih yang setelah bacaan surah) sebanyak 10 kali.

4.  Kemudian I’tidal. Setelah selesai membaca tahmid I’tidal, kemudian membaca tasbih sebanyak 10 kali.

5.  Kemudian sujud, lalu membaca tasbih sujud, kemudian membaca tasbih seperti yang tersebut terdahulu sebanyak 10 kali.

6.  Kemudian duduk antara dua sujud, lalu membaca doa duduk antara dua sujud, kemudian membaca tasbih seperti yang tersebut di atas sebanyak 10 kali.

7.  Kemudian sujud yang kedua, lalu membaca tasbih sujud, kemudian membaca tasbih seperti yang tersebut terdahulu sebanyak 10 kali.

8.  Kemudian sebelum berdiri ke rakaat kedua (sebelum bangkit dari sujud), kita hendaknya duduk istirahah sambil membaca tasbih sebanyak 10 kali dalam duduk istirahah.

Demikian yang kita lakukan dirakaat yang pertama, dan apabila dihitung, jumlah tasbih yang dibaca pada rakaat yang pertama berjumlah 75 kali tasbih. Berarti 4 rakaat adalah. 4 X75 = 300 kali tasbih. 

NOTE: Dan pada rakaat kedua dan seterusnya begitu juga. pada duduk tahyat akhir sama seperti saat duduk istirahah, jadi setelah duduk tahyat akhir membaca tasbih 10 kali, kemudian membaca tasyahud akhir, lalu salam

Demikian penjelasan tentang shalat sunah tasbih, semoga bermanfaat. #ZBA 



<TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOG KAMI>


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.

Ikuti Berbagi Aksara di Youtube

Followers