Berbagi itu Indah, Walau Dikau Tak Menghargainya.......

Sunday, 3 November 2019

Resume Modul Pedagogi (Modul 2)


MODUL 2 KOMPETENSI GURU

Abad ke-21 adalah abad yang sangat berbeda dengan abad-abad sebelumnya. Perkembangan ilmu pengetahuan yang luar biasa disegala bidang.pada abad ini, terutama bidang Information and Communication Technology (ICT) yang serba canggih (sophisticated) membuat dunia ini semakin sempit, karena kecanggihan teknologi ICT ini beragam informasi dari berbagai sudut dunia mampu diakses dengan instant dan cepat oleh siapapun dan dari manapun, komunikasi antar personal dapat dilakukan dengan mudah, murah kapan saja dan di mana saja.
Perubahan-perubahan tersebut semakin terasa, termasuk didalamnya pada dunia pendidikan. Guru saat ini menghadapi tantangan yang jauh lebih besar dari era sebelumnya. Guru menghadapi klien yang jauh lebih beragam, materi pelajaran yang lebih kompleks dan sulit, standard proses pembelajaran dan juga tuntutan capaian kemampuan berfikir siswa yang lebih tinggi, untuk itu dibutuhkan guru yang mampu bersaing bukan lagi kepandaian tetapi kreativitas dan kecerdasan bertindak (hard skills- soft skills).

Menurut Susanto (2010), terdapat 7 tantangan guru di abad 21, yaitu :
·         Teaching in multicultural society, mengajar di masyarakat yang memiliki beragam budaya dengan kompetensi multi bahasa.
·         Teaching for the construction of meaning, mengajar untuk mengkonstruksi makna (konsep).
·          Teaching for active learning, mengajar untuk pembelajaran aktif.
·         Teaching and technology, mengajar dan teknologi.
·         Teaching with new view about abilities, mengajar dengan pandangan baru mengenai kemampuan.
·         Teaching and choice, mengajar dan pilihan.
·         Teaching and accountability, mengajar dan akuntabilitas.
Untuk memecahkan masalah tersebut di atas, guru dituntut mampu untuk membaca setiap tantangan yang ada pada masa kini. guru harus mampu untuk mencari sendiri pemecahan masalah yang timbul dari dampak kemajuan zaman karena tidak semua kemajuan zaman berdampak baik, dampak negatif juga harus diperhitungkan.
a. Kompetensi professional 
Kompetensi profesioanal sekurang-kurangnya meliputi :
  •  Menguasai subtansi bidang studi dan metodologi keilmuannya
  • Menguasai struktur dan materi kurikulum bidang studi 
  • Menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
  • Mengorganisasikan materi kurikulum bidang studi 
  • Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas
b. Kompetensi pedagogik    
Kompetensi pedagogik sekurang-kurangnya meliputi:
  •   Memahami karakteristik peserta didik dari aspek fisik, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
  •  Memahami latar belakang keluarga dan masyarakat peserta didik dan kebutuhan belajar dalam konteks kebhinekaan budaya
  • Memahami gaya belajar dan kesulitan belajar peserta didik 
  • Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik 
  • Menguasai teori dan prinsip belajar serta pembelajaranYang mendidik 
  • Mengembangkan kurikulum yang mendorong keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran 
  • Merancang pembelajaran yang mendidik 
  • Melaksanakan pembelajaran yang mendidik 
  • Mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran
c. Kompetensi kepribadian  
Kompetensi kepribadian sekurang-kurangnya meliputi:
  • Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa 
  • Menampilkan diri sebagai pribadi yang berakhlak mulia dan sebagai teladan bagi peserta didik dan masyarakat 
  • Memiliki sikap, perilaku, etika, tata cara berpakaian, dan bertutur bahasa yang baik 
  • Mengevaluasi kinerja sendiri 
  • Mengembangkan diri secara berkelanjutan

d. Kompetensi social
Kompetensi sosial sekurang-kurangnya meliputi: 
  • Berkomunikasi secara efektif dan empatik dengan peserta didik, orang tua peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan dan masyarakat 
  • Berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan di sekolah dan masyarakat 
  • Berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan di tingkat lokal, regional, nasional dan global 
  • Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri 
  • Memiliki sikap, perilaku, etika, tata cara berpakaian dan bertutur bahasa yang baik


 STRATEGI PENINGKATAN PROFESIONALISME BERKELANJUTAN
Guru secara yuridis diakui sebagai bagian dari tenaga kependidikan sebagai suatu profesi dengan keahlian khusus. Berbagai produk hukum dan kebijakan telah dikeluarkan pasca UUGD Nomor 14 tahun 2015 dalam rangkat meningkatkan kualitas guru. Profesi guru bukan sekedar agen kurikulum namun secara akademis ikut merancang konsep dan gagasan bagi upaya-upaya trasformasi dunia pendidikan dan masyarakat pada umumnya. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
Profesi guru di Indonesia memenuhi kriteria profesi pendidikan yang ditetapkan NEA. Profesi kependidikan menurut NEA menuntut syarat-syarat; 
(1) merupakan aktivitas intelektual, 
(2) menggeluti suatu batang tubuh ilmu khusus, 
(3) memerlukan proses pendidikan lama, 
(4) menjanjikan karir hidup dan keanggotaan permanen, 
(5) memerlukan latihan jabatan berkesinambungan, 
(6) karir hidup dan keanggotaan tetap, 
(7)menentukan standar baku sendiri, 
(8) mengutamakan layanan dibanding kepentingan pribadi, dan 
(9) memiliki organisasi profesi yang kuat.  
Pemerintah guna menjaga mutu guru telah mengeluarkan Permendiknas no 35 Tahun 2010 tentang Jabatan Guru dan Angka Kreditnya serta Permendiknas nomor 35 Tahun 2010 terkait aspek penilaian meliputi pelaksanaan proses pembelajaran, pembimbingan, dan pelaksanaan tugas tambahan lain yang relevan. Abad 21 menuntut perubahan peran guru lebih kepada kontekstualisasi informasi dan mengajarkan nilai nilai-nilai etika, budaya, kebijaksanaan, pengalaman, empati sosial, sikap-sikap, dan keterampilan esensial abad 21 yaitu kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis, dan kreativitas (4C).

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.

Ikuti Berbagi Aksara di Youtube

Followers