Berbagi itu Indah, Walau Dikau Tak Menghargainya.......

Tuesday 20 August 2019

TUGAS AKHIR MODUL 1


TUGAS AKHIR MODUL 1
Membuat Resume Materi

      a.  Apa yang dimaksud dengan pengertian Ulum al-Alquran?
      Ulum al-Quran dalam adalah ilmu yang mencakup berbagai kajian yang berkaitan dengan kajian-kajian Alquran seperti pembahasan Asbab al-Nuzul, pengumpulan Alquran dan penyusunannya, masalah makkiyah dan madaniyah, nasikh dan mansukh, muhkam dan mutasyabihat dan lain-lain sebagainya. Dengan kita mempelajari Ulum al-Quran kita dapat memahami dan mengenal Alquran secara utuh.


     b.    Sebutkan ruang lingkup dan pokok-pokok bahasan Ulum al-Alquran! 
      Ruang lingkup Ulum al-Quran dapat dibagi menjadi dua kajian:
            1)  Dirasah ma fil al-Quran. Ilmu-ilmu ini berkaitan dengan materi yang terdapat dalam Alquran seperti kajian tafsir Alquran. 
            2)   Dirasah ma haulal Alquran. Ilmu –ilmu ini berkaitan dengan Ilmu-ilmu terkait materi-materi di seputar/luar Alquran seperti seperti ilmu Asbab Al- Nuzul,  muhkamat  dan mutasyabihat,  Al-Qira’at  dan hukum-hukum membacanya.
       c.     Uraikan sejarah sejarah perkembangan Ulum Al-Qur’an! 
      Pada Abad Ke I dan ke II Hijriah, Rasulullah Saw., Abu Bakar al-Shiddiq ra., dan Umar ibn al-Khattab, ilmu ulum al- Alquran   belum   dibukuka. Pada Masa Khalifah Usman bin Affan mulai terjadi perbedaan bacaan di dalam tubuh umat Islam karena agama Islam telah menyebar sampai keluar tanah Arab. Khalifah Utsman bin ‘Affan mengambil kebijaksanaan sehingga penulisan ayat-ayat AlAlquran diseragamkan dan dinamakan Mushaf Usman. 
      Pada masa khalifah Ali bin Abi Talib makin banyak non Arab yang masuk Islam dan mereka tidak menguasai Bahasa Arab sehingga terjadilah salah baca karena ayat-ayat Al-Qur’an belum diberi harakat/baris, belum bertitik, dan belum ada tanda bacanya. Khalifah Ali bin Abi Thalib mengambil kebijaksaan pula dengan memerintahkan kepada salah seorang ilmuannya Abu al-Aswad al-Duali (w. 691 H) agar menyusun kaidah-kaidah Bahasa Arab yang tersusun di dalam bahasa Alquran. 
      Pada abad ke III dan ke IV Hijriyah sampai X penulisan Al-Qur’an terus berkembangan. Pada abad ini masa-masa produktif penulisan Ulum al-Quran. Abad ke XIV Hijriyah. Pada abad ini penulisan Ulum Al-Quran  dengan  berbagai  macam  ilmunya  mulai  berkembang kembali.

      d.    Apa pengertian Al-Qur’an! 
      Secara etimologi Alquran berasal  dari kata qora’a, yaqra’u, qira’atan atau qur’anan yang artinya mengumpulkan (al-jam’u)  dan  menghimpun  (al-dhammu)  huruf-huruf  serta kata-kata dari satu bagian ke bagian yang lain secara teratur. Secara Istilah, Al-Quran adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. melalui perantara malaikat Jibril dan diperuntukkan untuk umat Islam yang dijadikan sebagai pedoman hidup.

      e.    Sebutkan nama-nama Al-Qur’an! 
      Allah memberikan Al-qur'an beberapa nama seperti Al-Qur’an, Al-Kitab, Al-Furqan, Al-Dzikr, dan Tanzil.

      f.     Apa yang dimaksud dengan Pengertian Wahyu, macam-macam wahyu, dan perbedaan wahyu 
      Kata wahyu berasal dari bahasa Arab yang berarti tersembunyi dan cepat. Oleh sebab itu, wahyu adalah pemberitahuan secara tersembunyi dan cepat yang khusus diberikan kepada orang yang diberitahu tanpa diketahui orang lain.
 Macam-macam wahyu yang diterima Nabi Muhammad Saw:
1)      Mimpi yang benar. Inilah cara wahyu pertama yang diterima Rasulullah Saw. Wahyu dalam bentuk mimpi yang benar ini ternyata tidak hanya terjadi pada masa-masa awal kenabian Muhammad Saw., akan tetapi juga setelah beliau lama menjadi Nabi Saw.
2)      Jibril menghembuskan wahyu ke dalam jiwa Nabi Muhammad Saw., sedangkan Nabi sendiri tidak melihat malaikat jibril.
3)      Wahyu itu datang kepada Nabi Muhammad Saw bagaikan gemerincingnya   suara lonceng dengan amat kerasnya.
4)      Malaikat jibril menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad Saw dengan menjelma sebagai manusia.
Perbedaan antara wahyu, ilham, dan ta’lim adalah, Wahyu adalah sebuah isyarat yang cepat atau pemberitahuan secara sembunyi-sembunyi dan cepat yang khusus ditunjukan kepada orang-orang yang menerimanya dan tanpa diketahui orang lain. Ilham adalah penyampaian suatu makna, fikiran atau hakikat di dalam jiwa atau hati yang meminta supaya dikerjakan oleh orang yang  menerimanya.  Ta’lim  adalah  memberikan  pelajaran  dan harus bersandarkan pengetahuan melalui proses pembelajaran.

TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOG KAMI!
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.

Ikuti Berbagi Aksara di Youtube

Followers