Berbagi itu Indah, Walau Dikau Tak Menghargainya.......

Monday 23 March 2020

Belajar Tentang Drama: Pengertian, Struktur dan Unsur-Unsur Drama


Pengertian Drama

Drama adalah sebuah jenis karya sastra yang menjelaskan kehidupan manusia dengan gerak. Drama menggambarkan realita kehidupan, watak, serta tingkah laku manusia melalui peran dan dialog yang ditampilkan. 

 Struktur Drama
Struktur drama terbagi 3 (Tiga):


  1. Prolog (adegan pembukaan). 
  2. Dialog (percakapan).
  3. Epilog (adegan akhir atau penutup).
Unsur-Unsur Drama
  • Tema, adalah gagasan utama atau ide pokok sebuah cerita drama
  •  Alur, adalah jalan cerita dari sebuah pertunjukan drama mulai babak awal sampai akhir cerita. Alur drama mencakup bagian-bagian pengenalan cerita, konflik awal, perkembangan konflik, penyelesaian.
  • Penokohan (tokoh drama), adalah cara pengarang menggambarkan karakter tokoh. Dalam sebuah pementasan drama, tokohlah yang mengambarkan secara langsung naskah drama. Tokoh drama terdiri dari tokoh utama dan tokoh pembantu. Tokoh utama adalah tokoh yang menjadi sentral cerita dalam pementasan drama, dan sering disebut dengan primadona. Sedangkan tokoh pembantu merupakan tokoh yang dilibatkan atau dimunculkan untuk mendukung jalan cerita, sering disebut figuran.
  • Dialog, adalah serangkaian percakapan dalam cerita. Dialog terdiri satu tokoh dengan tokoh yang lain, bisa juga berupa dialog sendiri atau disebut sebagai monolog.

         Dalam sebuah dialog terdapat tiga elemen yaitu:
ü Tokoh yaitu pelaku yang mempunyai peran lebih dibandingkan pelaku-pelaku lain, sifatnya bisa protagonis dan antagonis.
ü Wawancang  adalah dialog atau percakapan yang harus diucapkan oleh tokoh cerita.  
ü Kramagung adalah petunjuk perilaku, tindakan atau perbuatan yang harus dilakukan oleh tokoh.
  • Latar atau setting, adalah gambaran lokasi drama/tempat, waktu dan situasi peristiwa dalam cerita drama tersebut. Penjelasan latar dalam drama dinyatakan dalam petunjuk pementasan. Bagian itu disebut dengan kramagung.
  • Bahasa, merupakan media komunikasi antar tokoh. Bahasa juga bisa menggambarkan watak tokoh, latar, ataupun peristiwa yang sedang terjadi.]
  •  Amanat, adalah pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada penonton. Amanat drama atau pesan disampaikan melalui peran para tokoh dalam cerita drama.


TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOG KAMI!


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.

Ikuti Berbagi Aksara di Youtube

Followers