Berbagi itu Indah, Walau Dikau Tak Menghargainya.......

Thursday 19 March 2020

Shalat Tarawih



Shalat Sunnah tarawih adalah shalat sunnah yang sangat dianjurkan yaitu sunnah muakkad. Shalat tarawih hanya dikhususkan dikerjakan pada malam-malam di bulan Ramadhan, tidak dibulan lain selain Ramadhan. Apabila kita hendak mengerjakannya, boleh dikerjakan secara munfarid (sendiri) ataupun  boleh dikerjakan secara berjamaah 9ramai-ramai). 

Dinamakan Tarawih karena saat pelaksanaannya banyak istirahat. Dan memang didalamnya banyak dilakukan istirahat yang diselingi dengan shalawat-shalawat kepada Baginda Rasulullah SAW.

Waktu Pelaksanaan Shalat Sunnah Tarawih

Waktu Pelaksanaan Shalat Tarawih dilakukan sesudah shalat ‘isya sampai waktu fajar. Menurut mazhab Imam Syafii, dan bahkan oleh tiga mazhab ahlussunnah lainnya ( Imam Maliki, Imam Hambali, dan Imam Hanafi), bahwa bilangan rakaat shalat sunnah tarawih adalah 20 rakaat, dan ini sesuai dengan ijma’ shahabat Rasulullah SAW yang wajib kita ikuti.


Cara Mengerjakannya
Setiap 2 (dua) rakaat diakhiri dengan salam. Berarti 20 rakaat dengan 10 kali salam. Setelah selesai shalat sunnah tarawih (selesai 20 rakaat), hendaklah ditutup dengan mengerjakan shalat sunnah witir. Sekurang-kurangnya shalat sunnah witir adalah satu rakaat, tapi kebanyakan orang (mayoritas) mengerjakannyadengan 3 rakaatdengan dua salah (2 rakaat diakhiri salam, dan dilanjutkan satu rakaat lagi dan diakhiri salam).


Lafaz Niat Shala Tarawih: 

أُصَلِّ سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْـنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ (اِمَامًا / مَأْمُوْمًا ) لِلّهِ تَعَالَى

(Ushalli Sunnatat taraawiihi rak’ataini mustaqbilal qiblati (imaaman/makmuuman) lillaahi ta’aala)

“Sengaja Aku Shalat Sunnah Tarawih dua rakaat menghadap kiblat (imam/makmum) karena Allah Ta’alaa”.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.

Ikuti Berbagi Aksara di Youtube

Followers