Berbagi itu Indah, Walau Dikau Tak Menghargainya.......

Monday 23 March 2020

MENGENAL SEJARAH WALISONGO



Ada 4 pendapat tentang arti walisongo, yaitu:
  1. Walisongo adalah wali yang Sembilan, yang menandakan jumlah wali yang ada Sembilan, atau sanga dalam bahasa jawa. 
  2. Menyebutkan bahwa kata songo/sanga berasal dari kata “tsana” yang dalam bahasa Arab berarti mulia. 
  3. Menyebutkkan kata “sana” berasal dari bahasa Jawa yang berarti tempat. 
  4. Mengatakan bahwa Walisongo adalah sebuah majelis dakwah di Nusantara (yang meliputi Indonesia, Melayu/Malaysia, dan sekitarnya) yang pertama kali didirikan oleh Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) pada tahun 1404 Masehi/ 808 Hijriah.
Berikut Nama-Nama Walisongo adalah:
  1. Sunan Gresik ( Maulana Malik Ibrahin). Beliau adalah wali pertama yang datang ke Jawa Timur pada abad ke-13 dan menyiarkan Islam di sekitar Gresik, lalu dimakamkan di Gesik, Jawa Timur. Sunan Gresik wafat pada tahun 1419 M / 882 H. Beliau dimakamkan di Gapura Wetan Gresik. 
  2.  Sunan Ampel (Raden Rahmat) menyiarkan Islam di Ampel Surabaya, Jawa Timur. Beliau adalah perancang Masjid di Demak. Sunan Ampel wafat pada tahun 1481 M. beliau dimakamkan di Ampel Denta dekat Masjid Sunan Ampel Surabaya. 
  3.  Sunan Drajat ( Syarifuddin) anak dari Sunan Ampel. Beliau menyiarkan agama Islam di sekitar Surabaya. Beliau adalah seorang yang berjiwa sosial.  Beliau wafat pada tahun 1522 M. dan dimakamkan di daerah Drajat Lamongan Jawa. 
  4.  Sunan Bonang (Makdum Ibrahim) anak/putra dari Sunan Ampel. Beliau menyiarkan agama Islam di Tuban, Lasem, dan Rembang.  Beliau diperkirakan wafat pada tahun 1525 M, dan dimakamkan di komplek Masjid Agung Tuban Jawa Timur. 
  5. Sunan Kalijaga (Raden Mas Said alias Jaka Said). Murid dari Sunan Bonang yang menyiarkan Islam di Jawa Tengah.  Pada saat wafat, Beliau dimakamkan di desa Kadilangu dekat kota Demak (Bintara). 
  6.  Sunan Giri (Raden Paku). Beliau menyiarkan Islam di luar Jawa, yaitu Madura, Bawean, Nusa Tenggara, Maluku.  Sunang Giri wafat pada tahun 1506 M, dan dimakamkan di desa Giri Kabupaten Gresik, Jawa Timur. 
  7.  Sunan Kudus (Ja’far Shodiq). Beliau menyiarkan Islam di Kudus, Jawa Tengah.  Sunan Kudus wafat pada tahun 1550 M. 
  8. Sunan Muria (Raden Umar Said). Beliau menyiarkan Islam di lereng Gunung Muria, Jawa Tengah. Beliau dimakamkan di Gunung Muria, sebelah utara kota Kudus Jawa Tengah. 
  9. Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah). Beliau menyiarkan Islam di Banten, Sunda Kelapa, dan Cirebon. Beliau wafat pada tahun 1568 Masehi / 891 Hijriah, dan dimakamkan di Bukit Gunung Jati. 

TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOG KAMI! 
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.

Ikuti Berbagi Aksara di Youtube

Followers