RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTsN .......
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Materi
Pokok : الألوان (مهارة القراءة)
Alokasi Waktu : ......
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
|
||
1.1
|
Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah
Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
|
1.1.1
|
Meyakini pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah
Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
|
1.2
|
Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah
Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab
|
1.2.1
|
Memprakarsai motivasi internal sebagai anugerah Allah
untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab
|
1.3
|
Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk
mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan
pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
1.3.1
|
Menunjukkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa
Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji
khazanah keislaman
|
2.1
|
Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi
dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
|
2.1.1
|
Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi
dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
|
2.2
|
Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk
pengembangan kemampuan berbahasa
|
2.2.1
|
Memiliki perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk
pengembangan kemampuan berbahasa
|
2.3
|
Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa
Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji
khasanah keislaman
|
2.3.1
|
Memiliki sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab
sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khasanah
keislaman
|
3.1
|
Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan: الألوان baik secara
lisan maupun tertulis
|
3.1.1
|
Menemukenali bunyi kata bahasa Arab yang diperdengarkan
guru terkait tema: الألوان
|
3.1.2
|
Menemukenali bunyi frase
bahasa Arab yang diperdengarkan guru terkait tema: الألوان
|
||
3.1.3
|
Menemukenali bunyi kalimat
bahasa Arab yang diperdengarkan guru terkait tema: الألوان
|
||
3.2
|
Memahami lafal bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab
yang berkaitan dengan: الألوان
|
3.2.1
|
Mengidentifikasi bunyi kata bahasa Arab yang diperdengarkan guru terkait tema: الألوان
|
3.2.2
|
Mengidentifikasi makna kata bahasa Arab yang diperdengarkan guru terkait tema: الألوان
|
||
3.2.3
|
Mengidentifikasi bunyi frase bahasa Arab yang diperdengarkan guru terkait tema: الألوان
|
||
3.2.4
|
Mengidentifikasi makna frase bahasa Arab yang diperdengarkan guru terkait tema: الألوان
|
||
3.2.5
|
Mengidentifikasi bunyi kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan guru terkait tema: الألوان
|
||
3.2.6
|
Mengidentifikasi makna kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan guru terkait tema: الألوان
|
||
3.2.7
|
Menjodohkan warna dengan kata bahasa Arab yang sesuai terkait
tema: الألوان
|
||
3.2.8
|
Menunjukkan kata bahasa Arab yang sesuai dengan gambar terkait
tema: الألوان
|
||
3.3
|
Menemukan
makna atau gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan
dengan: الألوان
|
3.3.1
|
Membaca teks bacaan bahasa Arab terkait tema: الألوان dengan intonasi dan makhraj yang benar
|
3.3.2
|
Mengartikan teks bacaan bahasa Arab yang berkaitan dengan: الألوان
|
||
3.3.3
|
Memilih jawaban yang sesuai dengan teks bacaan bahasa Arab yang berkaitan
dengan: الألوان
|
||
4.1
|
Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik الألوانdengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
4.1.1
|
Menirukan
ungkapan sederhana terkait topik الألوان dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
4.1.2
|
Mengulangi
ungkapan sederhana terkait topik الألوان dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
||
4.2
|
Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan dan menanyakan
serta merespon tentang: الألوان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
4.2.1
|
Mempraktekkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan tentang:
الألوان dengan memperhatikan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.2.2
|
Mempraktekkan contoh ungkapan sederhana untuk menanyakan tentang:
الألوان dengan memperhatikan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
||
4.2.3
|
Mempraktekkan contoh ungkapan sederhana untuk merespon tentang: الألوان dengan memperhatikan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
||
4.3
|
Mempresentasikan
berbagai informasi lisan sederhana tentang: الألوان
|
4.3.1
|
Menceritakan kembali isi dari teks bacaan bahasa Arab yang berkaitan dengan: الألوان
|
4.4
|
Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang: الألوان dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat
|
4.4.1
|
Menulis
kalimat sempurna yang berkaitan dengan tema
الألوان dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat
|
4.5
|
Menyusun teks sederhana
الألوان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar sesuai konteks tarkib: مذكر ومؤنث tentang topik : الألوان
|
4.5.1
|
Menulis
karangan sederhana tentang topik الألوان dengan memperhatikan struktur tarkib: مذكر ومؤنث secara tepat dan benar
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning, Student Team Achievement Divisions
(STAD), Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC), dan Problem
Based Learning (PBL) yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca)
permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan
kelas, peserta didik diharapkan mampu menyelesaikan masalah
kontekstual, selama dan setelah mengikuti proses
pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Pertemuan
Pertama
................ (di isi sendiri sesuai dengan indikator)
Pertemuan Kedua
...............
Pertemuan
Ketiga
..........................
E.
Pendekatan/Model/Metode
Pembelajaran
Ø
Pendekatan : Saintifik
Ø
Model : Student Team Achievement
Divisions (STAD), Problem Based Learning (PBL)
Ø
Metode : ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi)
Diskusi Kelompok
Ceramah
Qawa’id wa Tarjamah
Tanya Jawab
Penugasan
F.
Media/Alat
dan Bahan Pembelajaran
Ø Media
Slide Power
Point / Karton dan Gambar
Gambar
Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD)
Guru
Siswa
Ø Alat
LCD Projector
Laptop
Papan Tulis
Spidol
G.
Sumber
Belajar
Ø Imam
Zarkasyi. 2016. Buku Tamrin al Lughah al Juz’u al Tsani. Gontor: Trimurti Press.
Ø Ali
Al-Jarimi dan Musthafa Amin. 1999. Buku An Nahwu Al Wadhih. Kairo: Darul Ma’arif.
Ø Mahmud
Yunus. 2017. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta:
Mahmud Yunus Wa Dzurriyah.
Ø .................
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi (Menunjukkan sikap disiplin sebelum
memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianut (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai (Literasi).
v
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran.
v
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
v Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin.
|
10
menit
|
||||||||||||
Apersepsi
v
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik pada materi/tema/kegiatan sebelumnya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
|||||||||||||
Motivasi
v
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung.
v
Mengajukan pertanyaan.
|
|||||||||||||
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Pembagian kelompok
belajar.
v
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
|||||||||||||
Kegiatan Inti
|
60
menit
|
||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
v
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran.
Guru :
v
Memfasilitasi peserta didik dalam membuat
kesimpulan Berkomunikasi dan bekerjasama (4C) dalam merumuskan kesimpulan
(Literasi), serta saling melengkapi untuk memperoleh konsep yang tepat) dalam
permasalahan kontekstual dari pembelajaran yang dilakukan melalui reviu
indikator yang hendak dicapai pada hari itu.
v
Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
v
Guru bertanya tentang proses pembelajaran yang sudah
berlangsung dengan meminta kesan dari
peserta didik.
v
Guru memberikan pesan moral kepada peserta didik
terkait dengan الألوان.
v
Guru mengevaluasi pembelajaran yang sudah
berlangsung.
v Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
v Memberi salam.
|
10
menit
|
I.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian.
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik
|
Waktu
|
1
|
KI. 1
|
Non Test (pengamatan / observasi)
|
PBM
|
2
|
KI. 2
|
Non Test (pengamatan / observasi)
|
PBM
|
3
|
KI. 3
|
Test
|
PBM
|
4
|
KI. 4
|
Unjuk kerja
|
PBM
|
b. Bentuk dan Instrumen
Penilaian, serta Pedoman Penilaian.
1) KI. 1.
PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk :
Lembaran ini
diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek
(v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik,
dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan Sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
3
|
Memberi salam sebelum dan
sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
||||
4
|
Mengungkapakan kekaguman secara lisan
maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
||||
5
|
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat
mempelajari ilmu pengetahuan
|
||||
Jumlah Skor
|
2)
KI. 2
Lembar Penilaian Antar peserta didik
Sikap Disiplin
(PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)
Petunjuk :
Berilah tanda
cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggungjawab yang ditampilkan oleh
pesertadidik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan Sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
Nama Peserta
Didik yang dinilai : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal
Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
||||
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
||||
3
|
Memakai seragam sesuai tata tertib
|
||||
4
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
||||
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
||||
6
|
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran
|
||||
JumlahSkor
|
Petunjuk
Penskoran KI. 1 dan KI. 2:
Skor akhir
menggunakan skala 1 sampai 4
Contoh :
Skor diperoleh (SD) = ...., skor maksimal (SM) = 4 x 6
pernyataan = 24, maka skor akhir :
X 4 = Skor Akhir
|
SM
Peserta didik memperoleh nilai:
Sangat Baik : apabila memperoleh skor : 3.33
<skor< 4.00
Baik : apabila memperoleh skor : 2.33
<skor< 3.33
Cukup : apabila memperoleh skor : 1.33
<skor< 2.33
3)
KI. 3
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
Ø Melengkapi kalimat bahasa Arab dengan pilihan kata
yang benar
1. أَنَا
طَالِب
فِي الْفَصْل (الأوَّل – الثاني – الثالث)
2. فَصْلِيْ (واسع – مُنَظَّم –
كبير)
3. فَصْلِيْ (أَمَامَ - جَانِبَ – وَرَاءَ) مَكْتَبَةِ الْمَدْرَسَة
4. (الكرسي – المكتب – الصُوْرَة) عَلَى
الحَائِط
5. لَوْنُ الحَائِط (أَصْفَر – أَبْيَض – أَسْوَد)
KUNCI JAWABAN
SOAL (B) DAN PEDOMAN
PENSKORAN
Alternatif jawaban
|
Penyelesaian
|
Skor
|
1
|
أَنَا
طَالِب
فِي الْفَصْل الأوَّل
|
1
|
2
|
فَصْلِيْ مُنَظَّم
|
1
|
3
|
فَصْلِيْ جَانِبَ مَكْتَبَةِ
الْمَدْرَسَة
|
1
|
4
|
الصُوْرَة عَلَى الحَائِط
|
1
|
5
|
لَوْنُ الحَائِط أَصْفَر
|
1
|
Jumlah
|
5
|
4)
KI. 4
-
Proses diskusi kelompok dan
penyampaian pesan hasil diskusi.
NO
|
NAMA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
1 s/d 25
|
||
1 s/d 25
|
||||||
1 s/d 25
|
||||||
1 s/d 25
|
Keterangan :
1.
Partisipasi bahan
2.
Keaktifan mengikuti kegiatan
3.
Keaktifan (saran, usul, bertanya)
4.
Keaktifan mendemonstrasikan /
menyampaikan hasil
Skor Akhir = SD X 100
SM
J.
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Peserta didik yang
belum menguasai materi (belum mencapai ketuntasan belajar) akan dijelaskan
kembali oleh guru. Guru melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis
atau memberikan tugas individu terkait dengan topik yang telah dibahas.
Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contoh:
pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30
menit setelah jam pelajaran selesai).
b. Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik yang sudah menguasai
materi sebelum waktu yang telah
ditentukan, diminta untuk soal-soal pengayaan berupa pertanyaan-pertanyaan yang
lebih inovatif atau aktivitas lain yang relevan dengan topik
pembelajaran. Dalam kegiatan ini, guru dapat mencatat dan memberikan tambahan
nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.
................ , .......................
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru Mapel Bahasa Arab
_______________ ____________
NIP. NIP.
0 komentar:
Post a Comment