Berbagi itu Indah, Walau Dikau Tak Menghargainya.......

Wednesday 11 December 2019

RPP BAHASA ARAB TERBARU


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                      (RPP)                                                                     

Sekolah                                    : MTsN .......
Mata Pelajaran                        : Bahasa Arab
Kelas/Semester                        : VII/Ganjil
Materi Pokok                          : الألوان (مهارة القراءة)
Alokasi Waktu                         : ......

A.    Kompetensi Inti

1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami dan  menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.


B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1




Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
1.1.1




Meyakini pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah

1.2
Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab
1.2.1
Memprakarsai motivasi internal          sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab
1.3
Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
1.3.1
Menunjukkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
2.1



Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.1.1



Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.2


Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
2.2.1
Memiliki perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khasanah keislaman
2.3.1
Memiliki sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khasanah keislaman
3.1
Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: الألوان  baik secara lisan maupun tertulis
3.1.1

Menemukenali bunyi kata bahasa Arab yang diperdengarkan guru terkait tema:  الألوان
3.1.2

Menemukenali bunyi frase bahasa Arab yang diperdengarkan guru terkait tema:  الألوان
3.1.3

Menemukenali bunyi kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan guru terkait tema:  الألوان
3.2
Memahami lafal bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: الألوان

3.2.1
Mengidentifikasi bunyi kata bahasa Arab yang diperdengarkan guru terkait tema:  الألوان
3.2.2
Mengidentifikasi makna kata bahasa Arab yang diperdengarkan guru terkait tema:  الألوان
3.2.3
Mengidentifikasi bunyi frase bahasa Arab yang diperdengarkan guru terkait tema:  الألوان
3.2.4
Mengidentifikasi makna frase bahasa Arab yang diperdengarkan guru terkait tema:  الألوان
3.2.5
Mengidentifikasi bunyi kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan guru terkait tema:  الألوان
3.2.6
Mengidentifikasi makna kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan guru terkait tema:  الألوان
3.2.7
Menjodohkan warna dengan kata bahasa Arab yang sesuai terkait tema:  الألوان
3.2.8
Menunjukkan kata bahasa Arab yang sesuai dengan gambar terkait tema: الألوان
3.3
Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: الألوان
3.3.1
Membaca teks bacaan bahasa Arab terkait tema: الألوان dengan intonasi dan makhraj yang benar
3.3.2
Mengartikan teks bacaan bahasa Arab yang berkaitan dengan: الألوان
3.3.3
Memilih jawaban yang sesuai dengan  teks bacaan bahasa Arab yang berkaitan dengan: الألوان
4.1
Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik  الألوانdengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.1.1

Menirukan ungkapan sederhana terkait topik الألوان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.1.2
Mengulangi ungkapan sederhana terkait topik الألوان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2
Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan dan menanyakan serta merespon tentang: الألوان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2.1


Mempraktekkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan tentang: الألوان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2.2
Mempraktekkan contoh ungkapan sederhana untuk menanyakan tentang: الألوان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2.3
Mempraktekkan contoh ungkapan sederhana untuk merespon tentang: الألوان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3
Mempresentasikan berbagai informasi lisan sederhana tentang: الألوان
4.3.1
Menceritakan kembali isi dari teks bacaan bahasa Arab yang berkaitan dengan: الألوان
4.4
Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang: الألوان dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat
4.4.1
Menulis kalimat sempurna yang berkaitan dengan tema  الألوان dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat

4.5
Menyusun teks sederhana     الألوان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks tarkib: مذكر ومؤنث tentang topik : الألوان
4.5.1
Menulis karangan sederhana tentang topik الألوان dengan memperhatikan struktur tarkib: مذكر ومؤنث secara tepat dan benar


C.    Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning, Student Team Achievement Divisions (STAD), Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC), dan Problem Based Learning (PBL) yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, peserta didik diharapkan mampu menyelesaikan masalah kontekstual, selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Pertemuan Pertama
................ (di isi sendiri sesuai dengan indikator)
Pertemuan Kedua
...............
Pertemuan Ketiga
    ..........................

E.     Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
Ø  Pendekatan    : Saintifik
Ø  Model              : Student Team Achievement Divisions (STAD), Problem Based Learning (PBL)
Ø  Metode            : ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi)
                                      Diskusi Kelompok
                                      Ceramah
                                      Qawa’id wa Tarjamah
                                      Tanya Jawab
                                      Penugasan
F.     Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
Ø  Media
Slide Power Point / Karton dan Gambar
Gambar
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Guru
Siswa
Ø  Alat
LCD Projector
Laptop
Papan Tulis
Spidol

G.    Sumber Belajar
Ø  Imam Zarkasyi. 2016. Buku Tamrin al Lughah al Juz’u al Tsani. Gontor: Trimurti Press.
Ø  Ali Al-Jarimi dan Musthafa Amin. 1999. Buku An Nahwu Al Wadhih. Kairo: Darul Ma’arif.
Ø  Mahmud Yunus. 2017. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Mahmud Yunus Wa Dzurriyah.
Ø  .................


H.    Langkah-langkah Pembelajaran
3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi (Menunjukkan sikap disiplin sebelum memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai (Literasi).
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran.
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
10
menit
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik pada materi/tema/kegiatan sebelumnya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung.
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Pembagian kelompok belajar.
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti
Tahapan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Mengamati
Ø Peserta didik mengamati teks bacaan bahasa Arab tentang الألوان yang dibagikan guru.
Ø Peserta didik mengamati kosa kata–kosa kata baru dari teks bacaan bahasa Arab terkait tema  الألوان.
Menanya

Ø Peserta didik saling bertanya tentang kosa kata-kosa kata baru yang tidak dipahami dari teks bacaan bahasa Arab terkait tema  الألوان.
Ø Peserta didik mencatat pertanyaan yang ditanyakan oleh peserta didik yang lain.

Mengeksplorasi
Ø Peserta didik bersama–sama mencari arti mufradat  yang tidak dipahami di kamus.
Ø Peserta didik bersama–sama menyimpulkan isi dari teks bacaan bahasa Arab terkait tema: الألوان.
Mengasosiasi
Ø Peserta didik membaca teks bacaan bahasa Arab terkait tema: الألوان dengan intonasi dan makhraj yang benar.
Ø Peserta didik mengartikan teks bacaan terkait tema: الألوان dengan baik dan benar.
Ø Peserta didik menuliskan kesimpulan dari teks bacaan bahasa Arab terkait tema: الألوان.
Mengkomunikasikan
Ø Peserta didik secara bergantian mewakili tiap-tiap kelompok mempresentasikan kesimpulan dari teks bacaan terkait tema: الألوان.
Ø Peserta didik menanggapi penampilan peserta didik lain.
Ø Guru memberikan penguatan, perbaikan, dan penilaian  terhadap penampilan peserta didik.
60
menit


Kegiatan Penutup
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran.
Guru :
v Memfasilitasi peserta didik dalam membuat kesimpulan Berkomunikasi dan bekerjasama (4C) dalam merumuskan kesimpulan (Literasi), serta saling melengkapi untuk memperoleh konsep yang tepat) dalam permasalahan kontekstual dari pembelajaran yang dilakukan melalui reviu indikator yang hendak dicapai pada hari itu.
v Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
v Guru bertanya tentang proses pembelajaran yang sudah berlangsung dengan meminta kesan  dari peserta didik.
v Guru memberikan pesan moral kepada peserta didik terkait dengan الألوان.
v Guru mengevaluasi pembelajaran yang sudah berlangsung.
v Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
v Memberi salam.
10
menit

I.       Penilaian Proses dan Hasil Belajar
    a.      Teknik Penilaian.
NO
Aspek yang dinilai
Teknik
Waktu
1
KI. 1
Non Test (pengamatan / observasi)
PBM
2
KI. 2
Non Test (pengamatan / observasi)
PBM
3
KI. 3
Test
PBM
4
KI. 4
Unjuk kerja
PBM


     b.      Bentuk dan Instrumen Penilaian, serta Pedoman Penilaian.
1)      KI. 1.

PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
        4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
        3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak                     melakukan
        2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan Sering tidak                      melakukan
        1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik           : ………………….
Kelas                                   : ………………….
Tanggal Pengamatan          : …………………..
Materi Pokok                      : …………………..

No
Aspek Pengamatan
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan                                                              
Jumlah Skor


2)      KI. 2
Lembar Penilaian Antar peserta didik
Sikap Disiplin
(PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)

Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggungjawab yang ditampilkan oleh pesertadidik, dengan kriteria sebagai berikut :
            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak                     melakukan
            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan Sering tidak melakukan
            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan


Nama Peserta Didik yang dinilai        : ………………….
Kelas                                                   : ………………….
Tanggal Pengamatan                           : …………………..
Materi Pokok                                      : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Masuk kelas tepat waktu
2
Mengumpulkan tugas tepat waktu
3
Memakai seragam sesuai tata tertib
4
Mengerjakan tugas yang diberikan
5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
6
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran
JumlahSkor

Petunjuk Penskoran KI. 1 dan KI. 2:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :


Contoh :
Skor diperoleh (SD) = ...., skor maksimal (SM) = 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :

X 4 = Skor Akhir
SD
SM
Peserta didik memperoleh nilai:
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  : 3.33  <skor< 4.00
Baik                 : apabila memperoleh skor  : 2.33  <skor< 3.33
Cukup             : apabila memperoleh skor  : 1.33  <skor< 2.33



3)      KI. 3

LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
Ø  Melengkapi kalimat bahasa Arab dengan pilihan kata yang benar
 الألف. اِخْتَر الصَّحِيْح مِمَّا بَيْنَ الْقَوْسَيْن!
1.  أَنَا طَالِب فِي الْفَصْل (الأوَّل – الثاني – الثالث)
2. فَصْلِيْ (واسع – مُنَظَّم – كبير)
3. فَصْلِيْ (أَمَامَ - جَانِبَ – وَرَاءَ) مَكْتَبَةِ الْمَدْرَسَة
4. (الكرسي – المكتب – الصُوْرَة) عَلَى الحَائِط
5. لَوْنُ الحَائِط (أَصْفَر – أَبْيَض – أَسْوَد)


KUNCI JAWABAN SOAL (B) DAN PEDOMAN PENSKORAN

Alternatif jawaban
Penyelesaian
Skor
1
أَنَا طَالِب فِي الْفَصْل الأوَّل
1
2
فَصْلِيْ مُنَظَّم
1
3
فَصْلِيْ جَانِبَ مَكْتَبَةِ الْمَدْرَسَة
1
4
الصُوْرَة عَلَى الحَائِط
1
5
لَوْنُ الحَائِط أَصْفَر
1


Jumlah
5

4)      KI. 4
-          Proses diskusi kelompok dan penyampaian pesan hasil diskusi.
NO
NAMA
ASPEK YANG DINILAI
SKOR


1
2
3
4
1 s/d 25






1 s/d 25






1 s/d 25






1 s/d 25

Keterangan :
1.    Partisipasi bahan
2.    Keaktifan mengikuti kegiatan
3.    Keaktifan (saran, usul, bertanya)
4.    Keaktifan mendemonstrasikan / menyampaikan hasil

 



Skor Akhir = SD     100
                        SM 


J.    Remedial dan Pengayaan
a.  Remedial
            Peserta didik yang belum menguasai materi (belum mencapai ketuntasan belajar) akan dijelaskan kembali oleh guru. Guru melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu terkait dengan topik yang telah dibahas. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

b.  Pengayaan
           Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik yang sudah menguasai materi sebelum waktu yang telah ditentukan, diminta untuk soal-soal pengayaan berupa pertanyaan-pertanyaan yang lebih inovatif atau aktivitas lain yang relevan dengan topik pembelajaran. Dalam kegiatan ini, guru dapat mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.


                                                                                            ................ , .......................

Mengetahui
Kepala Madrasah                                           Guru Mapel Bahasa Arab

 _______________                                      ____________
                     NIP.                                                                NIP.   



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.

Ikuti Berbagi Aksara di Youtube

Blog Archive

Followers