Berbagi itu Indah, Walau Dikau Tak Menghargainya.......

Monday 2 December 2019

SOAL KEPRIBADIAN UNTUK IKUT TES CPNS, PPG, Dan Lain-Lain


      Pada Kesempatan kali ini, kami ingin berbagi tentang contoh soal-soal Kepribadian, sebagai bahan belajar bagi kalian yang ingin ikut ujian, baik Tes CPNS, PPG, Pretes, Tes Masuk Perguruan tinggi dan lain-lain. biasanya soal-soal  tentang kepribadian selalu diberikan disaat hendak tes CPNS atau mau melamar sebuah pekerjaan. Soal kepribadian mempunyai bobot nilai yang berbeda-beda antara satu jawaban dengan jawaban yang lain. yang pastinya apapun yang kita jawab tetap mendapat nilai, hanya saja bobot nilai yang berbeda, bisa mendapat nilai 5, 4, 3, 2, atau 1. dan Yang perlu kalian ingat, jangan sampai kalian tidak menjawab soal kepribadian, kenapa?? karena soal kepribadian selalu mendapat poin/nilai. berbeda dengan soal-soal yang lain yang kalau bukan salah, tentu jawabannya benar. sedang soal kepribadian, tetap mendapat nilai walau mungkin dengan nilai yang paling sedikit 1, atau 2.

Baiklah di bawah ini kami sajikan beberapa soal kepribadian, mudah-mudahan bermanfaat!

1.   Tetangga Anda memiliki anak usia smp yang memiliki gejala kenakalan remaja. Rambut dicat, suka naik motor dengan kenalpot bersuara keras, sering pulang malam, tidak ramah dengan orang disekelilingnya, dan jarang masuk sekolah. Meskipun anda bukan guru dari anak tersebut hal apa yang anda lakukan.. 
           a. Menegur anak tersebut dengan keras agar berperilaku baik dan tidak mengganggu lingkungan 
                   b. Mendatangi aparat RT atau RW agar menasehati anak tersebut untuk berperilaku baik
           c.  Mendatangi aparat rt atau rw agar menasehati orangtua anak tersebut untuk berperilaku baik.
           d.  Menyarankan orangtuanya agar anaknya berperilaku baik dan tidak mengganggu lingkungan
           e.  Menasehati anak tersebut dengan cara santun agar berperilaku baik dan tidak menyebalkan
         

2. Anda adalah guru di sekolah swasta yang baru berkembang, kebijakan yayasan terkait pengembangan sekolah baru dikonsentrasikan pada pengembangan sarana dan prasarana pembelajaran, sehingga kurang peduli terhadap kenaikan gaji guru. Ada salah satu guru yang kasak-kusuk mengajak teman-teman guru lain untuk memprotes yayasan agar menaikkan gaji guru. Apa yang anda lakukan… 
            a.    mengikuti ajakan teman untuk menuntut kenaikan gaji guru
            b.   menerima ajakan teman dengan usulan agar menyampaikan apresiasi dengan bijak
            c.  memberi pengertian kepada teman-teman bahwa arah kebijakan sudah benar.
            d.    memberitahu pimpinan yayasan secara diam-diam agar menaikkan gaji guru
            e.   menolak ajakan teman karena takut dikeluarkan dari sekolah itu
   
3.      Dalam perjalanan menuju kamar kecil, anda melihat dengan mata kepala sendiri teman guru anda melakukan kekerasan kepada siswanya di dalam kelas. Setelah anda klarifikasi kepada para siswa, ternyata kebiasaan itu sudah lama dilakukan. Para siswa cenderung tidak berani melaporkan kejadian itu karena diancam oleh guru tersebut. Hal yang anda lakukan adalah….
         a. menasehati teman guru yang melakukan kekerasan, agar segera menghentikan kekerasan terhadap siswanya.
b             b.  melaporkan secara rinci & tertulis kepada kepala sekolah & kepala dinas agar guru tersebut diberi sanksi. 
c             c. menunjukkan beberapa contoh akibat buru yang diterima guru jika guru melakukan kekerasan terhadap siswanya.
             d. menyampaikan secara santun kejadian itu dalam rapat dengan guru agar guru tersebut tidak melakukan kekerasan terhadap siswanya. 
             e. memberi tahu yang melakukan kekerasan tersebut, tentang resiko yang diterima jika kekerasan itu terus dilakukan.


4.   Dikampung yang anda tinggali, beberapa minggu ini sering ad kasus pencurian. Sebagian warga mencurigai pemulung yang sering mencari barang bekas diperkampungan anda. Pada rapat warga rt dibahas tentang rencana pemasangan papan bertuliskan “PEMULUNG DILARANG MASUK” agar kasus pencurian tidak terjadi lagi. Apa pendapat anda terhadap rencana itu…
       a.  pemulung tidak identic dengan orang jahat dan belum tentu pencuri yang mencuri diperkampungan ini adalah pemulung
          b.    bintang saja tidak pernah dilarang masuk perkampungan, sangat tidak manusiawi jika manusia dilarang masuk perkampungan. 
        c.   pemulung sangat berjasa membantu proses pemilihan sampah plastic dan non plastic dalam rangka melestarikan lingkungan
          d.   pemulung juga manusia dan berhak mencari nafkah dimana saja termasuk diperkampungan yang kita tinggali.
        e.  lebih baik melakukan kewaspadaan disetiap keluarga daripada mencurigai pemulung sebagai pencuri.

5.   SR adalah seorang guru yang bertanggungjawab satu kelas. Untuk mewujudkan potensinya, ia perlu mengikuti beberapa kegiatan namun bersamaan dengan jam mengajar SR. ia membebani rekan guru ganti yang dititipi untuk mengajar dikelasnya. Menurut anda apa yang sebaiknya dilakukan oleh SR……
       a.   focus pada pengembangan dirinya yang dikaitkan dengan tugas mengajar, karena jika SR berkembang akan berdampak positif bagi sekolahnya juga.  
        b.    tetap mengikuti kegiatan diluar, dengan memberikan imbalan khusus kepada rekan guru yang sering menggantikannya mengajar.
        c.      focus pada pengembangan diri karena ada rekan guru yang bias dititipi, bukan menjadi masalah besar jika SR mengembangkan diri di luar. 
         d.     focus pada pengembangan diri karena rekannya pasti memahami kondisi SR. 
     e.  focus pada mengajarnya yang dipadukan dengan pengembangan diri misalnya melakukan penelitian tindakan kelas dikelasnya, dan mengikuti kegiatan pada waktu libur sekolah

6.  Manakah diantara beberapa pernyataan di bawah ini yang paling sesuai dengan diri anda….
        a.    Saya adalah orang yang tegas, ambisius, berani, dan tidak ingin orang lain menyalahkan diri saya
       b. Saya adalah orang yang tegas, berani, dan tidak takut untuk membalas perbuatan buruk yang orang lain lakukan pada diri saya.
       c.    saya adalah orang yang mudah marah, selalu bicara apa adanya apabila saya tidak setuju dengan perkataan atau perlakuan seseorang.
       d.   saya adalah orang yang sabar, berperasaan halus, yang hanya bisa berdoa agar tuhan membalas segala perbuatan jahat yang orang lakukan pada diri saya
      e.    Saya adalah orang yang rasional, menjaga kesatuan apa yang diucapkan dengan yang dilakukan, berperilaku sesuai dengan aturan yang ada, dan menyikapi konflik secara hati-hati 

7.   Tugas disekolah dan dirumah datang silih berganti. Satu tugas belum selesai dikerjakan, tugas berikutnya sudah menunggu. Dalam situasi seperti itu, bagaimanakah reaksi anda?
             a.   lebih baik saya tinggalkan sama sekali situasi seperti itu, daripada bekerja seperti robot.
           b.  saya ingin mengerjakan seluruh tugas, namun dalam situasi seperti itu biasanya justru menjadi berantakan semua.
        c.  saya hanya bias bekerja satu persatu, lebih baik beberapa tugas tidak tertangani sma sekali daripada meninggalkan tugas yang tidak tuntas.
         d.  saya beruntung mampu bekerja dengan cepat sehingga semua tugas terselesaikan sepenuhnya dengan tuntas.
        e.  yang penting semua tugas terselesaikan, soal tuntas atau tidaknya pekerjaan tergantung pada situasi.

8.  Ada siswa-siswa tertentu yang memiliki sikap dan perilaku yang benar-benar membuat siapapun menjadi tidak sabar. Pernyataan yang paling menggambarkan diri anda ketika berhadapan dengan siswa seperti itu adalah..
           a.   mengajak bicara untuk menjelaskan tanggapan saya dan orang lain terhadap akibat perilakunya.
           b.   berusaha menunjukkan wajah sabar sekalipun hal itu bukan cerminan perasaan sebenarnya.
           c.    saya menghindari bertemu siswa-siswa tersebut.
    d.   berusaha bersabar sampai perilakunya tidak dapat diterima lagi.
         e.   secara terbuka mengungkapkan ketidaksabaran agar siswa dan semua teman sekelasnya tahu dan berubah. 

9.   Sekolah berencana mengadakan kegiatan lomba memasak antar kelas dalam rangka hari kelahiran sekolah. Acara akan diselenggarakan bertepatan dengan dengan hari libur waisak apa pandangan ada sebagai guru ?
            a.       Hari libur agama boleh digunakan untuk kegiatan agama yang bersangkutan 
            b.      Hari libur agama boleh digunakan untuk berlibur bersama keluarga 
            c.       Tidak masalah karena, disekolah tidak ada yang memeluk agama budha
            d.      Sebaiknya hari libur agama tidak digunakan untuk kegiatan sekolah
            e.       Hari raya waisak biarlah diperingati oleh umat budha, umat lain menyesuaikan

10.  Anda memiliki seorang peserta didik yang beragama non muslim sedanglan mayoritas peserta didik di sekolah tersebut beragama muslim. Banyak siswa di sekolah tersebut yang enggan bertemu sapa dengannya, apalagi berteman karena perbedaan agama tersebut, malahan suka mengejek. Bagaimana sikap anda sebagai pendidik yang mengajarkan tentang kebaikan……
            a.   Meminta kepada para pelaku agar meminta maaf kepada korban dan  berjanji tidak mengulangi perbuatan tersebut
            b.   Merekomendasikan kepada guru bimbingan dan konseling untuk diberikan sangsi yang sesuai
        c.  Terlibat aktif menumbuhkan rasa saling penghargaan dengan memberikan teladan secara langsung
          d.    Mempertemukan seluruh siswa untuk saling berdiskusi menumbuhkan rasa penghormatan antar umat beragama
         e.    Menyusun peraturan tentang tolrenasi antar umat beragama dan menerapkan sangsi bagi yang melanggar.

11.  seorang guru matematika juga berperan sebagai Pembina pramuka di sekolahnya, apa yang harus dilakukan guru tersebut dalam memberikan nilai mata pelajaran matematika kepada siswa?
           a.       memberikan nilai sesuai capaian belajar siswa, serta keaktifannya dalam proses pembelajaran.
       b.    memberikan nilai sesuai capaian belajar siswa, karena keaktifan siswa dalam pramuka merupakan wilayah berbeda.
      c. mempertimbangkan nilai capaian belajar, keaktifan belajar, dan keikutsertaan pramuka dalam memperbaiki perolehan nilai.
      d.  Mepertimbangkan keaktifannya dalam pembelajaran kelas dan kegiatan ekstrakulikuler untuk menambah nilainya.
        e.   Kegiatan ekstrakulikuler pramuka yang diikuti siswa menyumbang perolehan nilai mata pelajaran siswa.

12.  Tetangga Anda suka mengunggah informasi yang mengandung unsur pornografi di grup WA , apa yang anda lakukan sebagai guru.
           a.      Mengingatkan tetangga itu secara langsung agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi. 
           b.    Segera menghapus informasi atau gambar yang mengandung unsure pornografi yang di unggah oleh tetangga anda.
          c.      Mengingatkan tetangga itu melalui grup WA agar tidak menggunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi. 
        d.     Mengingatkan tetangga itu melalui rapat warga RT agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
         e.   Mengingatkan tetangga itu melalui japri agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi. 

13.  Y sudah 3 tahun bekerja sebagai guru di sekolah ABC dan Y sangat menikmatinya. Tiba – tiba Y mendapat intruksi untuk pindah ke sekolah lainnya yang kondisi sistem dan siswanya sangat berbeda. Kondisi yang paling sesuai pada diri anda adalah…
             a.       menerima saja walau dengan berat hati
             b.      memaksakan diri saya mengerjakan tugas baru tersebut
             c.       menerima dan akan bekerja sebaik mungkin serta belajar menyesuaikan diri
            d.      menerima dan akan bekerja dengan baik jika terlebih dahulu mendapat bimbingan dari kepala sekolah yang baru
          e.       saya menanyakan terlebih dahulu kepada sekolah ABC tentang alasan saya dipindahkan ke sekolah lain

14. Seorang guru memberikan tugas di kelas. Tugas tersebut termasuk tugas baru dan tergolong sulit. Beberapa siswa mengerjakannya dengan baik dan beberapa siswa masih kurang maksimal. Bagaimana cara menyampaikan pada siswa yang masih kurang maksimal agar tidak menyinggung perasaan dan lebih memotivasi mereka untuk mengerjakan lebih baik lagi?
              a.   “ kalian ini tidak ada perubahan sama sekali, kelemahan seperti ini jangan dipertahankan. 
             b.     “hasil pekerjaanmu sudah cukup baik, tetap semangat dan tingkatkan terus prestasi belajarmu agar setara dengan yang lainnya”
           c.     “ saya senang kamu sudah mengerjakan tugas ini, saya yakin kamu memiliki kemampuan untuk mengerjakan yang lebih baik lagi”
         d.   “bagaimana bisa kamu mengerjakan seperti ini sedangkan teman-teman kamu yang lain bisa mengerjakannya dengan baik”
        e.      “seharusnya jika kamu kurang paham pelajaran ini, kamu dapat bertanya kepada teman-temanmu yang lebih paham, agar hasilnya tidak seperti ini”

15.  Ada siswa anda yang berakhlak baik memiliki prestasi belajar rendah. Bila dalam ujian akhir nanti tidak mendapatkan nilai yang baik maka tidak bisa naik kelas. Kebetulan anak anda sendiri memiliki prestasi belajar yang tinggi di kelas dan sebangku dengan siswa tersebut. Menurut anda tindakan terbaik yang dilakukan adalah…
            a.    meminta anak saya membantu memberitahukan jawaban untuk soal-soal yang dianggap sulit.
            b.   meminta anak saya untuk tidak mempedulikan masalah yang dihadapi temannya.
            c.   mengingatkan anak saya untuk tidak membantu orang lain dengan cara yang keliru.
          d.   mengingatkan pentingnya belajar dan kejujuran serta meminta anak saya untuk belajar bersama temannya tersebut untuk mempersiapkan ujian.
         e.   membantu anak yang terancam tidak naik kelas dan menekankan pentingnya lulus ujian bagi anak maupun sekolah

16.  seorang warga mendatangi seorang guru, warga mengeluhkan sering kali beberapa siswa mengendarai speda motor dengan kecang, dengan suara knalpot yang sangat bising. Sudah lama masyarakat mengeluhkan hal ini, di sekolah sebenarnya sdah ada tulisan dan pemberitahuan bahwa semua siswa tidak diizinkan membawa sepeda motor ke sekolah. Namun, beberapa siswa tetap membawa sepeda motor dan menitipkannya di rumah warga. Sebagai guru yang mendapat laporan tersebut, apa yang anda akan lakukan . . . 
           a.  bersama-sama seluruh komponen sekolah untuk mengambil tindakan mencegah siswa-siswa membawa sepeda motor ke sekolah  
          b.   memanggil orang tua siswa yang melanggar kesekolah dan meminta agar si anak tidak diizinkan membawa sepeda motor ke sekolah
            c.    saya menyampaikan hal ini kepada kepala sekolah bersama komponen sekolah mengumpulkan siswa yang melanggar serta memberikan bimbingan cara menyelesaikannya
          d.   saya menemui siswa yang telah mengganggu masyararakat sekitar serta memberikan teguran langsung agar tidak mengendarai motor dengan kencang
       e.   saya meminta kepada kepala sekolah agar diberikan kewenangan untuk menertibkan siswa yang melakukan pelanggaran mengendarai sepeda motor ke sekolah 

17.  Anda adalah guru yang belum memperoleh tunjangan sertifikasi guru. Suatu hari ada pemebritahuan ada pemberitahuan melalui sms bangking bhwa di rekening anda ada sejumlah uang yang masukdengan keterangan uang sertifikasi. Setelah diklarifikasi uang tersebut ternyata uang tunjangan profesi 3 bulan milik teman andayang kebetulan namanya sama dengan nama anda. Apa yang akan anda lakukan?
         a.    Memberitahu teman anda bahawa uang tunjangan sertifikasi guru selama tiga bulan salah masuk ke rekenign anda
        b.   Menyarankan kepada petugas bank untuk berhati- hati dalam bertransaksi sehingga tidak terjadi kesalahan lagi
      c.   Segera mencairkan uang tersebut dan memberikan uang tersebut kepada teman anda yang namanya sama
        d.  Melaporkan kasus yang anda hadapi kepada kepala sekolah agar segera diselesaika oleh petugas bank
         e.   Memberitahukan kepada petugas bank agar segera memindahkan pen giriman uang ke rekening teman anda

18.  Anda diminta menjadi salah satu juri dari 5 juri lomba kebersihan antar RT di wilayah desa kelurahan tempat tinggal anda. Ketika menilai kebersihan RT sendiri anda mengalami konflik batin .pada saat rapat tim juri penentuan juara, hal apa yang akan anda lakukan... 
         a.       Mengusulkan kepada ketua tim juri agar penilaian anda terhadap RT sendri tidak digunakan dalam menentukan juara
         b.      Membiarkan hasil penilaian anda di RT sendiri menjadi bahan pertimbangan juara karna anda menilai dengan objektif
         c.       Menyampaikan konflik batin yg anda alami agar ditemukan solusi terbaik dalam menentukan RT mana yg layak juara
        d.      Mengusulkan untuk tahun yg akan datang jika menyelenggarakan lomba kebersihan antar RT sebaikn ya menggunakan juri dari luar
       e.       Menyembunyikan konflik batinsebab kalau disampaikan justru akan terkesan tidak objektif dalam penialain kebersihan RT.

19.  Seorang siswa memprotes gurunya krna dianggap telah memberikan nilai yang rendah. Menurut siswa ia telah belajar dengan giat dan dapat mengerjakan soal- soal dengan mudah. Beberapa temannya yg merasa kesulitan mengerjakan soal ulangan harian justru mendapat nilai yg lebih baik. Bagaimana tanggapan anda terhadap siswa itu
         a.      dari pada menjadi masalah guru sebaiknya mengubah nilai siswa menjadi lebih baik sehingga tidak aka nada protes lagi
          b.      menjawab protes siswa dengan menunjukkan rekap data seraya menyampaikan agar perbuatan protes itu tidak di ulangi lagi
        c.      menjawab protes siswa dengan menyatakan bahwa berapapun hasilnya Merupakan hak dan kewenangan guru
         d.      menunjukkan dokumen ulangan dan menjelaskan ala an mengapa siswa itu mendapat nilai sesuai dengan yg diperolehnya
         e.      memnujukkan dokumen hasil ulangan harian  dengan perasaan kecewa menjelaskan hasil ulangan harian secara objektif 

20.  Saat ini kasus bullying (perundungan) terjadi disekolah semakin banyak terjadi. Ketika mengetahui ada siswa yang menjadi korban bullying yang anda lakukan adalah... 
            a.       menasehati siswa untuk tidak lagi bersinggungan dengan pelaku bullying
            b.      bersimpati dan membesarkan hati siswa yang menjadi korban bullying
            c.       mempertemukan pelaku dan korban bullying untuk menyelesaikan masalah serta menjelaskan arti penting berteman dengan cara yang baik
           d.      menemui pelaku bullying agar tidak melakukan lagi
       e.       mendampingi siswa ketika harus berhubungan dengan pelaku bullying dan memberikan langkah-langkah prefentif
TERIMA KASIH SUDAH MENGUNJUNGI BLOG KAMI, SEMOGA BERMANFAAT! 
BAGIKAN/SHARE!

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.

Ikuti Berbagi Aksara di Youtube

Blog Archive

Followers