Pada Kesempatan kali ini, kami ingin berbagi tentang contoh soal-soal Kepribadian, sebagai bahan belajar bagi kalian yang ingin ikut ujian, baik Tes CPNS, PPG, Pretes, Tes Masuk Perguruan tinggi dan lain-lain. biasanya soal-soal tentang kepribadian selalu diberikan disaat hendak tes CPNS atau mau melamar sebuah pekerjaan. Soal kepribadian mempunyai bobot nilai yang berbeda-beda antara satu jawaban dengan jawaban yang lain. yang pastinya apapun yang kita jawab tetap mendapat nilai, hanya saja bobot nilai yang berbeda, bisa mendapat nilai 5, 4, 3, 2, atau 1. dan Yang perlu kalian ingat, jangan sampai kalian tidak menjawab soal kepribadian, kenapa?? karena soal kepribadian selalu mendapat poin/nilai. berbeda dengan soal-soal yang lain yang kalau bukan salah, tentu jawabannya benar. sedang soal kepribadian, tetap mendapat nilai walau mungkin dengan nilai yang paling sedikit 1, atau 2.
Baiklah di bawah ini kami sajikan beberapa soal kepribadian, mudah-mudahan bermanfaat!
1. Tetangga
Anda memiliki anak usia smp yang memiliki gejala kenakalan remaja. Rambut
dicat, suka naik motor dengan kenalpot bersuara keras, sering pulang malam,
tidak ramah dengan orang disekelilingnya, dan jarang masuk sekolah. Meskipun
anda bukan guru dari anak tersebut hal apa yang anda lakukan..
a. Menegur anak tersebut dengan keras agar berperilaku baik dan tidak mengganggu lingkungan
b. Mendatangi
aparat RT atau RW agar menasehati anak tersebut untuk berperilaku baik
c. Mendatangi
aparat rt atau rw agar menasehati orangtua anak tersebut untuk berperilaku
baik.
d. Menyarankan
orangtuanya agar anaknya berperilaku baik dan tidak mengganggu lingkungan
e. Menasehati anak
tersebut dengan cara santun agar berperilaku baik dan tidak menyebalkan
2. Anda adalah guru di sekolah swasta yang baru berkembang, kebijakan yayasan terkait
pengembangan sekolah baru dikonsentrasikan pada pengembangan sarana dan
prasarana pembelajaran, sehingga kurang peduli terhadap kenaikan gaji guru. Ada
salah satu guru yang kasak-kusuk mengajak teman-teman guru lain untuk memprotes
yayasan agar menaikkan gaji guru. Apa yang anda lakukan…
a. mengikuti ajakan
teman untuk menuntut kenaikan gaji guru
b. menerima ajakan teman dengan usulan agar menyampaikan apresiasi dengan bijak
c. memberi
pengertian kepada teman-teman bahwa arah kebijakan sudah benar.
d. memberitahu
pimpinan yayasan secara diam-diam agar menaikkan gaji guru
e. menolak ajakan
teman karena takut dikeluarkan dari sekolah itu
3. Dalam
perjalanan menuju kamar kecil, anda melihat dengan mata kepala sendiri teman
guru anda melakukan kekerasan kepada siswanya di dalam kelas. Setelah anda
klarifikasi kepada para siswa, ternyata kebiasaan itu sudah lama dilakukan.
Para siswa cenderung tidak berani melaporkan kejadian itu karena diancam oleh
guru tersebut. Hal yang anda lakukan adalah….
a. menasehati teman guru yang melakukan kekerasan, agar segera menghentikan kekerasan terhadap siswanya.
b b. melaporkan secara rinci & tertulis kepada kepala sekolah & kepala dinas agar guru tersebut diberi sanksi.
c c. menunjukkan beberapa contoh akibat buru yang diterima guru jika guru melakukan kekerasan terhadap siswanya.
d. menyampaikan secara santun kejadian itu dalam rapat dengan guru agar guru tersebut tidak
melakukan kekerasan terhadap siswanya.
e. memberi tahu
yang melakukan kekerasan tersebut, tentang resiko yang diterima jika kekerasan
itu terus dilakukan.
4. Dikampung yang anda tinggali, beberapa minggu ini sering ad kasus pencurian. Sebagian warga mencurigai pemulung yang sering mencari barang bekas diperkampungan anda. Pada rapat warga rt dibahas tentang rencana pemasangan papan bertuliskan “PEMULUNG DILARANG MASUK” agar kasus pencurian tidak terjadi lagi. Apa pendapat anda terhadap rencana itu…
a. pemulung tidak identic dengan orang jahat dan belum tentu pencuri yang mencuri diperkampungan ini adalah pemulung
b. bintang saja tidak pernah dilarang masuk perkampungan, sangat tidak manusiawi jika manusia dilarang masuk perkampungan.
c. pemulung sangat berjasa membantu proses pemilihan sampah plastic dan non plastic dalam rangka melestarikan lingkungan
d. pemulung juga manusia dan berhak mencari nafkah dimana saja termasuk diperkampungan yang kita tinggali.
e. lebih baik melakukan kewaspadaan disetiap keluarga daripada mencurigai pemulung sebagai pencuri.
5. SR
adalah seorang guru yang bertanggungjawab satu kelas. Untuk mewujudkan
potensinya, ia perlu mengikuti beberapa kegiatan namun bersamaan dengan jam
mengajar SR. ia membebani rekan guru ganti yang dititipi untuk mengajar
dikelasnya. Menurut anda apa yang sebaiknya dilakukan oleh SR……
a. focus pada pengembangan dirinya yang dikaitkan dengan tugas mengajar, karena jika SR berkembang akan berdampak positif bagi sekolahnya juga.
b. tetap mengikuti
kegiatan diluar, dengan memberikan imbalan khusus kepada rekan guru yang sering
menggantikannya mengajar.
c. focus pada pengembangan diri karena ada rekan guru yang bias dititipi, bukan menjadi masalah besar jika SR mengembangkan diri di luar.
d. focus pada pengembangan diri karena rekannya pasti memahami kondisi SR.
e. focus pada mengajarnya yang dipadukan dengan pengembangan diri misalnya melakukan penelitian tindakan kelas dikelasnya, dan mengikuti kegiatan pada waktu libur sekolah
6. Manakah
diantara beberapa pernyataan di bawah ini yang paling sesuai dengan diri anda….
a. Saya adalah orang
yang tegas, ambisius, berani, dan tidak ingin orang lain menyalahkan diri saya
b. Saya adalah orang yang tegas, berani, dan tidak takut untuk membalas perbuatan buruk yang orang lain lakukan pada diri saya.
c. saya adalah
orang yang mudah marah, selalu bicara apa adanya apabila saya tidak setuju
dengan perkataan atau perlakuan seseorang.
d. saya adalah
orang yang sabar, berperasaan halus, yang hanya bisa berdoa agar tuhan membalas
segala perbuatan jahat yang orang lakukan pada diri saya
e. Saya adalah orang yang rasional, menjaga kesatuan apa yang diucapkan dengan yang dilakukan, berperilaku sesuai dengan aturan yang ada, dan menyikapi konflik secara hati-hati
7. Tugas
disekolah dan dirumah datang silih berganti. Satu tugas belum selesai
dikerjakan, tugas berikutnya sudah menunggu. Dalam situasi seperti itu,
bagaimanakah reaksi anda?
a. lebih baik saya
tinggalkan sama sekali situasi seperti itu, daripada bekerja seperti robot.
b. saya ingin
mengerjakan seluruh tugas, namun dalam situasi seperti itu biasanya justru
menjadi berantakan semua.
c. saya hanya bias
bekerja satu persatu, lebih baik beberapa tugas tidak tertangani sma sekali
daripada meninggalkan tugas yang tidak tuntas.
d. saya beruntung
mampu bekerja dengan cepat sehingga semua tugas terselesaikan sepenuhnya dengan
tuntas.
e. yang penting
semua tugas terselesaikan, soal tuntas atau tidaknya pekerjaan tergantung pada
situasi.
8. Ada
siswa-siswa tertentu yang memiliki sikap dan perilaku yang benar-benar membuat
siapapun menjadi tidak sabar. Pernyataan yang paling menggambarkan diri anda
ketika berhadapan dengan siswa seperti itu adalah..
a. mengajak bicara
untuk menjelaskan tanggapan saya dan orang lain terhadap akibat perilakunya.
b. berusaha
menunjukkan wajah sabar sekalipun hal itu bukan cerminan perasaan sebenarnya.
c. saya menghindari bertemu siswa-siswa tersebut.
d. berusaha
bersabar sampai perilakunya tidak dapat diterima lagi.
e. secara terbuka mengungkapkan ketidaksabaran agar siswa dan semua teman sekelasnya tahu dan berubah.
9. Sekolah
berencana mengadakan kegiatan lomba memasak antar kelas dalam rangka hari
kelahiran sekolah. Acara akan diselenggarakan bertepatan dengan dengan hari
libur waisak apa pandangan ada sebagai guru ?
a. Hari libur agama boleh digunakan untuk kegiatan agama yang bersangkutan
b. Hari libur agama boleh digunakan untuk berlibur bersama keluarga
c. Tidak masalah karena, disekolah tidak ada yang memeluk agama budha
d. Sebaiknya hari libur agama tidak digunakan untuk kegiatan sekolah
e.
Hari raya waisak
biarlah diperingati oleh umat budha, umat lain menyesuaikan
10. Anda
memiliki seorang peserta didik yang beragama non muslim sedanglan mayoritas
peserta didik di sekolah tersebut beragama muslim. Banyak siswa di sekolah
tersebut yang enggan bertemu sapa dengannya, apalagi berteman karena perbedaan
agama tersebut, malahan suka mengejek. Bagaimana sikap anda sebagai pendidik
yang mengajarkan tentang kebaikan……
a. Meminta kepada
para pelaku agar meminta maaf kepada korban dan
berjanji tidak mengulangi perbuatan tersebut
b. Merekomendasikan
kepada guru bimbingan dan konseling untuk diberikan sangsi yang sesuai
c. Terlibat aktif
menumbuhkan rasa saling penghargaan dengan memberikan teladan secara langsung
d. Mempertemukan
seluruh siswa untuk saling berdiskusi menumbuhkan rasa penghormatan antar umat
beragama
e. Menyusun
peraturan tentang tolrenasi antar umat beragama dan menerapkan sangsi bagi yang
melanggar.
11. seorang
guru matematika juga berperan sebagai Pembina pramuka di sekolahnya, apa yang
harus dilakukan guru tersebut dalam memberikan nilai mata pelajaran matematika
kepada siswa?
a.
memberikan nilai
sesuai capaian belajar siswa, serta keaktifannya dalam proses pembelajaran.
b. memberikan nilai
sesuai capaian belajar siswa, karena keaktifan siswa dalam pramuka merupakan
wilayah berbeda.
c. mempertimbangkan
nilai capaian belajar, keaktifan belajar, dan keikutsertaan pramuka dalam
memperbaiki perolehan nilai.
d. Mepertimbangkan
keaktifannya dalam pembelajaran kelas dan kegiatan ekstrakulikuler untuk
menambah nilainya.
e. Kegiatan
ekstrakulikuler pramuka yang diikuti siswa menyumbang perolehan nilai mata pelajaran
siswa.
12. Tetangga
Anda suka mengunggah informasi yang mengandung unsur pornografi di grup WA ,
apa yang anda lakukan sebagai guru.
a. Mengingatkan tetangga itu secara langsung agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
b. Segera menghapus informasi atau gambar yang mengandung unsure pornografi yang di unggah oleh tetangga anda.
c. Mengingatkan tetangga itu melalui grup WA agar tidak menggunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
d. Mengingatkan
tetangga itu melalui rapat warga RT agar tidak mengunggah informasi atau gambar
yang mengandung unsur pornografi.
e. Mengingatkan tetangga itu melalui japri agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
13. Y
sudah 3 tahun bekerja sebagai guru di sekolah ABC dan Y sangat menikmatinya.
Tiba – tiba Y mendapat intruksi untuk pindah ke sekolah lainnya yang kondisi
sistem dan siswanya sangat berbeda. Kondisi yang paling sesuai pada diri anda
adalah…
a.
menerima saja
walau dengan berat hati
b.
memaksakan diri
saya mengerjakan tugas baru tersebut
c.
menerima dan
akan bekerja sebaik mungkin serta belajar menyesuaikan diri
d.
menerima dan
akan bekerja dengan baik jika terlebih dahulu mendapat bimbingan dari kepala
sekolah yang baru
e.
saya menanyakan
terlebih dahulu kepada sekolah ABC tentang alasan saya dipindahkan ke sekolah
lain
14. Seorang
guru memberikan tugas di kelas. Tugas tersebut termasuk tugas baru dan
tergolong sulit. Beberapa siswa mengerjakannya dengan baik dan beberapa siswa
masih kurang maksimal. Bagaimana cara menyampaikan pada siswa yang masih kurang
maksimal agar tidak menyinggung perasaan dan lebih memotivasi mereka untuk
mengerjakan lebih baik lagi?
a. “ kalian ini tidak ada perubahan sama sekali, kelemahan seperti ini jangan dipertahankan.
b. “hasil
pekerjaanmu sudah cukup baik, tetap semangat dan tingkatkan terus prestasi
belajarmu agar setara dengan yang lainnya”
c. “ saya senang
kamu sudah mengerjakan tugas ini, saya yakin kamu memiliki kemampuan untuk
mengerjakan yang lebih baik lagi”
d. “bagaimana bisa
kamu mengerjakan seperti ini sedangkan teman-teman kamu yang lain bisa
mengerjakannya dengan baik”
e. “seharusnya jika kamu kurang paham pelajaran ini, kamu dapat bertanya kepada teman-temanmu yang lebih paham, agar hasilnya tidak seperti ini”
15. Ada
siswa anda yang berakhlak baik memiliki prestasi belajar rendah. Bila dalam
ujian akhir nanti tidak mendapatkan nilai yang baik maka tidak bisa naik kelas.
Kebetulan anak anda sendiri memiliki prestasi belajar yang tinggi di kelas dan
sebangku dengan siswa tersebut. Menurut anda tindakan terbaik yang dilakukan
adalah…
a. meminta anak
saya membantu memberitahukan jawaban untuk soal-soal yang dianggap sulit.
b. meminta anak
saya untuk tidak mempedulikan masalah yang dihadapi temannya.
c. mengingatkan
anak saya untuk tidak membantu orang lain dengan cara yang keliru.
d. mengingatkan
pentingnya belajar dan kejujuran serta meminta anak saya untuk belajar bersama
temannya tersebut untuk mempersiapkan ujian.
e. membantu anak
yang terancam tidak naik kelas dan menekankan pentingnya lulus ujian bagi anak
maupun sekolah
16. seorang
warga mendatangi seorang guru, warga mengeluhkan sering kali beberapa siswa
mengendarai speda motor dengan kecang, dengan suara knalpot yang sangat bising.
Sudah lama masyarakat mengeluhkan hal ini, di sekolah sebenarnya sdah ada
tulisan dan pemberitahuan bahwa semua siswa tidak diizinkan membawa sepeda
motor ke sekolah. Namun, beberapa siswa tetap membawa sepeda motor dan
menitipkannya di rumah warga. Sebagai guru yang mendapat laporan tersebut, apa
yang anda akan lakukan . . .
a. bersama-sama seluruh komponen sekolah untuk mengambil tindakan mencegah siswa-siswa membawa sepeda motor ke sekolah
b. memanggil orang tua siswa yang melanggar kesekolah dan meminta agar si anak tidak diizinkan membawa sepeda motor ke sekolah
c. saya
menyampaikan hal ini kepada kepala sekolah bersama komponen sekolah
mengumpulkan siswa yang melanggar serta memberikan bimbingan cara
menyelesaikannya
d. saya menemui siswa yang telah mengganggu masyararakat sekitar serta memberikan teguran langsung agar tidak mengendarai motor dengan kencang
e. saya meminta kepada kepala sekolah agar diberikan kewenangan untuk menertibkan siswa yang melakukan pelanggaran mengendarai sepeda motor ke sekolah
17. Anda
adalah guru yang belum memperoleh tunjangan sertifikasi guru. Suatu hari ada
pemebritahuan ada pemberitahuan melalui sms bangking bhwa di rekening anda ada
sejumlah uang yang masukdengan keterangan uang sertifikasi. Setelah
diklarifikasi uang tersebut ternyata uang tunjangan profesi 3 bulan milik teman
andayang kebetulan namanya sama dengan nama anda. Apa yang akan anda lakukan?
a. Memberitahu
teman anda bahawa uang tunjangan sertifikasi guru selama tiga bulan salah masuk
ke rekenign anda
b. Menyarankan
kepada petugas bank untuk berhati- hati dalam bertransaksi sehingga tidak
terjadi kesalahan lagi
c. Segera
mencairkan uang tersebut dan memberikan uang tersebut kepada teman anda yang
namanya sama
d. Melaporkan
kasus yang anda hadapi kepada kepala sekolah agar segera diselesaika oleh
petugas bank
e. Memberitahukan
kepada petugas bank agar segera memindahkan pen giriman uang ke rekening teman
anda
18. Anda
diminta menjadi salah satu juri dari 5 juri lomba kebersihan antar RT di
wilayah desa kelurahan tempat tinggal anda. Ketika menilai kebersihan RT sendiri
anda mengalami konflik batin .pada saat rapat tim juri penentuan juara, hal apa
yang akan anda lakukan...
a. Mengusulkan
kepada ketua tim juri agar penilaian anda terhadap RT sendri tidak digunakan
dalam menentukan juara
b. Membiarkan
hasil penilaian anda di RT sendiri menjadi bahan pertimbangan juara karna anda
menilai dengan objektif
c. Menyampaikan
konflik batin yg anda alami agar ditemukan solusi terbaik dalam menentukan RT
mana yg layak juara
d. Mengusulkan
untuk tahun yg akan datang jika menyelenggarakan lomba kebersihan antar RT
sebaikn ya menggunakan juri dari luar
e. Menyembunyikan
konflik batinsebab kalau disampaikan justru akan terkesan tidak objektif dalam
penialain kebersihan RT.
19. Seorang
siswa memprotes gurunya krna dianggap telah memberikan nilai yang rendah.
Menurut siswa ia telah belajar dengan giat dan dapat mengerjakan soal- soal
dengan mudah. Beberapa temannya yg merasa kesulitan mengerjakan soal ulangan
harian justru mendapat nilai yg lebih baik. Bagaimana tanggapan anda terhadap
siswa itu
a. dari pada menjadi masalah guru sebaiknya mengubah nilai siswa menjadi lebih baik sehingga tidak aka nada protes lagi
b. menjawab
protes siswa dengan menunjukkan rekap data seraya menyampaikan agar perbuatan
protes itu tidak di ulangi lagi
c. menjawab
protes siswa dengan menyatakan bahwa berapapun hasilnya Merupakan hak dan
kewenangan guru
d. menunjukkan dokumen ulangan dan menjelaskan ala an mengapa siswa itu mendapat nilai sesuai dengan yg diperolehnya
e. memnujukkan dokumen hasil ulangan harian dengan perasaan kecewa menjelaskan hasil ulangan harian secara objektif
20. Saat
ini kasus bullying (perundungan) terjadi disekolah semakin banyak terjadi.
Ketika mengetahui ada siswa yang menjadi korban bullying yang anda lakukan
adalah...
a. menasehati
siswa untuk tidak lagi bersinggungan dengan pelaku bullying
b. bersimpati
dan membesarkan hati siswa yang menjadi korban bullying
c. mempertemukan
pelaku dan korban bullying untuk menyelesaikan masalah serta menjelaskan arti penting
berteman dengan cara yang baik
d. menemui
pelaku bullying agar tidak melakukan lagi
e. mendampingi
siswa ketika harus berhubungan dengan pelaku bullying dan memberikan
langkah-langkah prefentif
0 komentar:
Post a Comment