Berbagi itu Indah, Walau Dikau Tak Menghargainya.......

Thursday, 18 July 2019

RPP BAHASA ARAB


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) K13

Nama Sekolah                    :   
Mata Pelajaran                   :    BAHASA ARAB
Kelas/Semester                   :    IV/I
Materi Pokok                      :    Alat – alat Sekolah
Alokasi Waktu                    :    2 x 35 menit (1 X Pertemuan)

 I.            KOMPETENSI INTI (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
 II.         KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR           
2.1 Melakukan dialog sederhana tentang المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف
Indikator :
2.1.1 Mampu membaca teks bacaan dengan benar
2.1.2 Mampu menghafal beberapa kosa kata baru
2.2.1 Mampu membuat kalimat berbahasa Arab dengan kosa kata yang baru dipelajari
2.2.2 Mampu memecahkan soal masalah yang diberikan
                                                                                       
 III.   Tujuan Pembelajaran
Setelah menerima materi pembelajaran diharapkan siswa dapat :
1.      Mampu membaca teks bacaan dengan benar
2.      Mampu menghafal beberapa kosa kata barudengan baik
3.      Mampu membuat kalimat berbahasa Arab dengan kosa kata yang baru dipelajari dengan tepat
4.      Mampu memecahkan soal masalah yang diberikan dengan benar
 IV.   Materi Pembelajaran
“Alat-alat Sekolah” 

    V.   Metode Pembelajaran
1.    Reading Aloud
2.    Inkuiri Mind
 VI.   Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.      Buku siswa, buku paket guru
2.      Spidol
3.      Benda-benda yang ada di kelas
VII.      Langkah-langkah Pembelajaran

NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
METODE
WAKTU
Sumber/ Media belajar
1.
PENDAHULUAN
10 menit
1.      Menyampaikan salam pembuka
2.      Absensi kelas
3.      Apersepsi :
-          Coba sebutkan terdapat benda apa saja yang ada disekitar kalian dalam kelas ini?
4.       Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ceramah
Ceramah
II.
KEGIATAN INTI
45 menit
Mengamati
1.      Guru meminta siswa membuka bukunya pada halaman materi yang akan di pelajari
2.      Kemudian Guru membagi siswa ke dalam 2 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 6 orang
-          Kelompok pertama membaca paragraph awal dengan suara keras dan bersama-sama,
-          Kemudian dilanjutkan membaca paragraph selanjutnya oleh kelompok kedua
Menanya
3.      Setelah membaca, siswa2 diminta mencari kosa kata baru yang belum dimengerti artinya, dan menulisnya di buku catatan masing2
Eksplorasi
4.      Kemudian siswa mencari sendiri jawabannya dengan dibantu oleh guru
ISTIRAHAT
Asosiasi
5.      Setelah itu, siswa diminta menghafalkan beberapa kosa kata tersebut, dan menutup bukunya
6.      Guru memberi tebakan pada tiap anak secara bergantian
Komunikasi
7.      Kemudian, guru memberikan permainan Poster Comment kepada tiap2 siswa, untuk memberi tes lisan
8.      Setelah selesai, guru memberi tes soal tertulis dan langsung dikumpulkan
Reading
Inkuiri mind
10 menit
25 menit
15 menit
Buku paket
Gambar
Lembar soal
III.
PENUTUP
15 menit
1.      Guru meminta siswa/ salah seorang siswa untuk  mengulang apa yang sudah dipelajari hari ini dari materi yang telah diajarkan
2.      Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk membaca dan mempelajari lagi materi yang didapat agar bisa lebih hapal dan mengerti
3.      Salam
Ceramah
VIII.      Penilaian

        1.      Teknik Penilaian  

            a. Penilaian Spiritual 
NO.
NAMA
ASPEK SIKAP YANG DIAMATI
JML SKOR DIDAPAT
NILAI AKHIR
KET
A
B
1. 
Syakila
4
3
7
3,5
A
2. 
Ulfa
4
3
7
3,5
A
3. 
Zuraida
4
2
6
3
B
4. 
5. 
a= berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
b= mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan

           b.  Penilaian Sikap:  Percaya diri, tertib, dan santun 

NO.

NAMA
ASPEK SIKAP YANG DIAMATI
JML SKOR DIDAPAT
NILAI AKHIR
KET
Percaya diri
Tertib
Santun
1. 
Syakila
2
3
3
8
2,67
B
2. 
Ulfa
3
2
2
7
2.33
B-
3. 
Zuraida
3
3
3
9
3
B+
4. 
5. 
Petunjuk :
Indikator penilaian sikap:
-          Percaya diri : dalam kegiatan refleksi
-          Tertib   : dalam kegiatan komunikasi
-          Santun : dalam kegiatan asosiasi
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. SKOR pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = Sudah Membudaya (SM), apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = Mulai Berkembang (MB), apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = Mulai Terlihat (MT), apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = Belum Terlihat (BT), apabila tidak pernah melakukan
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Sangat Baik     : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                 : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup             : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang                        :  skor ≤ 1,33
       c.  Penilaian Keterampulan Menulis Arab:  kerapian, kesesuaian dengan arti 

NO.
NAMA
ASPEK SIKAP YANG DIAMATI
Kerapian
Kesesuaian arti tulisan
S
B
S
B
1. 
Syakila
2. 
Ulfa
3. 
Zuraida
4. 
5. 
Keterangan:
S = Sudah mampu
B = Belum mampu

           d.  Penilaian Pengetahuan: Tes tulis dari guru
NO.
Nama
Nilai
Indeks nilai
1.       
Syakila
80
B
2.       
Ulfa
90
A
3.       
Zuraida
91
A
4.       
Soal A
1.      Terjemahkan kata-kata dibawah ini ke dalam bahasa Arab!
a.       Meja = . . . .
b.      Buku Tulis = . . . . .
c.       Pulpen = . . . .
d.      Tas = . . . .
e.       Papan tulis = . . . .
2.      Terjemahkan kalimat dibawah ini ke dalam bahasa Arab
a.       Itu buku tulis = . . . .
b.      Itu Tas = . . . ..
Soal B
1.      Terjemahkan kata-kata dibawah ini ke dalam bahasa Arab!
a.       Tas = . . . .
b.      Meja = . . . .
c.       Kursi= . . . .
d.      Papan Tulis = . . . .
2.      Terjemahkan kalimat dibawah ini ke dalam bahasa Arab
a.       Itu tas = . . . .
b.      Itu Polpen = . . . .
Pedoman pensekoran:
-          Nilai = (jumlah soal yang benar x 16 ) + 4
Keterangan:
A = 86 – 100
B = 76-85  
C  = 66-75 
D  = 60-65
E = dibawah 60
Menyetujui,
Kepala Madrasah,
.............................
NIP.
   ............. ,  .............  2019
Praktikan (Mahasiswa)
……………………….
NIP.       
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.

Ikuti Berbagi Aksara di Youtube

Blog Archive

Followers