1.
Proses
penilaian pada model project based cooperative learning dilakukan oleh . . .
a. Kepala
sekolah
b. Guru
c. Guru
dan siswa
d. Siswa
e. Teman
sebaya
2.
Model
pembelajaran project based cooperative learning merupakan model pembelajaran
yang dipandang menarik karena memiliki format instruksional yang inovatif
dimana peserta didik dapat memilih berbagai aspek tugas. Model project based
cooperative learning merupakan model gabungan yang dilaksanakan melalui
pengembangan penerapan ....
a. Kelompok
b. Penugasan
c. Masalah
d. Projek
e. Kooperatif
3.
Ketika
akan menggunakan suatu model pembelajaran guru perlu mempertimbangkan hasil
belajar apa yang dapat dicapai oleh siswa sebagai akibat dari model
pembelajaran yang digunakan tersebut. Hal ini berarti bahwa guru tersebut telah
memahami karakteristik model pembelajaran aspek....
a. Dampak
instruksional dan pengiring
b. Sarana
dan prasarana
c. Prinsip aksi dan reaksi
d. Sistem
pendukung dan fasilitas
e. Sistem
sosial dan lingkungan
Baca Juga: Soal Tes Formatif Modul 5 Kb2 Beserta Jawaban (Nilai 100)
Soal Tes Formatif Modul 5 Kb3 Beserta Jawaban (Nilai 100)
4.
Pelaksanaan
model simulasi pada dasarnya digunakan untuk mengembangkan pemahaman terhadap
suatu peristiwa yang mengarah kepada keterampilan psikomotorik agar kegiatan
lebih bermakna bagi siswa. Dalam model pembelajaran simulasi, peran yang tidak
dimainkan oleh guru adalah....
a. Pemeran
simulasi
b. Mendemonstrasikan
c. Mendiskusikan
d. Menjadi
penengah
e. Melatih
5.
Ada
banyak model pembelajaran yang dapat digunakan dalam mengimplementasikan
pendekatan sainfitik, satu di antaranya adalah model pembelajaran kooperatif
(cooperative learning). Pembelajaran kooperatif adalah....
a. Strategi
pembelajaran yang melibatkan perilaku koreksi diri
b. Strategi
pembelajaran yang mengintegrasikan metode, bahan ajar dan media pembelajaran
secara sistematis
c. Strategi
pembelajaran yang menyajikan situasi permasalahan kepada siswa dan dapat
berfungsi sebagai batu loncatan dalam penyelidikan
d. Strategi
pembelajaran yang terstruktur secara sistematis di mana siswa bekerjasama dalam
kelompok-kelompok kecil
e. Strategi
pembelajaran individual yang terstruktur secara sistematis dimana siswa bekerja
masing-masing
6.
Peran
guru dalam pembelajaran dengan model problem based learning adalah sebagai....
a. Sumber
belajar
b. Pelaksana
c. Pembimbing
d. Penentu
e. Pelatih
7.
Karakteristik
yang paling menonjol yang dimiliki oleh suatu model pembelajaran dibanding
pendekatan pembelajaran adalah bahwa model pembelajaran itu ....
a. Menjamin
hasil pembelajaran
b. Menyatakan
tujuan pembelajaran
c. Mempunyai
sintak atau tahapan pembelajaran
d. Menjelaskan
daya tarik pembelajaran
e. Memberi
jaminan mutu pembelajaran
8.
Langkah-langkah
umum model pembelajaran kooperatif secara urut adalah ….
a. Orientasi,
bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok
b. Orientasi,
penghargaan kelompok, bekerja kelompok kuis
c. Orientasi,
pengamatan, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok
d. Kuis,
penghargaan kelompok, bekerja kelompok, orientasi
e. Kuis,
bekerja kelompok, orientasi, penghargaan kelompok
9.
Pembelajaran
berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran
yang dilandasi teori konstruktivisme yang mengakomodasi keterlibatan siswa
dalam belajar dan pemecahan masalah otentik. Karakteristik masalah yang
digunakan pada model PBL adalah….
a. Abstrak
dan menyeluruh
b. Luas
dan detail
c. Otentik
dan bermakna
d. Tematik
dan kompleks
e. Kompleks
dan lengkap
10. Salah satu dampak pengiring dari penggunaan
model pembelajaran simulasi adalah….
a. Lebih
memahami permasalah kontektual
b. Sensitif
terhadap hubungan sebab dan pengaruh
c. Responsif
pada umpan balik
d. Kemandirian
siswa meningkat
e. Kepercayaan
diri sebagai siswa meningkat Baca Juga: Soal Tes Formatif Modul 5 Kb4 Beserta Jawaban (Nilai 100)
Terima kasih sudah berkunjung di blog kami. semoga bermanfaat.
0 komentar:
Post a Comment