Berbagi itu Indah, Walau Dikau Tak Menghargainya.......

Wednesday 10 July 2019

SOAL FORMATIF MODUL 5 KB1 BESERTA KUNCI JAWABAN (Nilai 100)

Formatif M5 KB1


       1.      Proses penilaian pada model project based cooperative learning dilakukan oleh . . . 

a. Kepala sekolah
b. Guru
c. Guru dan siswa                                   
d. Siswa
e. Teman sebaya


       2.      Model pembelajaran project based cooperative learning merupakan model pembelajaran yang dipandang menarik karena memiliki format instruksional yang inovatif dimana peserta didik dapat memilih berbagai aspek tugas. Model project based cooperative learning merupakan model gabungan yang dilaksanakan melalui pengembangan penerapan .... 

a. Kelompok
b. Penugasan
c. Masalah
d. Projek                                    
e. Kooperatif

       3.      Ketika akan menggunakan suatu model pembelajaran guru perlu mempertimbangkan hasil belajar apa yang dapat dicapai oleh siswa sebagai akibat dari model pembelajaran yang digunakan tersebut. Hal ini berarti bahwa guru tersebut telah memahami karakteristik model pembelajaran aspek.... 

a. Dampak instruksional dan pengiring                                   
b. Sarana dan prasarana
c. Prinsip aksi dan reaksi
d. Sistem pendukung dan fasilitas
e. Sistem sosial dan lingkungan
       4.      Pelaksanaan model simulasi pada dasarnya digunakan untuk mengembangkan pemahaman terhadap suatu peristiwa yang mengarah kepada keterampilan psikomotorik agar kegiatan lebih bermakna bagi siswa. Dalam model pembelajaran simulasi, peran yang tidak dimainkan oleh guru adalah.... 

a. Pemeran simulasi
b. Mendemonstrasikan                         
c. Mendiskusikan
d. Menjadi penengah
e. Melatih

       5.      Ada banyak model pembelajaran yang dapat digunakan dalam mengimplementasikan pendekatan sainfitik, satu di antaranya adalah model pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Pembelajaran kooperatif adalah.... 

a. Strategi pembelajaran yang melibatkan perilaku koreksi diri
b. Strategi pembelajaran yang mengintegrasikan metode, bahan ajar dan media pembelajaran secara sistematis
c. Strategi pembelajaran yang menyajikan situasi permasalahan kepada siswa dan dapat berfungsi sebagai batu loncatan dalam penyelidikan
d. Strategi pembelajaran yang terstruktur secara sistematis di mana siswa bekerjasama dalam kelompok-kelompok kecil                                 
e. Strategi pembelajaran individual yang terstruktur secara sistematis dimana siswa bekerja masing-masing

       6.      Peran guru dalam pembelajaran dengan model problem based learning adalah sebagai.... 

a. Sumber belajar
b. Pelaksana
c. Pembimbing                           
d. Penentu
e. Pelatih

       7.      Karakteristik yang paling menonjol yang dimiliki oleh suatu model pembelajaran dibanding pendekatan pembelajaran adalah bahwa model pembelajaran itu .... 

a. Menjamin hasil pembelajaran
b. Menyatakan tujuan pembelajaran
c. Mempunyai sintak atau tahapan pembelajaran                            
d. Menjelaskan daya tarik pembelajaran
e. Memberi jaminan mutu pembelajaran

       8.      Langkah-langkah umum model pembelajaran kooperatif secara urut adalah …. 

a. Orientasi, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok                     
b. Orientasi, penghargaan kelompok, bekerja kelompok kuis
c. Orientasi, pengamatan, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok
d. Kuis, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, orientasi
e. Kuis, bekerja kelompok, orientasi, penghargaan kelompok

       9.      Pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang dilandasi teori konstruktivisme yang mengakomodasi keterlibatan siswa dalam belajar dan pemecahan masalah otentik. Karakteristik masalah yang digunakan pada model PBL adalah…. 

a. Abstrak dan menyeluruh
b. Luas dan detail
c. Otentik dan bermakna                                  
d. Tematik dan kompleks
e. Kompleks dan lengkap

       10.  Salah satu dampak pengiring dari penggunaan model pembelajaran simulasi adalah….

a. Lebih memahami permasalah kontektual
b. Sensitif terhadap hubungan sebab dan pengaruh
c. Responsif pada umpan balik
d. Kemandirian siswa meningkat
e. Kepercayaan diri sebagai siswa meningkat 

Baca Juga: Soal Tes Formatif Modul 5 Kb4 Beserta Jawaban (Nilai 100)


Terima kasih sudah berkunjung di blog kami. semoga bermanfaat. 


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.

Ikuti Berbagi Aksara di Youtube

Blog Archive

Followers