Tema: Perencanaan Pembelajaran
1.
Merujuk
Permendikbud RI No 22 tahun 2016, karakteristik pembelajaran di pendidikan
dasar dan menengah adalah . . .
a. Pengembangan ketiga ranah secara parsial, dan fokus model pembelajaran berbasis masalah
b.
Pengembangan
ketiga ranah secara berkesimbungan, dan fokus model pembelajaran inqury
c. Pengembangan ranah kognitif secara utuh, dan pendekatan student centred learning
d. Pengembangan ketiga ranah secara parsial, dan fokus model scientific
e. Pengembangan ketiga ranah secara utuh, dan pendekatan student centred learning
2.
Sintaks model
scientific meliputi . . .
a.
Mengamati,
menanya, mendiskusikan, menegosiasikan, dan mengkomunikasikan
b. Mengamati, menanya, membuat hipotesis, menegosiasikan, dan menyusun laporan penelitian.
c. Membaca data, menanya, mengumpulkan, menegosiasikan, dan membuat laporan
d. Menidentifikasi masalah, menanya, mengumpulkan, menegosiasikan, dan menyusun laporan
e. Mengobservasi, menanya, mengumpulkan, menalar, dan mengkomunikasikan
3.
Pernyataan
berikut yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran (Permendikbud RI No 22
tahun 2016) adalah . . .
a. Partisipasi aktif peserta didik dan berpusat pada peserta didik
b.
Pembelajaran
yang bukan menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru
c. Dari pembelajaran berbasis kompetensi menuju pembelajaran berbasis konten dan tematik
d.
Dari peserta
didik mencari tahu menuju peserta didik diberi tahu
e.
Pembelajaran
dapat diimplementasikan kapan saja, dimana saja dan dengan siapa saja
Tema: Perencanaan Pembelajaran
4. Dalam Permendikbud RI No 22 tahun 2016 menjelaskan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mencakup sekurang-kurangnya . . .
a. Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar, dan bobot penilaian hasil belajar
b. Identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
c. Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
d. Kompetesi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
e. Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar, dan kunci jawaban tes
5. Dalam kurikulum
2013, model pembelajaran yang layak dikembangkan dalam RPP mengimplementasikan
. . .
a. Teacher centred learning model
b. Problem Based Learning Model
c.
Contekstual
Teaching Learning (CTL)
d. Mix centred learning models
e. Model Demonstrasi
6. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun untuk satu . . .
a. Tiga tujuan pembelajaran
b. Satu kompetensi dasar
c. Dua indicator
d. Satu kompetensi inti
e. Satu sampai dua pertemuan
7.
Dengan
disediakan dua magnet dan paku, siswa klas V SD melakukan percobaan tarik
menarik kutub medan magnet. Rumusan tujuan pembelajaran tersebut, kurang
komponen . . .
a. Kondisi dan tingkatan (degree)
b. Behavior dan
Degree
c. Kondisi
d. Degree
e. Audience
8.
Bapak Agus
menyadari bahwa belajar yang baik adalah memberikan pengalaman langsung pada
siswa. Bapak Agus memilih metode pembelajaran relevan adalah...
a.
Metode
eksperimen
b. Metode simulasi
c. Metode role playing
d. Metode praktikum demonstrasi
e. Metode diskusi
6. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun untuk satu . . .
a. Tiga tujuan pembelajaran
b. Satu kompetensi dasar
c. Dua indicator
d. Satu kompetensi inti
e. Satu sampai dua pertemuan
9. Seorang Guru mata pelajaran kimia hendak memeragakan proses kimia Sel Volta. Metode yang relevan untuk dipilih adalah . . .
a. Metode demonstrasi
b. Metode praktikum
c. Metode diskusi
d. Metode drill and practice
e. Metode eksperimen
9. Seorang Guru mata pelajaran kimia hendak memeragakan proses kimia Sel Volta. Metode yang relevan untuk dipilih adalah . . .
a. Metode demonstrasi
b. Metode praktikum
c. Metode diskusi
d. Metode drill and practice
e. Metode eksperimen
10. Dengan rumus pythagoras, siswa mampu menghitung sisi miring bangun siku-siku, merupakan rumusan kompetensi kognitif pada tingkatan . . .
a. Memahami
b. Menganalisis
c. Mengingat
d. Mencipta
e. Menerapkan
10. Dengan rumus pythagoras, siswa mampu menghitung sisi miring bangun siku-siku, merupakan rumusan kompetensi kognitif pada tingkatan . . .
a. Memahami
b. Menganalisis
c. Mengingat
d. Mencipta
e. Menerapkan
0 komentar:
Post a Comment