1. Penelitian
tindakan kelas bisa merupakan bagian dari Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan melibatkan keputusan pedagogis tercermin dalam kegiatan;
a. Meningkatkan
profesionalisme guru
b. Memperbaiki
mutu praktek pembelajaran di kelas (masalah yang dirasakan)
c. Melakukan
tindakan yang diyakini lebih baik
d. Memecahkan
masalah nyata di kelas
e. Meningkatkan
mutu pembelajaran dan mempertinggi mutu sekolah
2. Guru
secara yuridis adalah bagian dari tenaga kependidikan yang diakui sebagai profesi
dengan keahlian khusus. Manakah jenis kegiatan berikut yang memerlukan keahlian
khusus…
Select one:
a. Memilih
media, mengelola kelas, mengembangkan strategi pembelajaran
b. Memilih
metode, merancang media, menyerahkan nilai, membagikan rapor
c. Melakukan
analisis pembelajaran, mencatat peserta didik terlambat, mengabsen kehadiran
d. Membuka
pelajaran, melakukan ceramah, menutup pelajaran, mengelola tabungan
e. Membina
OSIS, mendampingi study tour, memimpin upacara, mengikuti rapat
3. Sikap
guru ini menunjukkan dirinya sebagai professional learning yang kurang tepat
dalam hal kompetensi pedagogi adalah
a. Mencari
jawaban atas persoalan di kelasnya melalui forum-forum diskusi
b. Memanfaatkan
program pendidikan dan latihan yang diselenggarakan pemerintah dengan aktif
berpartisipasi…
c. Mengikuti program diklat sesuai kebutuhan pribadi
d. Mengembangkan
budaya membaca
e. Merancang
dan melaksanakan PTK sampai melaksanakan tindaklanjut
4. Tindakan
yang bertolak belakang dengan keputusan-keputusan pedagogis sebagai ciri
belajar seorang professional adalah…
a. Mengedepankan
intuisi yang tajam
b. Mempertimbangkan
konteks
c. Menggunakan
pengalaman sebagai aktivitas belajar
d. Tindakan
bersumber dari sikap reflektif
e. Belajar
berbasis pengalaman melalui proses aksi refleksi secara siklikal
5. Salah
satu ciri profesi adalah merupakan aktivitas intelektual. Manakah pernyataan
yang paling sesuai dengan pernyataan di atas…
a. Mengelompokkan
peserta didik sesuai persepsi kita terhadap siswa
b. Memilih media dengan mempertimbangkan
karakteristik materi, peserta didik, dan tujuan pembelajaran
c. Memelihara
kebiasaan yang ada dan sudah berjalan baik
d. Menggunakan
intuisi yang baik dalam memilih metode pembelajaran
e. Melestarikan
metode pembelajaran yang selama ini diterapkan para senior
6. Fungsi
organisasi profesi sesuai pasal 41 ayat (2) UUGD adalah untuk…
a. Melindungi
anggota, menjaga kekompakan, mencari bantuan dana, memajukan pendidikan
b. Memajukan profesi, meningkatkan kompetensi,
karier, wawasan kependidikan, perlindungan profesi dan pengabdian kepada
masyarakat
c. Menambah
pendapatan, memajukan masyarakat dan meningkatkan kepedulian sosial
d. Memperkuat
identitas, memberikan ciri pokok, mengembangkan solidaritas dan mewadahi bakat
minat
e. Berbagi
informasi, mensejahterakan anggota, meningkatkan pengetahuan anggota dan
melatih loyalitas
7. Berikut
merupakan pernyataan yang benar mengenai suatu profesi pendidikan;
a. Memiliki
kekebalan hukum
b. Memiliki
organisasi profesi yang kuat
c. Merupakan
aktivitas yang bersifat intuitif
d. Mengutamakan
layanan kepada anggota agar bisa mengabdi pada masyarakat
e. Memiliki
kajian spesifik yang pernah digeluti, direfleksikan dan dikembangkan
8. Manakah
alasan yang paling tepat pentingnya perubahan paradigma terhadap pembelajaran
abad 21…
a. Abad
21 penuh tantangan sehingga kontrol guru harus semakin diperketat
b. Teknologi
informasi dan komunikasi menyebabkan perubahan peran guru bukan lagi
satu-satunya sumber belajar
c. Teknologi
informasi dan komunikasi sangat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan
d. Semakin
canggih teknologi maka pembelajaran akan semakin berhasil
e. Teknologi
informasi dan komunikasi bisa mengatasi seluruh persoalan pembelajaran
9. Sebagai
antisipasi terhadap perkembangan teknologi maka guru sebagai suatu profesi
sebaiknya…
a. Mengikuti
kursus penguasaan program aplikasi terbaru
b. Meningkatkan
penguasaan keterampilan teknis pengoperasian komputer
c. Meningkatkan
kemampuan merawat komputer dan jaringan
d. Membeli
perangkat ICT keluaran terbaru secara periodik
e. Meningkatkan
kemampuan integrasi teknologi ke dalam sistem pembelajaran
10. Manakah kelompok kegiatan berikut yang
merupakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pengembangan diri secara
kolektif…
a. Menulis
artikel membuat laporan PTK dan menghasilkan media pembelajaran
b. Mengikuti
diklat pengembangan media pembelajaran
c. Menempuh
jenjang pendidikan yang lebih tinggi
d. Menghadiri
forum KKG, MGMP dan diskusi ilmiah
e. Menghasilkan
model pembelajaran inovatif
Terima kasih sudah berkunjung di blog kami. semoga bermanfaat
0 komentar:
Post a Comment