1. Makna qashash
pada lafad yang digarisbawahi pada penggalan surat Ali Imran ayat 62 berikut
adalah …
إِنَّ
هَٰذَا لَهُوَ ٱلۡقَصَصُٱلۡحَقُّۚ وَمَا مِنۡ إِلَٰهٍ إِلَّا ٱللَّهُۚ
a. kisah-kisah umat terdahulu
b. mengungkapkankisah Nabi-nabi
c.
cerita yang diikuti kebenarannya
d. mengikuti jejak masa lalu
2.
Berikut ini merupakan
macam-macam qashash yang disampaikan dalam al-Alquran, kecuali …
a. kisah yang berkenaan dengan
orang-orang di masa lampau yang tidak tergolong Nabi
b. peristiwa-peristiwa yang terjadi
pada masa Nabi
c.
peristiwa-peristiwa yang berkenaan dengan perjuangan para sahabat nabi
d. Kisah nabi-nabi
3.
Penyebutan
kisah-kisah dalam al-Alquran memiliki fungsi, diantaranya; pertama, memberikan
pengertian tentang sesuatu yang terjadi dengan sebenarnya, dan kedua, agar
dijadikan sebagai ibrah untuk memperkokoh keimanan dan membimbing manusia
kejalan yang benar. Salah satu kisah tersebut dinyatakan dalam Q.S. Hud ayat 50
yang dimaksudkan untuk …
a. Menetapkan bahwa al-Alquran adalah
benar-benar wahyu dari Allah
b. Mengingatkan anak cucu Adam atas
tipu daya syetan yang merupakan musuh yang abadi bagi manusia
c. Mengungkapkan janji pertolongan
Allah kepada para Nabi nya dan menghukum orang-orang yang mendustakannya
d.
Menerangkan bahwa misi para nabi dalam berdakwah adalah sama, yaitu mengesakan
Allah
4.
Dalam kitab Mabahits
fi Ulumal-Quran karya Manna al-Qatan diuraikan bahwa macam-macam qashash yang
disampaikan dalam Alquran, salah satunya adalah kisah para Nabi. Janji
pertolongan Allah kepada para Nabi nya dan menghukum orang-orang yang
mendustakannya, merupakan salah satu contoh qashash tentang kisah Nabi Nuh yang
tercantum dalam al-Alquran surat …
a.
al-Ankabut ayat 14
b. hud ayat 50
c. al-Ankabut ayat 12
d. hud ayat 25
5. Qashash dalam Al-quran yang menjelaskan tentang
peristiwa-peristiwa di masa lampau, salah satunya adalah kisah tentang ashabul
Kahfi. Potongan ayat dalam surat al-Kahfi: 13 berikut menjelaskan tentang …
إِنَّهُمۡ فِتۡيَةٌ ءَامَنُواْ بِرَبِّهِمۡ وَزِدۡنَٰهُمۡ هُدٗى ١٣
a.
Keimanan pemuda-pemuda ashabul kahfi
b. kisah pemuda yang menyebarkan
dakwah Islam
c. kisah pemuda pada zaman sebelum
kenabian
d. kisah pemuda-pemuda yang kuat
6.
Pada kisah Nabi
Yusuf, Alquran memulainya dengan ayat yang artinya: “Kami menceritakan kepadamu
cerita yang paling baik, dengan mewahyukan Alquran ini kepadamu … (Q.S. Yusuf:
3)”. Setelah mengemukakan kebaikan dari cerita yang disampaikan, barulah
Alquran menguraikan kisah Nabi Yusuf secara deskriptif sampai selesai. Metode
ini disebut metode deduksi untuk mengungkapkan suatu kisah dalamal-Alquran. Apa
yang dimaksud dengan metode deduksi?
a. Pengungkapan kisah dalam Alquran
yang dimulai secara terperinci, kemudian disimpulkan.
b.
Pengungkapan kisah dalam Alquran yang dimulai secara umum, kemudian menguraikan
secara rinci dari awal sampai akhir
c. Pengungkapan kisah dalam Alquran
yang melalui dialog yang terjadi antara tokoh dalam cerita tersebut.
d. Pengungkapan kisah dalam Alquran
yang dimulai dengan pengungkapan hikmah yang dapat diambil
7.
Kisah Nabi Ibrahim
As. yang menyembelih puteranya Ismail As. merupakan salah satu qashash dalam
Alquran yang mengajarkan kepada kita tentang ...
a.
Sikap rela berkorban dan kepatuhan seorang anak kepada orang tua
b. Pentingnya sikap optimis dan
qana’ah dalam kehidupan sehari-hari
c. Sikap tabah dan sabar dalam
menghadapi berbagai cobaan hidup
d. Kegigihan seorang anak dalam
memperjuangkan agamanya
8.
Terjemah ayat yang
digaris bawahi pada surat ar-Rum ayat 3, di atas adalah sebagai berikut ...
الٓمٓ
١ غُلِبَتِ ٱلرُّومُ ٢ فِيٓ أَدۡنَى ٱلۡأَرۡضِوَهُم مِّنۢ بَعۡدِ غَلَبِهِمۡ
سَيَغۡلِبُونَ ٣ فِي بِضۡعِ سِنِينَۗ لِلَّهِ ٱلۡأَمۡرُ مِن قَبۡلُ وَمِنۢ بَعۡدُۚ
وَيَوۡمَئِذٖ يَفۡرَحُ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ ٤ بِنَصۡرِٱللَّهِۚ يَنصُرُ مَن يَشَآءُۖ وَهُوَ
ٱلۡعَزِيزُٱلرَّحِيمُ ٥
a. dan mereka sesudah dikalahkan itu
akan menang dalam beberapa tahun (lagi)
b.
bagi Allah-lah urusan sebelum dan sesudah (mereka menang)
c. di hari (kemenangan bangsa Romawi)
itu bergembiralah orang-orang yang beriman, karena pertolongan Allah
d. Telah dikalahkan bangsa Romawi di
negeri yang terdekat
9.
Salah satu kisah
yang menggambarkan wawasan prospektif al-Alquran adalah tentang perjuangan
eksistensi Islam di tengah-tengah masyarakat jahiliyyah, ketika terjadi
peperangan antara Romawi dan Persia, dimana kaum muslimin berpihak kepada
Romawi sebagai bangsa yang mengakui adanyaTuhan. Kisah ini dituangkan dalam
Q.S. ar-Rum ayat 1-5. Ayat tersebut merupakan bukti tentang ...
a. Kemukjizatan Alquran sebagai suatu kebenaran tentang
berita yang dikabarkannya
b. Kemukjizatan Alquran yang bersifat
universal
c. Kemukjizatan Alquran dengan
uslub-uslubnya yang tiada duanya
d. Kemukjizatan Alquran dengan gaya
bahasanya yang indah
10.
Di dalam Alquran,
kisah tentang Nabi-nabi sering diungkapkan secara berulang-ulang, seperti kisah
Nabi Musa dan Fir’aun yang terdapat pada 44 surat dan terulang sekitar 30 kali.
Pengulangan kisah-kisah dalam al-Alquran mengandung hikmah ...
a. untuk mempelajari sejarah Islam
b.
agar pesan-pesan yang terkandung dalam qashash tersebut mudah diingat dan
meresap pada jiwa para pendengarnya
c. Untuk menegaskan bahwa Alquran
diturunkan untuk kaum tertentu
d. untuk menetapkan bahwa Alquran
benar-benar wahyu dari Allah
0 komentar:
Post a Comment