Berbagi itu Indah, Walau Dikau Tak Menghargainya.......

Tuesday, 30 July 2019

SOAL FORMATIF AL_QUR"AN HADITS

SOAL FORMATIF AL_QUR"AN HADITS M1 KB4



1.      Makna qashash pada lafad yang digarisbawahi pada penggalan surat Ali Imran ayat 62 berikut adalah …
إِنَّ هَٰذَا لَهُوَ ٱلۡقَصَصُٱلۡحَقُّۚ وَمَا مِنۡ إِلَٰهٍ إِلَّا ٱللَّهُۚ
a. kisah-kisah umat terdahulu
b. mengungkapkankisah Nabi-nabi
c. cerita yang diikuti kebenarannya
d. mengikuti jejak masa lalu


2.       Berikut ini merupakan macam-macam qashash yang disampaikan dalam al-Alquran, kecuali …
a. kisah yang berkenaan dengan orang-orang di masa lampau yang tidak tergolong Nabi
b. peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa Nabi
c. peristiwa-peristiwa yang berkenaan dengan perjuangan para sahabat nabi
d. Kisah nabi-nabi

3.       Penyebutan kisah-kisah dalam al-Alquran memiliki fungsi, diantaranya; pertama, memberikan pengertian tentang sesuatu yang terjadi dengan sebenarnya, dan kedua, agar dijadikan sebagai ibrah untuk memperkokoh keimanan dan membimbing manusia kejalan yang benar. Salah satu kisah tersebut dinyatakan dalam Q.S. Hud ayat 50 yang dimaksudkan untuk …
a. Menetapkan bahwa al-Alquran adalah benar-benar wahyu dari Allah
b. Mengingatkan anak cucu Adam atas tipu daya syetan yang merupakan musuh yang abadi bagi manusia
c. Mengungkapkan janji pertolongan Allah kepada para Nabi nya dan menghukum orang-orang yang mendustakannya
d. Menerangkan bahwa misi para nabi dalam berdakwah adalah sama, yaitu mengesakan Allah

4.       Dalam kitab Mabahits fi Ulumal-Quran karya Manna al-Qatan diuraikan bahwa macam-macam qashash yang disampaikan dalam Alquran, salah satunya adalah kisah para Nabi. Janji pertolongan Allah kepada para Nabi nya dan menghukum orang-orang yang mendustakannya, merupakan salah satu contoh qashash tentang kisah Nabi Nuh yang tercantum dalam al-Alquran surat …
a. al-Ankabut ayat 14
b. hud ayat 50
c. al-Ankabut ayat 12
d. hud ayat 25

5.      Qashash dalam Al-quran yang menjelaskan tentang peristiwa-peristiwa di masa lampau, salah satunya adalah kisah tentang ashabul Kahfi. Potongan ayat dalam surat al-Kahfi: 13 berikut menjelaskan tentang …
إِنَّهُمۡ فِتۡيَةٌ ءَامَنُواْ بِرَبِّهِمۡ وَزِدۡنَٰهُمۡ هُدٗى ١٣
a. Keimanan pemuda-pemuda ashabul kahfi
b. kisah pemuda yang menyebarkan dakwah Islam
c. kisah pemuda pada zaman sebelum kenabian
d. kisah pemuda-pemuda yang kuat

6.      Pada kisah Nabi Yusuf, Alquran memulainya dengan ayat yang artinya: “Kami menceritakan kepadamu cerita yang paling baik, dengan mewahyukan Alquran ini kepadamu … (Q.S. Yusuf: 3)”. Setelah mengemukakan kebaikan dari cerita yang disampaikan, barulah Alquran menguraikan kisah Nabi Yusuf secara deskriptif sampai selesai. Metode ini disebut metode deduksi untuk mengungkapkan suatu kisah dalamal-Alquran. Apa yang dimaksud dengan metode deduksi?
a. Pengungkapan kisah dalam Alquran yang dimulai secara terperinci, kemudian disimpulkan.
b. Pengungkapan kisah dalam Alquran yang dimulai secara umum, kemudian menguraikan secara rinci dari awal sampai akhir
c. Pengungkapan kisah dalam Alquran yang melalui dialog yang terjadi antara tokoh dalam cerita tersebut.
d. Pengungkapan kisah dalam Alquran yang dimulai dengan pengungkapan hikmah yang dapat diambil

7.       Kisah Nabi Ibrahim As. yang menyembelih puteranya Ismail As. merupakan salah satu qashash dalam Alquran yang mengajarkan kepada kita tentang ...
a. Sikap rela berkorban dan kepatuhan seorang anak kepada orang tua
b. Pentingnya sikap optimis dan qana’ah dalam kehidupan sehari-hari
c. Sikap tabah dan sabar dalam menghadapi berbagai cobaan hidup
d. Kegigihan seorang anak dalam memperjuangkan agamanya

8.       Terjemah ayat yang digaris bawahi pada surat ar-Rum ayat 3, di atas adalah sebagai berikut ...
الٓمٓ ١  غُلِبَتِ ٱلرُّومُ ٢  فِيٓ أَدۡنَى ٱلۡأَرۡضِوَهُم مِّنۢ بَعۡدِ غَلَبِهِمۡ سَيَغۡلِبُونَ ٣ فِي بِضۡعِ سِنِينَۗ لِلَّهِ ٱلۡأَمۡرُ مِن قَبۡلُ وَمِنۢ بَعۡدُۚ وَيَوۡمَئِذٖ يَفۡرَحُ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ ٤ بِنَصۡرِٱللَّهِۚ يَنصُرُ مَن يَشَآءُۖ وَهُوَ ٱلۡعَزِيزُٱلرَّحِيمُ ٥
a. dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang dalam beberapa tahun (lagi)
b. bagi Allah-lah urusan sebelum dan sesudah (mereka menang)
c. di hari (kemenangan bangsa Romawi) itu bergembiralah orang-orang yang beriman, karena pertolongan Allah
d. Telah dikalahkan bangsa Romawi di negeri yang terdekat

9.       Salah satu kisah yang menggambarkan wawasan prospektif al-Alquran adalah tentang perjuangan eksistensi Islam di tengah-tengah masyarakat jahiliyyah, ketika terjadi peperangan antara Romawi dan Persia, dimana kaum muslimin berpihak kepada Romawi sebagai bangsa yang mengakui adanyaTuhan. Kisah ini dituangkan dalam Q.S. ar-Rum ayat 1-5. Ayat tersebut merupakan bukti tentang ...
a. Kemukjizatan Alquran sebagai suatu kebenaran tentang berita yang dikabarkannya
b. Kemukjizatan Alquran yang bersifat universal
c. Kemukjizatan Alquran dengan uslub-uslubnya  yang tiada duanya
d. Kemukjizatan Alquran dengan gaya bahasanya yang indah

10.   Di dalam Alquran, kisah tentang Nabi-nabi sering diungkapkan secara berulang-ulang, seperti kisah Nabi Musa dan Fir’aun yang terdapat pada 44 surat dan terulang sekitar 30 kali. Pengulangan kisah-kisah dalam al-Alquran mengandung hikmah ...
a. untuk mempelajari sejarah Islam
b. agar pesan-pesan yang terkandung dalam qashash tersebut mudah diingat dan meresap pada jiwa para pendengarnya
c. Untuk menegaskan bahwa Alquran diturunkan untuk kaum tertentu
d. untuk menetapkan bahwa Alquran benar-benar wahyu dari Allah

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.

Ikuti Berbagi Aksara di Youtube

Blog Archive

Followers