Berbagi itu Indah, Walau Dikau Tak Menghargainya.......

Wednesday, 10 July 2019

SOAL TES FORMATIF MODUL 5 KB2 BESERTA JAWABAN (NILAI 100)


 TES FORMATIF M5 KB2

       1.       Konsep Kemp dan Dayton (1985), manfaat media pembelajaran adalah ...

a. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
b. Meningkatkan profesionalisme guru
c. Lebih menghemat tenaga dan waktu dalam proses pembelajaran
d. Penyampaian materi ajar lebih mudah
e. Lebih efisien biaya produksi


       2.       Dalam pembelajaran, berikut ini yang termasuk empat ragam sumber belajar adalah ... 

a. Kepala sekolah, guru, guru BK, dan instruktur
b. Guru, instruktur, job sheet, dan bengkel
c. Alat peraga, guru, buku paket pelajaran, dan LKPD
d. Instruktur, buku, job sheet, dan peralatan praktik
e. Guru, media pembelajaran, buku, lingkungan belajar

       3.       Pak Aton, guru seni musik di SMP akan menerapkan strategi mendemonstrasikan dengan media untuk pembelajaran keterampilan bermain gitar teknik Holding Pick, namun sayangnya tangan jari tangan kanannya sedang cidera. Menurut Sdr. jenis media apa yang relevan dipilih oleh Pak Anton ...

a. Program presentasi, yang menjelaskan prosedur bermain gitar teknik Holding Pick
b. Media cetak,LKPD yang menjelaskan prosedur keterampilan bermain gitar teknik Holding pick
c. Program siaran langsung TV edukasi tentang teknik Holding Pick
d. Program video demonstrasi bermain gitar teknik Holding Pick
e. Demonstrasi dilakukan seorang siswa yang sudah terampil bermain gitar teknik Holding Pick

       4.       Seorang guru SMP kebingungan dalam memilih media pembelajaran yang relevan. Menurut Sdr. kriteria dominan yang paling menentukan dalam pemilihan media pembelajaran... 

a. Kesesuaian dengan Model atau strategi pembelajaran
b. Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
c. Biaya produksi media yang murah
d. Kemampuan dan karakter guru
e. Ketersediaan sumber di sekolah

       5.       Definisi media berikut yang relevan untuk mengimplementasikan pendekatan student center learning adalah ...

a. Teknologi yang dapat mentransformasi pesan, sehingga peserta didik berminat, dan menarik mengkuti pembelajaran yang bervariasi
b. Teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran sehingga memudahkan guru dalam memanipulasi gambar, suara, video dan animasi.
c. Teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran
d. Segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari guru ke siswa sehingga mampu merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa untuk terjadi proses belajar
e. Sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran

       6.       Media pembelajaran berikut yang memiliki relevan tinggi untuk mengajarkan keterampilan prosedur adalah ... 

a. Modul pembelajaran
b. Media grafis terstruktur.
c. Media gambar berseri
d. Program video instruksional
e. Program slide suara

       7.       Desain tampilan multimedia kata-kata, gambar, dan video yang disajikan saling berdekatan dalam satu slide, merupakan penerapan prinsip ... 

a. Kesinambungan waktu
b. Koherensi
c. Modalitas belajar
d. Kesinambungan spasial
e. Redunansi

       8.       Fungsi media pembelajaran adalah . . .

a. Meningkatkan komunikasi multiarah antara siswa, lingkungan, dan bahan ajar
b. Memperjelas penyajian pesan agar tidak bersifat verbalistis
c. Sebagai alat bantu pembelajaran
d. Meningkatkan hasil belajar siswa
e. Menggantikan peran guru dalam pembelajaran teori maupun praktik

       9.       Pengertian multimedia pembelajaran menurut Hackbart (1996) adalah . . . 

a. Mengintegrasikan dua atau lebih media dalam pembelajaran
b. Suatu program pembelajaran yang mencakup berbagai sumber yang terintegrasi berbagai unsur-unsur media dalam suatu program (software) komputer
c. Menggabungkan media teks, video, grafis, suara, animasi dan interaktif secara terintegrasi
d. Penggabungan media pembelajaran analog dan digital untuk menyajikan tampilan yang efisien, efektif dan berdayaguna
e. Karakterisasi tampilan unsur teks, gambar, suara, animasi dan video yang diorganisasi dalam suatu program yang terintegrasi

       10.   Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas kumunikasi pembelajaran adalah ... 

a. Guru, siswa, materi, metode penyampaian, dan media pembelajaran
b. Komunikator, komunikan, materi ajar, strategi penyampaian, dan tujuan pembelajaran
c. Siswa, karakteristik komunikan, materi ajar, strategi penyampaian, dan media pembelajaran
d. Komunikator, guru, materi, strategi penyampaian, dan media pembelajaran
e. Komunikator, komunikan, materi ajar, pesan, dan strategi penyampaian



Terima kasih sudah berkunjung di blog kami. semoga bermanfaat. 




Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.

Ikuti Berbagi Aksara di Youtube

Blog Archive

Followers