1.
Konsep Kemp dan
Dayton (1985), manfaat media pembelajaran adalah ...
a. Proses
pembelajaran menjadi lebih interaktif
b. Meningkatkan
profesionalisme guru
c. Lebih
menghemat tenaga dan waktu dalam proses pembelajaran
d. Penyampaian
materi ajar lebih mudah
e. Lebih
efisien biaya produksi
2.
Dalam pembelajaran, berikut
ini yang termasuk empat ragam sumber belajar adalah ...
a. Kepala
sekolah, guru, guru BK, dan instruktur
b. Guru,
instruktur, job sheet, dan bengkel
c. Alat
peraga, guru, buku paket pelajaran, dan LKPD
d. Instruktur,
buku, job sheet, dan peralatan praktik
e. Guru,
media pembelajaran, buku, lingkungan belajar
3.
Pak Aton, guru seni
musik di SMP akan menerapkan strategi mendemonstrasikan dengan media untuk pembelajaran
keterampilan bermain gitar teknik Holding Pick, namun sayangnya tangan jari
tangan kanannya sedang cidera. Menurut Sdr. jenis media apa yang relevan
dipilih oleh Pak Anton ...
a. Program
presentasi, yang menjelaskan prosedur bermain gitar teknik Holding Pick
b. Media cetak,LKPD yang menjelaskan prosedur
keterampilan bermain gitar teknik Holding pick
c. Program
siaran langsung TV edukasi tentang teknik Holding Pick
d. Program
video demonstrasi bermain gitar teknik Holding Pick
e. Demonstrasi
dilakukan seorang siswa yang sudah terampil bermain gitar teknik Holding Pick
4.
Seorang guru SMP
kebingungan dalam memilih media pembelajaran yang relevan. Menurut Sdr. kriteria
dominan yang paling menentukan dalam pemilihan media pembelajaran...
a. Kesesuaian
dengan Model atau strategi pembelajaran
b. Kesesuaian
dengan tujuan pembelajaran
c. Biaya produksi media yang murah
d. Kemampuan
dan karakter guru
e. Ketersediaan
sumber di sekolah
5.
Definisi media
berikut yang relevan untuk mengimplementasikan pendekatan student center
learning adalah ...
a. Teknologi
yang dapat mentransformasi pesan, sehingga peserta didik berminat, dan menarik
mengkuti pembelajaran yang bervariasi
b. Teknologi
pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran sehingga
memudahkan guru dalam memanipulasi gambar, suara, video dan animasi.
c. Teknologi
pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran
d. Segala
sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari guru ke siswa sehingga mampu
merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa untuk terjadi proses
belajar
e. Sarana
fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran
6.
Media pembelajaran
berikut yang memiliki relevan tinggi untuk mengajarkan keterampilan prosedur
adalah ...
a. Modul
pembelajaran
b. Media
grafis terstruktur.
c. Media
gambar berseri
d. Program
video instruksional
e. Program
slide suara
7.
Desain tampilan
multimedia kata-kata, gambar, dan video yang disajikan saling berdekatan dalam
satu slide, merupakan penerapan prinsip ...
a. Kesinambungan
waktu
b. Koherensi
c. Modalitas
belajar
d. Kesinambungan
spasial
e. Redunansi
8.
Fungsi media
pembelajaran adalah . . .
a. Meningkatkan
komunikasi multiarah antara siswa, lingkungan, dan bahan ajar
b. Memperjelas
penyajian pesan agar tidak bersifat verbalistis
c. Sebagai
alat bantu pembelajaran
d. Meningkatkan
hasil belajar siswa
e. Menggantikan
peran guru dalam pembelajaran teori maupun praktik
9.
Pengertian
multimedia pembelajaran menurut Hackbart (1996) adalah . . .
a. Mengintegrasikan
dua atau lebih media dalam pembelajaran
b. Suatu
program pembelajaran yang mencakup berbagai sumber yang terintegrasi berbagai
unsur-unsur media dalam suatu program (software) komputer
c. Menggabungkan
media teks, video, grafis, suara, animasi dan interaktif secara terintegrasi
d. Penggabungan
media pembelajaran analog dan digital untuk menyajikan tampilan yang efisien,
efektif dan berdayaguna
e. Karakterisasi
tampilan unsur teks, gambar, suara, animasi dan video yang diorganisasi dalam
suatu program yang terintegrasi
10.
Faktor-faktor yang
mempengaruhi kualitas kumunikasi pembelajaran adalah ...
a. Guru,
siswa, materi, metode penyampaian, dan media pembelajaran
b. Komunikator,
komunikan, materi ajar, strategi penyampaian, dan tujuan pembelajaran
c. Siswa,
karakteristik komunikan, materi ajar, strategi penyampaian, dan media
pembelajaran
d. Komunikator,
guru, materi, strategi penyampaian, dan media pembelajaran
e. Komunikator,
komunikan, materi ajar, pesan, dan strategi penyampaian
Terima kasih sudah berkunjung di blog kami. semoga bermanfaat.
0 komentar:
Post a Comment