Berbagi itu Indah, Walau Dikau Tak Menghargainya.......

Thursday, 11 July 2019

SOAL TES SUMATIF MODUL 5 (NILAI 93.33)


  1.      Kurikulum 2013 memberi penekanan pada pendekatan student center learning. Definisi media berikut yang sesuai untuk mengimplementasikan adalah…

a. Teknologi dan bukan teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran
b. Teknologi yang dapat mentransformasi pesan sehingga peserta didik berminat dan menarik mengkuti pembelajaran yang bervariasi
c. Sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran
d. Teknologi hardware pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran sehingga memudahkan guru dalam menyampaikan materi
e. Segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari komunikator ke komunikan, sehingga mampu merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa untuk terjadi proses belajar


      2.      Bahan ajar yang baik harus disusun secara sistematis. Bahan ajar yang sistematis artinya bahan ajar tersebut dikembangkan....

a. secara runtut dan memuat komponen ajar
b. Penuh dengan ilustrasi dan gambar
c. menurut urutan buku teks
d. dengan dukungan banyak referensi literatur
e. menurut abjad dengan bahasa ragam ilmiah

       3.      Karakteristik pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah yang relevan dengan implementasi kurikulum 2013 adalah...

a. Pengembangan ranah kognitif secara utuh dan pendekatan student centred learning
b. Pengembangan ketiga ranah secara utuh dan pendekatan student centered learning
c. Pengembangan ranah kognitif, afektif, psikomotor secara berkesimbungan dan fokus model pembelajaran inqury
d. Pengembangan ketiga ranah secara parsial, dan fokus model scientific
e. Pembelajaran tematik dan fokus model pembelajaran berbasis masalah

       4.      Terdapat banyak model pembelajaran kooperatif lebih dari 50 tipe. Namun baru beberapa yang biasa diterapkan di satuan pendidikan formal. Model pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dan cocok untuk guru pemula adalah....

a. Group Investigation (GI)
b. Team Assisted Individualization (TAI)
c. STAD
d. JIGSAW
e. Teams Games Tournament (TGT)

      5.      28. Bahan ajar yang berkualitas harus sesuai dengan tujuan pembelajaran, akurat, mutakhir, dengan komponen yang komprehensif, artinya bahan ajar telah memenuhi kriteria….

a. komponen lengkap
b. Konten
c. unsur pelengkap
d. penyajian
e. Ilustrasi

     6.      Ibu Novi, guru mata pelajaran kimia akan memeragakan proses kimia Sel Volta. Menurut Saudara, metode pembelajaran paling cocok dipilih adalah …

a. Metode diskusi
b. Metode simulasi
c. Metode ceramah
d. Metode praktikum
e. Metode demonstrasi

      7.      Pada sintak model Problem Based Learning (PBL) langkah mengembangkan dan menyajikan hasil karya merupakan langkah atau tahap ke....

a. keempat
b. pertama
c. kedua
d. kelima
e. ketiga

      8.      Modul merupakan bahan ajar yang khas memiliki struktur…..

a. Sistematis dan utuh
b. Nyata dan jelas
c. Lengkap dan menyeluruh
d. Instruksional dan realistis
e. Instruksional dan menyeluruh

      9.      Di abad informasi ini peran bahan bagi siswa juga luar biasa. Peran bahan ajar tersebut bagi para siswa antara lain adalah....

a. Menghemat waktu dan tenaga untuk belajar
b. Siswa menjadi lebih terarah dalam belajar siswa
c. Memudahkan siswa dalam mencari sumber
d. Mendukung pengerjaan tugas
e. Proses memahami materi lebih cepat dan mudah

     10.  Guru dapat membuat hand-out sebagai bahan ajar untuk para siswanya karena bahan ajar hand-out memiliki manfaat yang besar yaitu...

a. Melengkapi kekurangan materi yang disampaikan
b. Untuk memberikan bahan pengayaan atau remedial
c. Membetulkan konsep-konsep yang salah dalam penjelasan
d. Menggantikan ketidakhadiran guru
e. Menjadi ilustrasi yang bermanfaat bagi kejelasan materi

     11.  "Dengan rumus hukum Pascal siswa mampu menghitung tekanan (P)", merupakan rumusan kompetensi kognitif pada tingkatan …..

a. Mengevaluasi
b. Mencipta
c. Menganalisis
d. Menerapkan
e. Memahami

     12.  Dalam pembelajaran yang berbasis Student Center Learning, berikut ini yang termasuk empat jenis sumber belajar adalah…
Select one:
a. Media pembelajaran, buku, alat peraga dan peralatan praktik
b. Kepala sekolah, guru, guru BK dan instruktur
c. Media pembelajaran Mock-up, guru, buku paket pelajaran dan LKPD
d. Guru, media wallchart, buku, lingkungan belajar
e. Guru, instruktur, job sheet dan buku panduan praktikum

     13.  Salah satu tahap (syntak) dalam model pembelajaran Simulasi (Joyce Weil dan Calhoun 2009) adalah Latihan Partisipasi. Kegiatan yang termasuk dalam tahap Latihan Partisipasi tersebut adalah....

a. membuat skenario dan tujuan
b. menyajikan topik luas mengenai simulasi & konsep dalam aktivitas simulasi
c. menganalisis proses
d. memimpin aktivitas permainan dan administrasi permainan
e. memimpin aktivitas permainan dan menganalisis proses

       14.  Ragam bahasa yang digunakan dalam bahan ajar yang efektif adalah....:

a. Ragam bahasa formal
b. Ragam campuran antara daerah dan bahasa Indonesia
c. Ragam bahasa resmi dan baku
d. Ragam komunikatif atau semi-formal
e. Ragam bahasa interaktif

     15.  Salah satu dampak instruksional pada model pembelajaran simulasi yaitu

a. responsif pada umpan balik
b. lebih memahami permasalah kontektual
c. sensitifitas pada hubungan sebab dan pengaruh
d. kemandirian sebagai siswa meningkat
e. kepercayaan diri sebagai siswa meningkat

      16.  Langkah-langkah (Sintaks) model scientific yang baku meliputi....

a. mengamati, menanya, membuat hipotesis, menegosiasikan dan menyusun laporan penelitian
b. mengidentifikasi masalah, menanya, mengumpulkan, menegosiasikan dan menyusun laporan
c. mengidentifikasi masalah, menanya, mendiskusikan, menegosiasikan dan mengkomunikasikan
d. mengobservasi, menanya, mengumpulkan, menalar dan mengkomunikasikan
e. Mengamati lingkungan belajar, menanya, mengumpulkan, menegosiasikan dan membuat laporan

     17.  Peserta didik dapat belajar lebih baik pada saat: kata-kata gambar dan video yang relevan disajikan secara simultan (bebarengan). Desain tampilan multimedia tersebut merupakan penerapan prinsip...

a. Modalitas belajar
b. Prinsip kesinambungan waktu
c. Kesinambungan spasial
d. Koherensi
e. Redunansi

     18.  Dengan disediakan penggaris bujur sangkar, siswa klas V SD membagi sudut 60 derajat menjadi empat sudut yang sama. Rumusan tujuan pembelajaran tersebut kurang komponen...

a. Audience
b. Behavior dan Degree
c. Kondisi (condition)
d. Kondisi dan tingkatan (degree)
e. Degree

     19.  Pengalaman belajar langsung (learning by doing) merupakan proses belajar empirik yang akan siswa ingat secara kuat. Bapak Agus memilih metode pembelajaran yang relevan yaitu …

a. Metode berbasis masalah
b. Metode diskusi
c. Metode role playing
d. Metode drill and practice
e. Metode eksperimen

      20.  Bahan-bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran dikenal sebagai.....

a. Buku pegangan belajar siswa
b. Suplemen bidang pelajaran
c. Bahan ajar
d. Bahan diktat kajian
e. Materi pelengkap pembelajaran

      21.  Kemp dan Dayton (1985) menjelaskan ada tiga fungsi utama media pembelajaran yaitu...

a. Mengkongkritkan konsep, menstransfer pengetahuan dan meningkatkan hasil belajar
b. Memotivasi, menyajikan materi ajar, dan memberikan instruksi pembelajaran
c. Sumber belajar, alat bantu pembelajaran dan memberikan instruksi pembelajaran
d. Menyajikan materi ajar, alat bantu pembelajaran dan sumber belajar
e. Meningkatkan perhatian siswa, merangsang pemikiran dan memotivasi siswa

      22.  Brown dkk. menyatakan bahwa dalam memilih media perlu mempertimbangkan kriteria sebagai berikut...

a. Karakteristik siswa
b. Ketersediaan sumber listrik
c. Tujuan Pembelajaran
d. Kemampuan guru dalam menggunakan
e. Interaktivitas

      23.  Strategi pembelajaran "Tutorial" di unit pendidikan tingkat menengah memerlukan media yang mendukung. Menurut Saudara media pembelajaran yang relevan adalah...

a. Media cetak terprogram
b. Media modul cetak tutorial
c. Media model pembelajaran yang terprogram
d. Multimedia tutorial
e. Media presentasi yang baik

      24.  Prinsip-prinsip pembelajaran yang merujuk Permendikbud RI No 22 tahun 2016 adalah...

a. Partisipasi aktif peserta didik dan berpusat pada peserta didik
b. Pembelajaran dapat diimplementasikan kapan saja dimana saja dan dengan siapa saja
c. Dari pembelajaran berbasis kompetensi menuju pembelajaran berbasis konten dan tematik
d. Dari peserta didik mencari tahu menuju peserta didik diberi tahu
e. Pembelajaran yang menerapkan prinsip bahwa semua orang adalah guru

      25.  Sebagai satu kesatuan kemampuan yang utuh, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun untuk ...

a. Satu kompetensi inti
b. Satu kompetensi dasar
c. Tiga tujuan pembelajaran
d. Satu pokok bahasan
e. Dua indikator

       26.  Dalam pembelajaran keterampilan tipe prosedur, media pembelajaran berikut yang memiliki relevan tinggi diimplementasikan adalah…

a. Program slide suara
b. Media gambar berseri
c. Multimedia interaktif
d. Computer-Assisted Instruction.
e. Program video instruksional

       27.  Implementasi kurikulum 2013 di tingkat satuan pendidikan model pembelajaran yang layak dirujuk dalam RPP adalah ...

a. Contekstual Teaching Learning (CTL)
b. Teacher Centred Learning Model
c. Model Demonstrasi
d. Problem Based Learning Model
e. Direct Learning Models

      28.  Pengertian multimedia pembelajaran menurut Gayestik (1996) adalah...

a. Karakterisasi tampilan unsur teks, gambar, suara, animasi dan video yang diorganisasi dalam suatu program yang terintegrasi
b. Penggabungan media pembelajaran analog dan digital untuk menyajikan tampilan yang efisien efektif dan berdayaguna
c. Sistem komunikasi interaktif berbasis komputer yang mampu menciptakan, menyimpan, menyajikan dan mengakses kembali informasi berupa teks, grafik, suara, video atau animasi.
d. Mengintegrasikan dua atau lebih media dalam pembelajaran
e. Suatu program terpadu berbasis komputer untuk pemecahan masalah belajar

      29.  Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang lengkap sesuai Permendikbud RI No 22 tahun 2016 adalah...

a. Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, kompetensi inti, tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran dan penilaian hasil belajar
b. Identitas, mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, media sumber belajar, langkah pembelajaran dan penilaian hasil belajar
c. Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar dan kunci jawaban tes
d. Kompetesi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator, materi ajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran dan penilaian hasil belajar
e. Identitas, mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar dan bobot penilaian hasil belajar

     30.  Pendekatan saintifik merupakan bagian dari pendekatan pedagogis dalam kegiatan pembelajaran yang melandasi penerapan metode ilmiah. Pembelajaran secara umum dilaksanakan melalui kegiatan pendahuluan inti dan penutup. Pada pendekatan saintifik kegiatan pendahuluan diarahkan untuk ...

a. mengkonstruksi pengetahuan sikap serta keterampilannya
b. melakukan kegiatan belajar dengan metode ilmiah
c. belajar materi secara lengkap
d. memantapkan pemahaman peserta didik tentang tujuan dan pentingnya materi yang akan disampaikan
e. melakukan validasi temuan materi yang telah dipelajari





Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.

Ikuti Berbagi Aksara di Youtube

Blog Archive

Followers