1. Karakteristik umum
peserta didik meliputi beberapa aspek. Mana yang bukan merupakan aspek dari
karakteristik umum tersebut?
a. Gender
b. Gaya belajar
c. Kultural
d. Minat
e. Status sosial
2. Pak Adit seorang
guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang
berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada
yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan
pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama
kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan
karakteristik umum peserta didik yaitu:
a. Etnik
b. Usia
c. Kultural
d. Status sosial
e. Minat
3. Pada peringatan hari
sumpah pemuda yang diselenggaran di Sekolah Dasar Garuda, guru menghimbau untuk
menggunakan busana daerah masing-masing. Guru tersebut berarti memperhatikan
karakteristik umum peserta didik, terutama aspek:
a. Gender
b. Minat
c. Usia
d. Status Sosial
e. Etnik
4. Guru A merupakan
guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik pilihannya
lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Hal ini berarti guru tersebut
sangat memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu:
a. Gender
b. Kultural
c. Etnik
d. Minat
e. Status sosial
5. Minat merupakan
salah satu karakteristik umum peserta didik, memegang peran yang sangat penting
dalam proses pembelajaran. Untuk melihat peserta didik memiliki minat tinggi
atau tidak dapat dilihat dari indikator yang tampak dari peserta didik
tersebut. Berikut yang bukan merupakan indikator minat yaitu...
a. Keterlibatan
b. Rasa senang
c. Ketertarikan
d. Perhatian
e. Rasa Percaya
6. Bu Beta seorang guru
Sekolah Dasar, setiap kali melakukan proses pembelajaran kepada peserta
didiknya sering menggunakan benda nyata, kadang-kadang kalau tidak ditemukan
benda nyata maka diganti dengan model/tiruannya. Bu Beta melakukan demikian
dengan alasan peserta didik sekolah dasar taraf perkembangan intelektualnya
berada pada tahap operasional konkrit. Dari pernyataan tersebut Bu Beta mengaplikan
salah satu aspek karakteristik peserta didik yaitu…..
a. Etnik
b. Gender
c. Usia
d. Kultural
e. Status sosial
7. Guru ketika
membentuk kelompok diskusi anggotanya dengan memperhatikan jumlah laki-laki dan
perempuan dalam kelas tersebut karena agar kelompoknya heterogen. Hal ini
berarti guru tersebut memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu:
a. Usia
b. Etnik
c. Gender
d. Minat
e. Kultural
8. Pada saat
pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang
memperhatikan apa yang sedang dibahasnya dan kurang aktif dalam belajar. Guru
tersebut berarti memperhatikan aspek perkembangan peserta didik yaitu:
a. Gender
b. Etnik
c. Usia
d. Status sosial
e. Minat
9. Guru ketika
melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video
pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar
peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta
senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Dalam pembelajaran
tersebut sebenarnya guru memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu:
a. Gender
b. Usia
c. Etnik
d. Minat
e. Kultural
10. Perkembangan
intelektual peserta didik usia Taman kanak-kanak berada pada fase:
a. Sensori motor
b. Pra operasional
c. Operasional konkrit
d. Masa genital
e. Operasional formal
Terima kasih sudah berkunjung di blog kami. semoga bermanfaat.
0 komentar:
Post a Comment