Modul
4: Karakteristik Peserta Didik
1.
Kemampuan awal pada
hakekatnya tidak hanya digunakan untuk kepentingan keselarasan dalam proses
pembelajaran, melainkan juga untuk meningkatkan .......
Select one:
a. kebermaknaan
pengajaran
b. retensi
terhadap informasi lama
c. intensitas
pembelajaran
d. potensi
peserta didik
e. integrasi
proses-proses eksternal peserta didik
2.
Tes yang dibuat oleh guru
untuk mengetahui apakah peserta didik telah memiliki pengetahuan dan
keterampilan yang diperlukan atau disyaratkan untuk mengikuti suatu pelajaran
disebut dengan ...
Select one:
a. tes
penelusuran bakat dan minat
b. tes
identifikasi informasi verbal perserta didik
c. tes
prasyarat
d. tes
identifikasi karakteristik peserta didik
e. tes
identifikasi startegi kognitif peserta didik
3.
Peserta didik dapat
mengingat informasi ketika mendengar penjelasan guru sambil mendengarkan musik
dalam keadaan rileks kegiatan ini disebut…
Select one:
a. Music
suasana
b. Irama
/senandung
c. Music
supermemori
d. Konsep
musikal
e. Diskografi
4.
Salah satu tujuan dari
identifikasi kemampuan awal peserta didik adalah untuk ...…
Select one:
a. menentukan
jenis program pembelajaran yang perlu dikembangkan
b. menyeleksi
bakat, minat, kemampuan serta kecenderungan peserta didik berkaitan dengan
pemilihan program-program bimbingan dan konseling yang akan diikuti.
c. menentukan
usia kematangan (maturity) peserta didik terkait kesanggupan mereka dalam
mengikuti sebuah pembelajaran.
d. mengetahui
kualitas perseorangan peserta didik sehingga dapat dijadikan petunjuk dalam
mendeskripsikan tugas-tugas pembelajaran.
e. memperoleh
informasi yang lengkap dan akurat tentang kemampuan awal peserta didik sebelum
mengikuti program pembelajaran tertentu.
5.
Ibu Ani diawal pembelajaran
menyampaikan manfaat mempelajari kenekaragaman budaya pada siswanya untuk
menumbuhkan nasionalisme. Hal ini menggunakan prinsip menumbuhkan motivasi
siswa pada aspek…
Select one:
a. Kepuasaan
b. Relevansi
c. Percaya
diri
d. Interaksi
e. Perhatiaan
6.
Guru melakukan pembelajaran
dengan penuh tanggung jawab dan semangat walaupun peserta didiknya berasal dari
keluarga kurang mampu, keluarga kaya, putra pejabat dan bukan pejabat. Kondisi
peserta didik tersebut berkaitan dengan aspek …
Select one:
a. Gender
b. Status
sosial
c. Etnik
d. Kultural
e. Usia
7.
Teknik-teknik informal yang
dapat dilakukan oleh guru untuk mendeteksi kemampuan awal peserta didik dapat
dilakukan dengan ...
Select one:
a. menggunakan
ujian masuk (entry test)
b. melakukan
kajian/tinjauan terhadap hasil ujian terstandardisasi
c. membuat
daftar kemampuan awal
d. memberikan
ujian dan penilaian yang dibuat oleh guru
e. mengajukan
pertanyaan ke kelas
8.
Guru membimbing siswa
dengan memejamkan mata dan meminta mereka membayangkan apa yang baru saja
mereka pelajari dan diminta untuk menceritakan kembali kegiatan ini untuk
menstimulasi kecerdasan…
Select one:
a. Visual
spasial
b. Intrapersonal
c. Verbal
linguistik
d. Kinestetis
e. Interpersonal
9.
Tes yang disusun oleh guru
untuk mengetahui seberapa jauh siswa telah memiliki pengetahuan atau
keterampilan mengenai pelajaran yang hendak diikuti, disebut dengan ...
Select one:
a. tes
prasyarat
b. tes minat
dan bakat
c. tes
awal (pre-test)
d. tes
identifikasi karakteristik umum peserta didik
e. tes
identifikasi gaya belajar peserta didik
10.
Hasil kegiatan
mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik salah satunya dapat dipergunakan
oleh guru untuk meminimalisir masalah yang mungkin timbul terkait karakteristik
peserta didik yang heterogen dan merupakan salah satu dasar dalam mengembangkan
....
Select one:
a. motivasi
peserta didik
b. sistem
instruksional yang sesuai untuk peserta didik
c. gaya
belajar peserta didik
d. strategi
kognitif peserta didik
e. minat
belajar peserta didik
11.
Guru sekolah dasar dalam
melakukan pembelajaran perlu selalu mengunakan benda konkrit dan atau media.
Hal ini berarti guru tersebut mempertimbangkan salah satu aspek karakteristik
umum peserta didik yaitu…..
Select one:
a. Status
sosial
b. Kultural
c. Usia
d. Gender
e. Etnik
12.
Status sosial dan gender
merupakan aspek dari ...
Select one:
a. Karakteristik
umum peserta didik
b. Gaya
belajar peserta didik
c. Karakteristik
spesifik peserta didik
d. Kemampuan
awal peserta didik
e. Karakteristik
khusus peserta didik
13.
Peserta didik dalam suatu
sekolah memiliki karakteristik umum yaitu: .....
Select one:
a. Etnik,
status sosial, gender, pengetahuan prasarat dan kultural.
b. Kultural
gender, kemampuan awal, etnik dan usia.
c. Gender,
usia, status sosial, kultural dan etnik.
d. Usia,
gender, gaya belajar, kultural dan etnik.
e. Kecerdasan
jamak, kultural, etnik, usia dan gender.
14.
Sekolah menetapkan setiap
hari Kamis peserta didik supaya berbusana asal daerah masing-masing. Sekolah
tersebut berarti memperhatikan karakteristik umum peserta didik, terutama
aspek:
Select one:
a. Usia
b. Gender
c. Status
Sosial
d. Etnik
e. Minat
15.
Guru merancang pembelajaran
simulasi yang melibatkan sekelompok orang bersifat spontan atau improvisasi
memainkan skenario yang dibuat guru hal ini untuk menstimulasi kecerdasan……
Select one:
a. Visual
spasial
b. Kinestetis
c. Logis
matematis
d. Naturalis
e. Interpersonal
16.
Sekelompok siswa di kelas
bu Ida lebih mudah belajar melalui diskusi, grup, ceramah dan tanya jawab. Hal
ini menunjukkan tipe pebelajar….
Select one:
a. Abstract
Sequential Thinkers
b. Concrete
Random Thinkers
c. Abstract
Random Thinkers
d. Concrete
Sequential Thinkers
e. Operational
Concrete Thinkers
17.
Selama proses pembelajaran
guru harus bisa menciptakan momen dimana peserta didik untuk tertawa, merasa
marah, mengungkapkan pendapat dengan membuat peserta didik merasa nyaman mengekspresikan
emosi di kelas, kegiatan tersebut menerapkan kecerdasan….
Select one:
a. Intrapersonal
b. Kinestetis
c. Interpersonal
d. Verbal
linguistik
e. Visual
spasial
18.
Di samping sebagai jembatan
untuk menguasai pengetahuan baru, kemampuan awal peserta didik dapat
dimanfaatkan guru untuk ...
Select one:
a. menetapkan
tujuan pembelajaran
b. memudahkan
guru dalam mengajar
c. memudahkan
siswa dalam belajar
d. mengukur
hasil belajar siswa
e. menentukan
komponen-komponen pembelajaran
19.
Salah satu teknik yang
tepat untuk mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik adalah ....
Select one:
a. demonstrasi
b. inkuiri
c. simulasi
d. observasi
e. kuesioner
20.
Setelah siswa mengamati
obyek diluar kelas guru meminta masing-masing kelompok untuk mengungkapkan
masalah, membuat hipotesis, melakukan percobaan, menafsirkan data dan menarik
kesimpulan hal ini untuk mengembangkan kecerdasan…..
Select one:
a. Visual
spasial
b. Interpersonal
c. Logis
matematis
d. Naturalis
e. Verbal
lingustik
21.
Peserta didik sekolah
menengah atas/sekolah menengah kejuruan perkembangan kognitifnya berada pada
fase:
Select one:
a. Masa
genital
b. Sensori
motor
c. Operasional
konkrit
d. Operasional
formal
e. Pra
operasional
22.
Pada pembelajaran Bahasa
Indonesia di SMP materi tentang puisi guru meminta siswa untuk melihat
pembacaan puisi melalui video kemudia meminta mereka untuk mencatat hal-hal
penting yang dalam membuat puisi kemudian meminta siswa untuk mencoba
membuatnya, guru tersebut sedang mengakomodasi preferensi belajar…
Select one:
a. Tactile
b. Olfactory
c. Kinestetik
d. Visual
e. Auditory
23.
Agar pembelajaran
menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik upaya yang perlu dilakukan oleh
guru adalah ...
Select one:
a. siswa
disuruh mempraktekkan materi dengan cara bermain
b. mengkaitkan
materi pelajaran dengan pengetahuan awal dan pengalaman siswa
c. siswa
diberi latihan-latihan keterampilan
d. memecah-mecah
materi ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil
e. belajar
berkelompok dengan teman-teman yang disukai
24.
Dalam menugaskan peserta
didik untuk observasi secara kelompok guru memperhatikan jumlah anggota
perempuan dan laki-laki. Guru tersebut berarti memperhatikan karakteristik umum
peserta didik yaitu …
Select one:
a. asal
daerah peserta didik
b. budaya
peserta didik
c. adat
istiadat peserta didik
d. bahasa
peserta didik
e. gender
peserta didik
25.
Pembelajaran dikelas yang
dapat mengaktifkan kecerdasan kinestetik melalui permainan tebak-tebakan
melalui gerakan yang menantang disebut…
Select one:
a. Hands on
thinking
b. Peta
tubuh
c. Konsep
kinestetis
d. Respon
tubuh
e. Teater
kelas
26.
Lagu-lagu pilihan guru
ketika mengajar menyanyi adalah lagu-lagu daerah asal peserta didiknya. Hal ini
berarti guru tersebut memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu:
Select one:
a. Status
social
b. Usia
c. Kultural
d. Gender
e. Etnik
27.
Untuk mengurangi kebosanan
peserta didik di kelas, guru meminta siswa melakukan observasi di luar kelas,
melakukan pengamatan dan mencatatat hasilnya kegiatan tersebut untuk
mengaktifan kecerdasan….
Select one:
a. Interpersonal
b. Visual
spasial
c. Logis
matematis
d. Kinestetis
e. Naturalis
28.
Peserta didik sekolah dasar
perkembangan kognitifnya berada pada fase:
Select one:
a. Pra
operasional
b. Operasional
konkrit
c. Operasional
formal
d. Sensori
motor
e. Masa
genital
29.
Guru dalam melakukan proses
pembelajaran menggunakan media yang diinginkan peserta didiknya kadang
menggunakan komik, poster dan multimedia. Guru tersebut berarti memperhatikan
karakteristik umum peserta didik yaitu:
Select one:
a. Usia
b. Status
sosial
c. Minat
d. Gender
e. Etnik
30.
Memberikan dosis pelajaran
yang tepat sebagai salah satu kegunaan dari identifikasi kemampuan awal peserta
didik bermanfaat untuk ...
Select one:
a. memerlukan
remedial sebelum peserta didik siap menerima materi baru
b. merancang
kegiatan pembelajaran yang tepat
c. melakukan
review/kajian terhadap materi
d. materi
yang diberikan dapat diorganisasikan dengan lebih baik
e. mengukur
apakah peserta didik memiliki prasyarat yang dibutuhkan
0 komentar:
Post a Comment