Berbagi itu Indah, Walau Dikau Tak Menghargainya.......

Saturday, 13 July 2019

SOAL TES SUMATIF MODUL 4 BESERTA JAWABAN


   Modul 4: Karakteristik Peserta Didik



  1.       Kemampuan awal pada hakekatnya tidak hanya digunakan untuk kepentingan keselarasan dalam proses pembelajaran, melainkan juga untuk meningkatkan .......
Select one:
a. kebermaknaan pengajaran
b. retensi terhadap informasi lama
c. intensitas pembelajaran
d. potensi peserta didik
e. integrasi proses-proses eksternal peserta didik


      2.       Tes yang dibuat oleh guru untuk mengetahui apakah peserta didik telah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan atau disyaratkan untuk mengikuti suatu pelajaran disebut dengan ...
Select one:
a. tes penelusuran bakat dan minat
b. tes identifikasi informasi verbal perserta didik
c. tes prasyarat
d. tes identifikasi karakteristik peserta didik
e. tes identifikasi startegi kognitif peserta didik

      3.       Peserta didik dapat mengingat informasi ketika mendengar penjelasan guru sambil mendengarkan musik dalam keadaan rileks kegiatan ini disebut…
Select one:
a. Music suasana
b. Irama /senandung
c. Music supermemori
d. Konsep musikal
e. Diskografi

      4.       Salah satu tujuan dari identifikasi kemampuan awal peserta didik adalah untuk ...…
Select one:
a. menentukan jenis program pembelajaran yang perlu dikembangkan
b. menyeleksi bakat, minat, kemampuan serta kecenderungan peserta didik berkaitan dengan pemilihan program-program bimbingan dan konseling yang akan diikuti.
c. menentukan usia kematangan (maturity) peserta didik terkait kesanggupan mereka dalam mengikuti sebuah pembelajaran.
d. mengetahui kualitas perseorangan peserta didik sehingga dapat dijadikan petunjuk dalam mendeskripsikan tugas-tugas pembelajaran.
e. memperoleh informasi yang lengkap dan akurat tentang kemampuan awal peserta didik sebelum mengikuti program pembelajaran tertentu.

      5.       Ibu Ani diawal pembelajaran menyampaikan manfaat mempelajari kenekaragaman budaya pada siswanya untuk menumbuhkan nasionalisme. Hal ini menggunakan prinsip menumbuhkan motivasi siswa pada aspek…
Select one:
a. Kepuasaan
b. Relevansi
c. Percaya diri
d. Interaksi
e. Perhatiaan

      6.       Guru melakukan pembelajaran dengan penuh tanggung jawab dan semangat walaupun peserta didiknya berasal dari keluarga kurang mampu, keluarga kaya, putra pejabat dan bukan pejabat. Kondisi peserta didik tersebut berkaitan dengan aspek …
Select one:
a. Gender
b. Status sosial
c. Etnik
d. Kultural
e. Usia

      7.       Teknik-teknik informal yang dapat dilakukan oleh guru untuk mendeteksi kemampuan awal peserta didik dapat dilakukan dengan ...
Select one:
a. menggunakan ujian masuk (entry test)
b. melakukan kajian/tinjauan terhadap hasil ujian terstandardisasi
c. membuat daftar kemampuan awal
d. memberikan ujian dan penilaian yang dibuat oleh guru
e. mengajukan pertanyaan ke kelas

      8.       Guru membimbing siswa dengan memejamkan mata dan meminta mereka membayangkan apa yang baru saja mereka pelajari dan diminta untuk menceritakan kembali kegiatan ini untuk menstimulasi kecerdasan…
Select one:
a. Visual spasial
b. Intrapersonal
c. Verbal linguistik
d. Kinestetis
e. Interpersonal

      9.       Tes yang disusun oleh guru untuk mengetahui seberapa jauh siswa telah memiliki pengetahuan atau keterampilan mengenai pelajaran yang hendak diikuti, disebut dengan ...
Select one:
a. tes prasyarat
b. tes minat dan bakat
c. tes awal (pre-test)
d. tes identifikasi karakteristik umum peserta didik
e. tes identifikasi gaya belajar peserta didik

      10.   Hasil kegiatan mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik salah satunya dapat dipergunakan oleh guru untuk meminimalisir masalah yang mungkin timbul terkait karakteristik peserta didik yang heterogen dan merupakan salah satu dasar dalam mengembangkan ....
Select one:
a. motivasi peserta didik
b. sistem instruksional yang sesuai untuk peserta didik
c. gaya belajar peserta didik
d. strategi kognitif peserta didik
e. minat belajar peserta didik

      11.   Guru sekolah dasar dalam melakukan pembelajaran perlu selalu mengunakan benda konkrit dan atau media. Hal ini berarti guru tersebut mempertimbangkan salah satu aspek karakteristik umum peserta didik yaitu…..
Select one:
a. Status sosial
b. Kultural
c. Usia
d. Gender
e. Etnik

      12.   Status sosial dan gender merupakan aspek dari ...
Select one:
a. Karakteristik umum peserta didik
b. Gaya belajar peserta didik
c. Karakteristik spesifik peserta didik
d. Kemampuan awal peserta didik
e. Karakteristik khusus peserta didik

      13.   Peserta didik dalam suatu sekolah memiliki karakteristik umum yaitu: .....
Select one:
a. Etnik, status sosial, gender, pengetahuan prasarat dan kultural.
b. Kultural gender, kemampuan awal, etnik dan usia.
c. Gender, usia, status sosial, kultural dan etnik.
d. Usia, gender, gaya belajar, kultural dan etnik.
e. Kecerdasan jamak, kultural, etnik, usia dan gender.

      14.   Sekolah menetapkan setiap hari Kamis peserta didik supaya berbusana asal daerah masing-masing. Sekolah tersebut berarti memperhatikan karakteristik umum peserta didik, terutama aspek:
Select one:
a. Usia
b. Gender
c. Status Sosial
d. Etnik
e. Minat

      15.   Guru merancang pembelajaran simulasi yang melibatkan sekelompok orang bersifat spontan atau improvisasi memainkan skenario yang dibuat guru hal ini untuk menstimulasi kecerdasan……
Select one:
a. Visual spasial
b. Kinestetis
c. Logis matematis
d. Naturalis
e. Interpersonal

      16.   Sekelompok siswa di kelas bu Ida lebih mudah belajar melalui diskusi, grup, ceramah dan tanya jawab. Hal ini menunjukkan tipe pebelajar….
Select one:
a. Abstract Sequential Thinkers
b. Concrete Random Thinkers
c. Abstract Random Thinkers
d. Concrete Sequential Thinkers
e. Operational Concrete Thinkers

      17.   Selama proses pembelajaran guru harus bisa menciptakan momen dimana peserta didik untuk tertawa, merasa marah, mengungkapkan pendapat dengan membuat peserta didik merasa nyaman mengekspresikan emosi di kelas, kegiatan tersebut menerapkan kecerdasan….
Select one:
a. Intrapersonal
b. Kinestetis
c. Interpersonal
d. Verbal linguistik
e. Visual spasial

      18.   Di samping sebagai jembatan untuk menguasai pengetahuan baru, kemampuan awal peserta didik dapat dimanfaatkan guru untuk ...
Select one:
a. menetapkan tujuan pembelajaran                            
b. memudahkan guru dalam mengajar                        
c. memudahkan siswa dalam belajar
d. mengukur hasil belajar siswa
e. menentukan komponen-komponen pembelajaran

      19.   Salah satu teknik yang tepat untuk mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik adalah ....
Select one:
a. demonstrasi
b. inkuiri
c. simulasi
d. observasi
e. kuesioner

      20.   Setelah siswa mengamati obyek diluar kelas guru meminta masing-masing kelompok untuk mengungkapkan masalah, membuat hipotesis, melakukan percobaan, menafsirkan data dan menarik kesimpulan hal ini untuk mengembangkan kecerdasan…..
Select one:
a. Visual spasial
b. Interpersonal
c. Logis matematis
d. Naturalis
e. Verbal lingustik

      21.   Peserta didik sekolah menengah atas/sekolah menengah kejuruan perkembangan kognitifnya berada pada fase:
Select one:
a. Masa genital
b. Sensori motor
c. Operasional konkrit
d. Operasional formal
e. Pra operasional

      22.   Pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP materi tentang puisi guru meminta siswa untuk melihat pembacaan puisi melalui video kemudia meminta mereka untuk mencatat hal-hal penting yang dalam membuat puisi kemudian meminta siswa untuk mencoba membuatnya, guru tersebut sedang mengakomodasi preferensi belajar…
Select one:
a. Tactile
b. Olfactory
c. Kinestetik
d. Visual
e. Auditory

      23.   Agar pembelajaran menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik upaya yang perlu dilakukan oleh guru adalah ...
Select one:
a. siswa disuruh mempraktekkan materi dengan cara bermain
b. mengkaitkan materi pelajaran dengan pengetahuan awal dan pengalaman siswa
c. siswa diberi latihan-latihan keterampilan
d. memecah-mecah materi ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil
e. belajar berkelompok dengan teman-teman yang disukai

      24.   Dalam menugaskan peserta didik untuk observasi secara kelompok guru memperhatikan jumlah anggota perempuan dan laki-laki. Guru tersebut berarti memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu …
Select one:
a. asal daerah peserta didik
b. budaya peserta didik
c. adat istiadat peserta didik
d. bahasa peserta didik
e. gender peserta didik

      25.   Pembelajaran dikelas yang dapat mengaktifkan kecerdasan kinestetik melalui permainan tebak-tebakan melalui gerakan yang menantang disebut…
Select one:
a. Hands on thinking
b. Peta tubuh
c. Konsep kinestetis
d. Respon tubuh
e. Teater kelas

      26.   Lagu-lagu pilihan guru ketika mengajar menyanyi adalah lagu-lagu daerah asal peserta didiknya. Hal ini berarti guru tersebut memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu:
Select one:
a. Status social
b. Usia
c. Kultural
d. Gender
e. Etnik

      27.   Untuk mengurangi kebosanan peserta didik di kelas, guru meminta siswa melakukan observasi di luar kelas, melakukan pengamatan dan mencatatat hasilnya kegiatan tersebut untuk mengaktifan kecerdasan….
Select one:
a. Interpersonal
b. Visual spasial
c. Logis matematis
d. Kinestetis
e. Naturalis

      28.   Peserta didik sekolah dasar perkembangan kognitifnya berada pada fase:
Select one:
a. Pra operasional
b. Operasional konkrit
c. Operasional formal
d. Sensori motor
e. Masa genital

      29.   Guru dalam melakukan proses pembelajaran menggunakan media yang diinginkan peserta didiknya kadang menggunakan komik, poster dan multimedia. Guru tersebut berarti memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu:
Select one:
a. Usia
b. Status sosial
c. Minat
d. Gender
e. Etnik

      30.   Memberikan dosis pelajaran yang tepat sebagai salah satu kegunaan dari identifikasi kemampuan awal peserta didik bermanfaat untuk ...
Select one:
a. memerlukan remedial sebelum peserta didik siap menerima materi baru
b. merancang kegiatan pembelajaran yang tepat
c. melakukan review/kajian terhadap materi
d. materi yang diberikan dapat diorganisasikan dengan lebih baik
e. mengukur apakah peserta didik memiliki prasyarat yang dibutuhkan



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.

Ikuti Berbagi Aksara di Youtube

Blog Archive

Followers