1. Bahan ajar non-cetak yang bertujuan agar siswa mampu
belajar mandiri dan bersikap lengkap yang menyajikan per-unit terkecil dari
materi berbentuk digital disebut .....
a. modul
kinerja guru
b. buku
teks non-cetak
c. Buku
Lembar Kerja elektronik
d. buku
elektronik
e. modul
digital/elektronik
2.
Langkah pertama dalam mengembangkan program audio
pembelajaran adalah....
a. Dubbing
b. Judgement
expert
c. Mengemas
produk program audio
d. Shooting
e. Menulis
naskah program audio
3.
Bahan ajar cetak sederhana yang dapat digunakan untuk
bahan rujukan, memberi motivasi, pengingat, memberi umpan balik dan menilai
hasil belajar adalah....
a. Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD)
b. Lembar
Kerja Siswa (LKS)
c. Modul
d. Buku
Teks
e. Handout
4.
Ketika akan mengembangkan bahan ajar mandiri untuk
siswa, guru harus memenuhi salah satu prinsip atau karakteristik bahan ajar
mandiri yang baik yaitu self-contained. Makna dari prinsip self-contained
tersebut adalah bahwa ....
a. Bahan
ajar itu dapat mengajar atau dipelajari sendiri oleh peserta didik bahkan tanpa
bantuan guru.
b. Bahan
ajar tersebut mudah digunakan komunikatif dan mudah ditemukan siswa.
c. Bahan
ajar tersebut disusun sesuai dengan konteks di mana siswa berada.
d. Bahan
ajar yang dikembangkan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan jaman
e. Bahan
ajar tersebut telah lengkap dan memadai sehingga siswa tidak perlu bahan lain
untuk memahami materi yang harus dikuasai.
5.
Bahan pembelajaran cetak berupa Lembar Kerja Siswa
(LKS) merupakan bahan ajar sederhana karena komponennya didominasi oleh....
a. Analisis
kompetensi
b. Penugasan
c. Soal-soal
latihan dan tes kemampuan
d. Paparan
materi
e. Soal-soal
dan latihan
6.
Tujuan penyampaian tujuan pembelajaran dalam bahan
ajar cetak di bagian Pendahuluan adalah . . .
a. Karena
tujuan pembelajaran tidak terlalu penting bagi siswa dan guru
b. Karena
guru merupakan satu-satunya sumber belajar
c. Agar
soal-soal evaluasi segera dapat ditulis oleh guru.
d. Penyampaian
materi tidak terganggu oleh hadirnya tujuan pembelajaran
e. Agar
siswa dapat memahami kemampuan yang harus dikuasai setelah belajar
7.
Bahan ajar noncetak (digital) merupakan inovasi baru
dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat
pesat dalam mendorong berbagai lembaga pendidikan kita untuk memanfaatkan bahan
ajar noncetak yang menarik. Bahan ajar noncetak berikut ini yang 100%
dikembangkan menggunakan komputer adalah . . .
a. Program
simulasi
b. Audio
Pembelajaran
c. Video
Pembelajaran
d. Multimedia
Pembelajaran Interaktif
e. Program
Radio Edukasi
8.
Bahan ajar memegang peranan penting bagi guru, satu di
antaranya adalah . . .
a. Menambah
pengetahuan tentang materi
b. Meningkatkan
efektivitas pembelajaran
c. Menjadi
sumber ilmu pengetahuan guru
d. Menjadi
bahan sarana komunikasi pembelajaran
e. Memberikan
pegangan ketika bertugas mengajar
9.
Berikut manakah bahan ajar noncetak yang paling tepat
biasanya digunakan untuk pembelajaran jarak jauh adalah . . .
a. E-book
b. E-commerce
c. E-learning
d. E-Pub
e. E-modul
10. Untuk sekolah di daerah yang
sulit atau belum bisa mengakses internet karena belum teraliri listrik dan
keterbatasan fasilitas penunjang lainnya, bahan ajar non cetak yang efektif
digunakan untuk menunjang proses pendidikan di sekolah adalah . . .
a. Program
Video Pembelajaran
b. Modul
Elektronik/Buku Sekolah Elektronik
c. Power
Point Presentation (PPT)
d. E-book
atau buku elektronik.
e. Program
Radio Pendidikan
Terima kasih sudah berkunjung di blog kami. semoga bermanfaat.
0 komentar:
Post a Comment